Bagaimana agar Rumah Terlihat Berkilau seperti Kamar Hotel?

Kalina

Moderator
KOMPAS.com – Salah satu hal paling berkesan saat sedang singgah dan menginap di sebuah hotel bintang lima nan mewah adalah kualitas kamar yang bersih berkilau, seolah tanpa cela. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari kemampuan dan kepiawaian petugas pembersih kamar hotel atau housekeeper yang andal dalam mengerjakannya.

Andaikan bisa, tentunya Anda ingin memiliki housekeeper pribadi yang bisa “menyulap” seluruh sudut rumah seperti kamar hotel yang nyaman. Namun, apabila kondisi keuangan Anda tidak memungkinkan untuk memperkerjakan seorang housekeeper profesional, Anda jangan khawatir. Pasalnya, uraian berikut membeberkan sejumlah kiat merapikan dan membereskan rumah agar terlihat seperti kamar hotel.

1. Membuang sampah tanpa sisa
Hal pertama yang dilakukan housekeeper saat kali pertama merapikan kamar hotel adalah mengosongkan tempat sampah. Selanjutnya, mereka segera mengganti seprai dan handuk kotor agar udara ruangan terasa segar dan bersih.

2. Gunakan busana yang menyerap keringat
Untuk memudahkan gerakan Anda saat membersihkan rumah, kenakanlah busana dengan bahan yang bisa menyerap keringat seperti katun.

3. Membereskan kasur
Rahasia kasur yang tampak selalu rapi di hotel adalah ukuran seprai yang lebih besar daripada kasur. Jika kasur Anda berukuran queen maka gunakan seprai untuk ukuran king.

4. Membersihkan tirai
Hindari debu yang berterbangan dalam ruangan dengan cara menepuk tirai di dalam keranjang handuk. Cara ini ampuh untuk meredam debu yang tertiup udara dan menempel di furnitur rumah Anda.

5. Mengepel atau menyedot lantai
Ingat.. mulailah menyapu dan mengepel lantai dari ujung ruangan paling jauh.

6. Kamar mandi
Kamar mandi umumnya dibersihkan terakhir agar tak ada bakteri yang menyebar. Hal yang pertama dilakukan adalah menyemprot cairan pembersih, lalu diamkan beberapa saat agar dapat digosok dengan mudah. Jangan lupakan untuk membersihkan cermin, wastafel, jendela, serta rak kamar mandi.

7. Kelengkapan sikat
Selalu siap dengan sikat dalam berbagai ukuran. Ini berguna untuk memudahkan dalam membersihkan tempat dan sudut terkecil di dalam rumah Anda.
 
Back
Top