Michael Crichton Memenangkan Kasus Perebutan Domain

irigster

New member
Tanggal: 14 Dec 2002
Sumber: NamaDomain.com

NamaDomain.com, Penulis dan pengarang terkenal Michael Crichton telah memenangkan kasus perebutan nama domainnya. Perlindungan nama pribadi dibawah lembaga Uniform Domain Name Dispute Resolution Policy (UDRP) selalu dihadapi dengan berbagai permasalahan, berdasarkan kasus ini Crichton berhasil mendapatkan kembali nama domainnya setelah dia menunjukan kepemilikan yang sah atas nama domain tsb.

Terkenal berkat karya novel The Andromeda Strain serta filmnya Jurassic Park dan Twister, Michael Crichton menjadi sorotan umum lebih dari 30 tahun. Nama domain michaelcrichton.com telah diregistrasikan oleh ?Alberta Hot Rods? yang berlokasi di Kanada dan mengarahkan nama domain tsb ke celebrity1000.com. Serupa dengan nama domain sebelumnya, michael-crichton.com diregistrasikan oleh ?In Stealth Mode? yang berlokasi di Maryland juga melakukan hal yang sama dengan mengalihkannya ke ebuzz.com website yang memuat iklan, biro jodoh dan SMS ini. Oleh sebab itu maka kasus ini diasumsikan bahwa kedua nama domain tsb hanyalah mengambil keuntungan dari nama Crichton dan menyesatkan bagi pengguna internet untuk mendapatkan informasi.

Dikarenakan Crichton mempunyai hak paten atas penggunaan nama tsb, maka ia berhak menggunakan kedua nama domain ybs.

Crichton merupakan salah satu dari beberapa selebriti yang berhasil memenangkan hak atas namanya termasuk yang sukses atas perebutan dan kasus nama domain ini diantaranya adalah Robbie Williams, Kevin Spacey dan Van Morrison. Bagaimanapun juga, perlindungan tsb tidak selalu berbuahkan kesuksesan, sebut saja beberapa nama seperti Sting, Kathleen Kennedy Townsend bahkan baru-baru ini Albert Einstein kehilangan hak atas penggunaan nama domainnya.(fh)
 
Back
Top