Apakah Kebiasaan Memencet Jerawat Ini Akan Berefek Negatif?

lalamala

New member
Memencet-Jerawat-bukan-solusi-untuk-menghilangkan-jerawat-e1429018747634.png

Soal jerawat yang selalu menjadi masalah pada kulit tentu sudah banyak orang yang mengalaminya ya. Faktor penyebabnya selain dari hormon ya dari kebersihan kita juga menjaga dan merawat kulit kita, terutama kulit wajah kita.

Sangat mengganggu memang kalau si jerawat ini timbul di bagian kulit wajah kita, rasanya ingin menghilangkannya secara instan, biasanya dengan memencet si jerawat itu adalah cara instannya. Tapi jangan salah, hal ini punya efek negatif loh, ga percaya? Ini kutipan penjelasannya ya :

Berdasarkan keterangan Jeanine B. Downie, MD, yang merupakan direktur Image Dermatology di Montclair, New Jersey, menyatakan jika kebiasaan memencet jerawat ini sangat buruk untuk kesehatan. Untuk bisa menghilangkan jerawat ini, banyak cara yang bisa dilakukan, dari mulai menggunakan produk penghilang jerawat instan, terapi laser, dan menggunakan bahan-bahan tradisional.

Perlu diketahui, sebenarnya jerawat itu diproduksi oleh sebum atau minyak alami pada kulit yang terjebak di bawah lapisan permukaan kulit. Kalau sampai sebum tersebut sampai bertemu dengan sel-sel kulit mati, maka kedua hal ini akan membentuk sebuah sumbatan atau komedo. Sedangkan ketika sebum ini bertemu dengan P. acnes, bakteri,maka ini akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Maka dari itu, ketika kamu memencet jerawat, hal tersebut sama saja dengan memaksa kotoran tersebut keluar dengan cara merobek kulit. Ketika kamu menekan area yang berjerawat, dan kondisi tangan kamu sedang kotor, maka secara otomatis kotoran dan bakteri tersebut akan langsung masuk ke dalam lapisan kulit. Hal inilah yang kemudian akan menyebabkan infeksi dan jerawat pun akan tumbuh kembali, bahkan bisa lebih banyak dari jumlah sebelumnya.

Nah, sebaiknya mulai sekarang kalau berjerawat, tahan diri untuk tidak memencetnya ya, karena itu bukanlah solusinya, biarkan jerawat hilang dengan sendirinya. Kalau kamu ingin cepat menghilangkannya secara tuntas, sebaiknya tentu kamu kunjungi dokter kulit atau ahli kulit dermatologi untuk konsultasikan masalahnya dan tanya produk apa yang cocok dengan jenis kulit kamu untuk menghilangkan jerawatmu sampai beres.

Sumber
 
Back
Top