Harga Karet

adidananto

New member
rubber-700x357.jpg



Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo Senin pagi ini harga karet alami berjangka mengalami penurunan yang signifikan (12/8). Harga karet alami berjangka terdorong melemah sejak awal perdagangan. Para pelaku pasar masih kurang yakin mengenai dampak dari kebijakan pemerintah Tiongkok untuk menurunkan nilai tukar yuan.

Bank sentral Tiongkok melakukan depresiasi terhadap mata uang yuan mencapai 2 persen. Kebijakan tersebut diambil untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi di Negara tersebut. Yuan mengalami penurunan hingga mencapai posisi terendah dalam 3 tahun belakangan.

Kebijakan tersebut akan membuat harga barang yang diimpor oleh importir Tiongkok menjadi lebih mahal. Dampaknya dikhawatirkan permintaan impor karet oleh Tiongkok akan mengalami penurunan.


 
Didukung Pelemahan Yen Harga Karet Alami Tocom Bergerak Naik

tocom-700x357.jpg


Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo hari ini harga karet alami tampak mampu bergerak menguat dengan cukup solid (27/8). Harga karet alami berjangka kembali bergerak naik didukung oleh melemahnya nilai tukar yen setelah pada sesi perdagangan Senin kemarin sempat melejit hingga mencapai posisi paling tinggi sejak bulan Januari lalu.

Hari ini pelemahan yen memasuki sesi ketiganya berturut-turut. Melemahnya mata uang Jepang tersebut memberikan dukungan bagi pergerakan harga karet berjangka di bursa komoditas Tokyo. Dengan penurunan nilai tukar yen barang yang diperdagangkan dengan mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah bagi para pembeli luar negeri sehingga permintaannya meningkat.

Membaiknya dollar AS membuat mata uang di kawasan Asia mengalami tekanan jual. Selain akibat apresiasi yen rentannya harga karet alami Tocom juga disebabkan oleh kekhawatiran mengenai kondisi ekonomi Tiongkok yang berpotensi mengakibatkan turunnya permintaan impor dari negara tersebut.


 
Harga Karet Tocom Meroket Iringi Lonjakan Tajam Harga Minyak Mentah

tocom-700x357.jpg


Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo hari ini harga karet alami mengalami lonjakan yang mantap (28/8). Harga karet alami berjangka kembali bergerak naik didukung oleh melemahnya nilai tukar yen. Lonjakan tajam harga minyak mentah yang terjadi di akhir perdagangannya dini hari tadi juga turut menjadi salah satu faktor utama yang mendorong pergerakan harga komoditas tersebut.

Hari ini pelemahan yen memasuki sesi keempat berturut-turut. Melemahnya mata uang Jepang tersebut memberikan dukungan bagi pergerakan harga karet berjangka di bursa komoditas Tokyo. Dengan penurunan nilai tukar yen barang yang diperdagangkan dengan mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah bagi para pembeli luar negeri sehingga permintaannya meningkat.

Sementara itu kenaikan harga minyak mentah juga menjadikan biaya produksi karet sintetis lebih mahal. Harga minyak mentah naik lebih dari 10 persen dan berakhir pada posisi paling tinggi dalam lebih dari 2 minggu. Hari ini harga makin melejit kencang.


 
Harga Karet Tocom Dibuka Positif; Investor Waspadai Aksi Ambil Untung

tocom-700x357.jpg



Pada perdagangan di bursa komoditas Tokyo hari ini harga karet alami mengalami pergerakan menguat terbatas (31/8). Harga karet alami berjangka dibuka mantap seiring dengan masih melemahnya nilai tukar yen. Akan tetapi saat ini yen Jepang bergerak rebound sehingga peningkatan harga karet alami berjangka Tocom juga cenderung berbalik arah, meskipun masih bisa bertahan di teritori positif hingga saat ini.

Hari ini pelemahan yen sedikit terhambat akibat aksi jual terhadap dollar AS. Indeks dollar pagi ini mengalami retreat dari posisi paling tinggi dalam 1,5 minggu belakangan. Retreat dollar tersebut membuat yen Jepang rebound.

Meskipun sedang rebound saat ini yen Jepang masih berada di kisaran terendah dalam satu minggu. Melemahnya mata uang Jepang tersebut memberikan dukungan bagi pergerakan harga karet berjangka di bursa komoditas Tokyo. Dengan penurunan nilai tukar yen barang yang diperdagangkan dengan mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah bagi para pembeli luar negeri sehingga permintaannya meningkat.


 
Kenaikan Yen Picu Harga Karet Tocom Turun Kamis Pagi

tocom-700x357.jpg


Setelah selama tiga sesi berturut-turut membukukan kenaikan mantap, pada sesi perdagangan Kamis pagi harga karet alami berjangka Tocom mengalami retreat yang cukup kuat (10/9). Mata uang yen pagi ini berbalik rebound. Kenaikan nilai tukar yen terhadap dollar memangkas kenaikan yang terjadi di pasar karet alami Tocom.

Yen kemarin sempat mengalami penurunan tajam hingga mencapai posisi paling rendah sejak akhir bulan Agustus lalu. Pelemahan yen ikut menjadi pendongkrak kenaikan harga karet alami berjangka. Saat ini nilai tukar yen telah menguat ke posisi 120.22 per dollar AS.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Februari 2016 hari ini tampak dibuka pada posisi 173,7 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka dibuka melemah sebesar 0,6 yen dibandingkan dengan penutupan perdagangan Rabu siang kemarin.


