Cara Membuat Layang layang Pesawat dari Bambu yang Mudah

asepsetiawanid

New member
Layang-layang adalah salah satu permainan yang sangat digemari oleh banyak orang, dari yang tua hingga yang muda, semua menyukai layang-layang. Keunikan dari ciri khas dari layang-layang membuat para penggemarnya tidak merasa bosan. Pada dasarnya, permainan ini terdiri dari dua jenis model yaitu layang-layang laga dan layang-layang hias. Bila dilihat dari namanya mungkin kita sudah bisa mengetahui tujuan dari masing-masing model layangan.

Menariknya lagi, ternyata layang-layang juga tidak menjadi sekedar permainan saja. Layang-layang juga menjadi sebuah alat yang digunakan untuk memancing, acara adat atau bahkan sebagai media penelitian cuaca. Pada abad 18, layang-layang dijadikan sebagai salah satu media penelitian cuaca oleh benjamin franklin.

Orang-orang zaman dahulu membuat layang-layang dari daun. Namun, pada umumnya sekarang orang-orang membuat layang-layang ini dari kertas. Layang-layang juga berbagai macam bentuknya, salah satunya adalah berbentuk pesawat. Lalu, bagaimana Cara Membuat Layang-layang Pesawat itu sendiri? Oke, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana Cara Membuat Layang-layang Pesawat dengan mudah. langsung saja, simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Bahan-bahan Cara Membuat Layang-layang Pesawat

Jika kamu ingin membuat layang-layang pesawat sendiri maka alat dan bahan yang harus disipakan sebagai berikut ini:
-Bambu ringan yang sudah dipotong tipis-tipis
-Kertas tipis atau kertas minyak
-Lem kertas
-Benang

Langkah-langkah Cara Membuat Layang-layang Pesawat

Yuk ikuti langkah-langkah Cara Membuat Layang-layang Pesawat dari bambu berikut ini:
1. Langkah pertama buatlah kerangka layang-layang pesawat terlebih dahulu dari bambu. Jika kamu bingung, perhatikan gambar yang ada dibawah ini.
attachment.php

2. Ketika kamu membuat ikatan pada kerangka, usahakan ujung bambu dibelah sepanjang 1 cm untuk mengaitkan benang. Hal tersebut bertujuan agar benang yang diikat tidak mudah terlepas kembali (merosot).
3. Titik tengah yang ada pada layang-layang harus seimbang, timbanglah kerangka layang-layang dengan benang. Harus diperhatikan, jangan sampai kerangka berat sebelah. Bila masih berat sebelah, maka tipiskan sedikit demi sedikit bagian kerangka layang-layang tersebut yang berat. Timbangan yang ada akan mempengaruhi layang layang pesawat tersebut saat terbang nantinya.
attachment.php

4. Selanjutnya gunakan benang untuk mengikatkan setiap ujung kerangka layang-layang pesawat. Ikatlah kerangka tersebut dengan cara menyilang.
attachment.php

5. Pakai kertas tipis atau kertas minyak dan potong sesuai kerangka layang-layang pesawat. Jangan lupa untuk menyisakan ruang di bagian pinggir kertas. Dengan begitu, sisa bagian yang ada dapat kamu gunakan untuk mengelem kertas pada kerangka.
6. Langkah terakhir, berikan lem di bagian pinggir kertas dan kerangka layang-layang agar merekat dengan kuat.
attachment.php


Demikianlah pembahasan kita tentang Cara Membuat Layang-layang Pesawat, bagaimana mudah kan? Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam menghasilkan karya seni yang menarik untuk hiburan.
 

Attachments

  • www.withflyingcolours.-co.-uk.jpg
    www.withflyingcolours.-co.-uk.jpg
    39.2 KB · Views: 70,301
  • 3.jpg
    3.jpg
    46.8 KB · Views: 82,968
  • 2.jpg
    2.jpg
    35.6 KB · Views: 64,337
  • qwqwqwq.jpg
    qwqwqwq.jpg
    25.4 KB · Views: 69,199
Back
Top