Menghilangkan kebiasaan Lupa

Megha

New member
Den, bantu saya Dong!!

Saya selalu saja lupa dengan apa yang harus saya Ambil, Saya lakukan, dan Saya kerjakan. Sering sekali aku lupa meneruh dimana benda-benda penting, aku sampai semaput oleh perbuatanku sendiri.

Bayangkan saja, untuk mengambil sisir saja aku sampai lupa meletakannya dimana. Pas dicari oleh adikku, ternyata sisir itu ada dirak sepatu.|:mad:

Aduuh.... bodohnya aku!! Aku takut kebiasaan ini berlanjut sampai aku tua.Apa ini karena IQ aku memang jongkok??! =p=

Bantulah saya Den,PLis
 
Last edited:
Sama tu dengan saya
kalau saya dengerin penjelasan guru saat belajar saya sering lupa, kalau gak di catat sampai di rumah saya gak tahu apa2.
Ada yg tahu gak cara agar tidak lupa lagi??
 
Haha.. kayaknya banyak dari kita yang seperti ini ya Den Fran? Saya kalau belajar, atau dijelaskan guru pasti paham. setelah itu keesokannya suka Pikun :D dasar aku ini anak yang oOn yah...
 
waduch..... kalo' semua generasi muda pada pikun gmn mau ngebangun negri ini yach... he...he... so' ga' pelupa'.... biasanya pernah juga' sech ama jadwal siaran,,,, jadi bener-bener gawat tuch.....
 
weeeeeee masih muda dan imudd kok gampang lupaaa, apa karna sering ngelupain seorang cowo yaa dek meghaaa :))
 
Kata guru gue, angka 6 itu bermanfaat buat meningkatkan daya ingat
Maksudnya, sebutin aja sesuatu yang lo enggak mau lupain (ato misalnya lagi ngafalin butir2 pancasila gitu), sebutin minimal enam kali sambil konsentrasi dan kita bakal inget
setidaknya itu cara mudah buat ngafalin dan efektif tuh kalo buat gue, apalagi kalo mau ngafalin bahan ujian
 
aq stj bgt ma mas satyanegarabakti
emg org yg bys hpln, bysx g gmpg lp
aq nympl ni cz aq lht tmn2q yg hapalin quran
ingtn mrk oks bangetz..
 
gwe juga sering lupa sih.. hahah.. tapih gwe sering mengakalinya dengan coret-coret.. kalo mau belajar buat ulangan.. gwe suka ngebuat isilah.. kayak anak SD gituh.. hahah.. terus gwe hafalin sambil ngomong. kalo enggak.. gwe suka nulis-nulis.. emank agak lama sih tapi bermanfaat. Terus kalo gwe lupa sesuatu yang harus gwe kerjaiin seharian.. biasanya gwe catet di HP.. di set alarm.. hahah.. tapi bermanfaat juga sih.. jadi ngingetin..
 
lupa sama pikun mungkin terdengar sama.. tetapi mempunyai arti yang berbeda. Boleh saja kita lupa akan sesuatu..tetapi bukan berarti kita pelupa (menjadi orang yang selalu tidak bisa mengingat dengan benar)
otak mesti di latih untuk bekerja secara proporsional.. kalau lupa akan materi pelajaran? ya sah-sah saja. Apalagi banyakan guru di Indonesia yang saya tahu lebih satu arah kalau mengajar. Kita di jejalin dengan hapalan dibandingkan kreatifitas berfikir...

mungkin menanggulanginya secara bertahap.. biasakan untuk membuat higlight untuk setiap kalimat yang di anggap penting.
buat catatan kecil di notebook dan kasi tanda -----> see page 145. (Contohnya: pelajaran mengenai revolusi Perancis.. dan ada tambahan dri guru atau dari perpustakaan, di text book kita pasti ada juga yang berhubungan dengan ini, dan kebetulan berada di halama 145, jadi dari pada kita mengotori buku dengan coretan, biasanya saya menulis di notebook dengan mereferensikan halaman)
Atau juga kalaua membawa notebook agak malas, bawa saja posted it note. Tempel ringkasan atau tambahan pelajaran di halaman yang berhubungan dengan pelajaran tsb!
 
Tapi kalau mau menghilangkan sifat teledor (gak ingat naruh barang dimana) gimana??? Sifat teledorku itu yang sering bikin aq gelagapan nyari barang, n akhirnya orang satu rumah jadi sibuk bantu nyari barang itu.. Finally, aq dimarahin deh.. Hhe..
 
sebenarnya gampang,ne kata guru gwe,
mengingat ga perlu di baca trus mnrus.....
contohnya ya, sekolah kita atau rumah kita pasti memiliki pintu gerbang,lha tahu ga kamu brapa banyak jerujinya????
padahal tiap hari kita lihat gerbang tu, jadi ksmpulannya kita hrus memerhatikan hal yang srg komu lupain tu,dan klo msih blm brhasil cba buat sesuatu yang bisa memancing daya ingat kita, g perlu buat catatan buanyak,ato klo bisa pke belajar quantum...............
yo
 
kalo membaca tulisan megha, sebenernya bukan lupa karena benar2 lupa, tetapi karena kuarng d siplin dalam menaruh/meletakan sesuatu pada tempatnya. menurut saya caranya dengan cara d siplin diri dan waktu.
 
Back
Top