Modifikasi Toyota Etios Valco G 2014 Tampil Garang

kaneki13

New member
WELCOME MY THREAD

7336-modifikasi-toyota-etios-valco-g-2014-beda-baju-isi-sama.jpg

Dalam sebuah perlombaan balap, mengganti kendaraan pacu menjadi yang lebih baru tentu sudah menjadi hal yang biasa bagi tim balap itu sendiri. Hal ini pula yang dilakukan oleh Toyota Team Indonesia (TTI) yang tahun kemarin telah berpartisipasi dalam ajang kejuaraan nasional slalom 2015. Setelah merasa puas hanya dengan mengandalkan Toyota Yaris, kini TTI menjajal kemampuan Toyota Etios Valco G keluaran 2014 di kelas F. Karena akan digunakan di kelas yang boleh melakukan modifikasi bebas, membuat TTI semakin percaya diri untuk melakukan perubahan pada Toyota ETios Valco ini. "Tapi itu juga tidak gampang. Waktu seri 1 di Lampung, sebenarnya belum selesai," sebut Dimitri Fitra Ditama, Operational Manager TTI.

TTI melakukan modifikasi utama pada bagian mesin, menggantinya dengan mesin Toyota Yaris di engine bay Etios tersebut. Mesin standar Etios berkode 3NR berkapasitas 1.200 cc diganti 1NZ-FE dengan kapasitas 1.500 cc. Di kelas F, hal ini wajar saja dilakukan karena dalam regulasi para peserta diperbolehkan mengganti mesin hingga menyentuh kapasitas 2.000 cc. Pria yang akrab disapa Fitra ini juga mengatakan jika mesin Toyota Yaris tersebut saat ini masih banyak standarnya dan berbeda jauh dengan Toyota Yaris kelas F sebelumnya. isalnya saja setang piston yang tetap dibiarkan standar, bersanding dengan piston CP Racing yang punya perbandingan kompresi 1:13. "Pilihannya ada banyak. Pakai yang 13 paling pas, tidak terlalu rendah tapi juga enggak tinggi-tinggi banget," sebutnya.

Agar bisa mendukung hal tersebut, maka di gunakanlah perangkat peningkat performa lainnya. Misalnya saja penggunaan piggyback Unichip Q, i-Drive serta throttle module. Piggyback yang digunakan tentu saja bertujuan untuk memanipulasi data konsumsi bahan bakar supaya lebih banyak. Sedangkan pemakaian i-Drive ditujukan untuk membuka limiter putaran mesin. Kini, mesin 1NZ tersebut mampu berputar sampai 8.500 rpm, meningkat 2.000 rpm. Meski nampak tidak terlalu jauh, namun dalam slalom peningkatan ini sudah sangat penting karena napas akan menjadi lebih panjang. Supaya performa semakin meningkat, maka beberapa titik kuncian juga siap dipasang. Salah satunya dengan menggunakan ECU stand alone. Uniknya, untuk mendudukkan 1NZ ke ruang mesin Etios tidaklah terlalu sulit. Keseluruhan dudukan sudah pas hingga engine mounting sekalipun, bahkan aplikasi ini sudah lengkap dengan as rodanya. Bagian lain yang juga menggunakan komponen Toyota Yaris adalah komponen rem yang diambil dari varian S yang memiliki dimensi cakram yang lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya.

Penggunaan rem dari Toyota Yaris ini bisa memaksimalkan pengereman agar lebih pakem dan lebih dekat dengan kun. Sedangkan pada bagian belakang ditambahkan kaliper milik produsen kendaraan lain. Suspensi yang digunakan juga merupakan hasil adopsi Toyota Yaris sebelumnya. Karena tidak persis sama, maka dilakukan sedikit modifikasi di bagian top mount. Dengan racikan modifikasi ini, mampu mengantarkan peslalom TTI ke podium kelas F seri 1 di Lampung dengan pembalap Alinka Hardianti.
thanks gan udah mampir
 
Back
Top