 
Harga Karet Tocom Naik Manfaatkan Pelemahan Yen Jepang

tocom-700x357.jpg



Harga karet alami Tocom kembali mengalami lonjakan tajam pada sesi perdagangan Jumat pagi ini (11/9). Harga komoditas ini bergerak menguat didukung oleh bergerak melemahnya yen terhadap dollar AS. Pelemahan yen tersebut menjadi faktor utama yang mendorong kinerja harga karet alami berjangka di bursa Tocom.

Yen kemarin bergerak dengan fluktuatif dan sempat mengalami penurunan tajam hingga mencapai posisi paling rendah sejak akhir bulan Agustus lalu. Pelemahan yen ikut menjadi pendongkrak kenaikan harga karet alami berjangka. Saat ini nilai tukar yen masih menunjukkan kemungkinan melanjutkan penurunan dan berada di posisi 120.86 per dollar AS.

Potensi kenaikan permintaan dari Jepang juga muncul sehingga mendongkrak kinerja harga karet. Spekulasi kenaikan permintaan dari Jepang muncul setelah Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan komitmen menurunkan pajak badan usaha untuk mendorong investasi.


 
Harga Karet Tocom Melonjak, Kenaikan Harga Minyak Jadi Pendorong

tocom-700x357.jpg



Pada perdagangan Kamis pagi ini harga karet alami berjangka di bursa Tocom terpantau mengalami kenaikan yang luar biasa (17/9). Harga karet berjangka Tocom melejit kencang didukung oleh peningkatan tajam harga minyak mentah. Kedua komoditas ini memiliki korelasi harga yang positif.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga minyak mentah WTI mengalami kenaikan yang signifikan didukung oleh kabar bahwa pasokan di Amerika Serikat mengalami penurunan tajam. Cadangan minyak mentah di titik pengiriman utama Negara tersebut Cushing, Oklahoma anjlok pekan lalu. Penurunan pasokan tersebut merupakan yang paling besar dalam 7 bulan belakangan.

Dorongan menguatnya harga minyak mentah menyebabkan harga karet ikutan rally. Naiknya harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis mengalami kenaikan. Dampaknya permintaan terhadap karet alami lebih besar.


 
Berarti dengan adanya kabar menurunnya harga karet kita bisa membeli sebuah ban dengan harga yang lebih murah ya ? atau sama saja ?
 
Membaiknya Bursa Saham Jepang Bantu Angkat Harga Karet Tocom

tocom-700x357.jpg


Harga karet Tocom hari Senin pagi tampak mengalami peningkatan yang cukup signifikan (12/10). Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Maret 2016 kembali terangkat menguat melanjutkan peningkatan yang terjadi pada perdagangan terakhir pekan lalu. Kenaikan harga komoditas ini terjadi setelah Negara-negara produsen utama menggiatkan kerja sama untuk menangani harga yang terus melemah.

Harga minyak mentah yang sedang bergerak dalam trend bullish membuat harga karet juga memperoleh dukungan. Kenaikan harga minyak mentah membuat biaya produksi karet sintetis meningkat. Dampaknya permintaan terhadp karet alami mengalami kenaikan.

Membaiknya kinerja bursa saham Jepang juga turut memberikan dukungan yang dibutuhkan di pasar karet alami Tocom. Hari ini indeks Nikkei terpantau mengalami kenaikan mantap sebesar 1,64 persen.


 
Kenaikan Harga Karet Didukung Pelemahan Yen Jepang

Rubber_trees2-700x357.jpg


Harga karet Tocom Kamis pagi mengalami kenaikan yang signifikan untuk semua kontrak-kontrak berjangkanya (15/10). Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Maret 2016 terpantau mengalami kenaikan mantap karena hari ini nilai tukar yen Jepang bergerak melemah setelah capai posisi tertinggi dalam 1,5 pekan pada perdagangan kemarin.

Melejitnya bursa saham Jepang memberikan sentiment positif pada perdagangan di bursa komoditas, termasuk juga untuk produk karet berjangka. Pelemahan nilai tukar yen menjadi pendorong kinerja bursa saham maupun komoditas pagi hari ini.

Pelemahan nilai tukar yen membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah bagi para pembeli luar negeri. Dampaknya permintaan terhadap komoditas tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan.


 
Harga Karet Tocom Senin Pagi Terpuruk

tocom-700x357.jpg


Harga karet Tocom hari Senin pagi tampak masih mengalami penurunan yang tajam (19/10). Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu Maret 2016 melanjutkan penurunannya pekan lalu. Masih lesunya pergerakan harga minyak mentah telah menjadi sentiment negative yang sangat kuat bagi pergerakan harga karet alami berjangka.

Sepanjang minggu lalu harga karet alami Tocom membukukan penurunan sebesar 1,06 persen. Harga membukukan penurunan mingguan pertama dalam tiga minggu belakangan. Selama dua pekan pertama di bulan Oktober harga mengalami pelemahan.

Di akhir perdagangan pekan lalu harga minyak mentah mengalami kenaikan harian yang cukup signifikan. Akan tetapi harga minyak mentah yang masih di bawah 50 dollar per barel membuat biaya produksi karet sintetis yang berbahan baku minyak mentah masih cukup murah. Dampaknya permintaan terhadap komoditas karet alam mengalami penurunan yang signifikan.


 
Back
Top