Coba Silk Mobile Sekarang!

Seiring perkembangan teknologi mobile keberadaan mobile automation testing tool menjadi penting. Banyak pengembang software atau aplikasi mobil yang membutuhkan alat untuk menguji aplikasi yang mereka kerjakan sebelum merilisnya ke masyarakat. Selama proses pengujian, software atau aplikasi mobile akan diuji secara mendetil untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi dan coverage-nya. Mungkin manfaatnya tidak akan terlalu terasa jika sistem yang dikembangkan dalam skala kecil. Tapi jika software atau aplikasi yang ingin dikembangkan cukup besar dan kompleks maka test automation bisa menjadi solusi untuk menghemat waktu dengan mengotomatiskan proses pengujian yang bersifat repetitif atau smoke testing (pengujian untuk memastikan fungsionalitas utama) yang harus dikembangkan secara berkala.

Pengujian aplikasi mobile jauh lebih kompleks dibanding pengujian aplikasi untuk web atau komputer karena beberapa alasannya. Di antaranya:

Ukuran. Perangkat mobile memiliki berbagai macam ukuran layar juga konfigurasi hardware seperti keypad, touch screen, trackball dan lainnya.

Sistem operasi. Tidak hanya android tetapi sitem operasi lain seperti iOS, Blackberry dan Windows masih memiliki peminat masing-masing.

Jenis jaringan. Seiring perkembangan teknologi semakin banyak jenis jaringan yang siap digunakan seperti CDMA atau GSM dengan kemampuan EDGE, 3G bahkan 4G.

Mengerti bahwa pengembangan aplikasi mobile memiliki tantangan tersendiri, Borland menawarkan solusi baru yang dikenal sebagai Silk Mobile yang didesain untuk mengatasi semua masalah yang mungkin ditemukan oleh pengembang aplikasi mobile. Selain itu, dengan melakukan pengujian otomatis yang disediakan oleh Silk Mobile memungkinkan pengembang untuk menjalankan pengujian pada perangkat yang terhubung dengan komputer melalui kabel USB juga WiFi. Tidak hanya itu, Silk Mobile juga memiliki fitur untuk merekam proses pengujian. Juga menambahkan logika untuk menguji script tanpa perlu menuliskan satu baris coding pun.


Silk Mobile juga sangat cepat, kuat dan bisa melakukan pengulangan pengujian script otomatis untuk aplikasi mobile dan melihat interaksi pengguna dengan aplikasi yang sedang diujicobakan. Berbagai fitur ini membuat hasil mobile automation testing tool bisa dikatakan mewakili pengalaman pengguna atau user secara nyata. Silk Mobile juga mendukung multi touch, swipe, drag & drop dan scrolling.

Mobile automation testing tool juga terintegrasi dengan Silk Central, yang dapat diakses melalui website, sebuah manajemen pengujian solusi yang akan memberikan pengalaman terbaik untuk menghasilkan software atau aplikasi yang sesuai dengan keinginan.

Secara sederhana, proses pengujian software atau aplikasi mobile membutuhkan strategi pengujian yang tepat. Salah satunya memilih mobile automation testing tool yang tepat seperti Silk Mobile. Testing tool ini menawarkan berbagai fitur yang akan mengefisiensikan dan mengefektifkan peroses pengujian software atau aplikasi mobile. Selalu pastikan software atau aplikasi mobile Anda telah diuji dengan baik sebelum dirilis dan sampai di tangan penggunanya.

sumber
 
Back
Top