Bahayanya Kelelahan Ketika Mengendarain Kendaraan

acamitraca

New member
kelelahan-dalam-berkendaraan.jpg

Pernah terpikirkankah Anda ketika saat kelelahan mengendarain kendaraan setelah mengendarain kendaraan dalam jangka waktu yang cukup lama bisa mengakibatkan berkali-kali lipat resiko kecelakaan daripada tubuh seseorang dalam keadaan segar karna tidak kelelahan.

waktu yang rawan bagi pengendara kendaraan yang mengalami kelelahan tubuh itu waktunya bekisar antara waktu dini hari sampai dengan jam 5 pagi menurut catatan seringnya kejadian kecelakaan di dalam berlalu lintas.

kurangnya konsentrasi, mata lelah, ketiduran pada akan melanda pengemudi di saat tubuhnya mengalami kelelahan ketika sedang mengendarain kendaraannya. Dan hal lainnya juga akan timbul yaitu daya kecepatan berpikir dan mengambil keputusan turun mempengaruhi seseorang yang sedang mengalami kelelahan tubuhnya.

Adapun penyebab dari hal tersebut diatas adalah kurangannya tubuh beristirahat dalam jangka waktu beraktifitasnya hingga saat titik tertentu tubuh mengalami kelelahan tubuh dan juga tubuh sudah mulai kekurangan makanan sehingga mengakibatkan kurangnya daya konsetrasi di dalam mengendalikan kendaraannya.

3 hal yang harus diperhatikan:

1. Factor kurangnya istirahat (tidur)
Tubuh normal manusia beraktifitas 10 jam sampai dengan maksimal 15 jam itupun harus ada waktu jedah untuk istirahatnya juga, jika lebih dari itu tubuh pastilah mengalami kelelahan.

2. Faktor kesehatan
Seringnya terjadi di dalam kecelakaan berlalu lintas karna faktor pengemudinya sedang tidak dalam kondisi tubuh yang fit dan sedang dalam keadaan makan obat, sehingga mempengaruhi daya konsetrasi dan kecepatan daya berpikirnya di dalam mengambil keputusan di dalam mengendalikan kendaraannya.

3. Faktor Makanan
Ketika seseorang mengalami kelaparan karna butuh makanan yang ke dalam tubuhnya, maka hal tersebut bisa menyebabkan kepala terasa pusing, sehingga daya konsentrasipun pastilah menjadi berkurang.
Karna itu diharapkan setiap pengendara berhati-hati dalam mengindetifikasikan gejala-gejala sudah merasa lelah di dalam pengendarai kendaraannya.

Dibawah ini ada beberapa ciri-ciri kelelahan:

a. ketiduran disaat bawa kendaraan, banyaknya peristiwa kecelakaan diakibatkan adanya pengendara kendaraannya tertidur ketika sedang berkendaraan. Dalam kondisi seperti ini pastilah kendaraannya tidak terkontrol lagi sehingga dengan mudah terjadi kecelakaannya.

b. kurangnya daya konsentrasi. Dimana disaat kita sudah mulai lambat merespon keadaan disekeliling kendaraan kita, Cepatlah menjadi eling dan sadar sebelum sesuatu yang buruk terjadi.

Point terpenting dalam menyelesaikan masalah ini caranya dengan tidur dan istirahat yang cukup.
Lamanya waktu tertentu yang dibutuhkan di dalam beristirahat disini tergantung juga dengan kwalitas kesehatan dari pengendara kendaraan. Ada yang hanya butuh waktu 3 jam untuk mengembalikan kondisi fisiknya dan ada yang butuh lebih banyak 5 jam an.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan seperti makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhnya juga harus diperhatikan, karna minumannya banyak mengandung alcohol dan bergas, bisa menimbulkan mual dan pusing sehingga bisa menganggu konsentrasinya juga.

Dengan memperhatikan hal-hal ini mudah-mudahan bisa menolong mengatasi kelelahan tubuh dan terhindar dari kecelakaan di saat mengendarai kendaraannya.

Sumber: www.mitracaonline.com
 
Back
Top