Ini Hal yang Dianggap Paling Menakutkan oleh Banyak Orang

Kalina

Moderator
KOMPAS.com - Rasa takut biasanya muncul karena adanya hal-hal yang dianggap menyeramkan. Namun, sebenarnya apakah yang paling sering dianggap menakutkan? Apa alasannya?

Sebuah situs bernama Slate mengatakan, “Ketakutan adalah suatu keadaan yang mudah diidentifikasi namun sulit untuk dijabarkan.”

Namun, itu pernyataan yang keluar sebelum dua psikolog sosial di Universitas Knox melakukan studi empiris pertama tentang ketakutan, yang hasilnya diterbikan di New Ideas in Psychology.

Para peneliti mensurvei lebih dari 1.300 orang di seluruh dunia tentang orang-orang dan hal-hal yang membuat mereka takut. Berikut adalah beberapa hasilnya: Badut, taxidermists (ahli penyumpal kulit hewan mati agar seolah-olah hidup), dan penjaga pemakaman yang menyeramkan.

Beberapa perilaku juga dianggap menakutkan, misalnya menjilati bibir secara berulang, melanggar ruang pribadi, tertawa pada saat yang salah, dan percakapan yang mengarah pada seks.

Sementara untuk ciri-ciri fisik, mata yang melotot, jari-jari yang panjang, rambut berminyak serta kepala yang botak menjadi hal-hal yang menakutkan.

Menurut Business Insider, 95% dari responden percaya orang menyeramkan lebih mungkin berjenis kelamin laki-laki. Sementara perempuan lebih cenderung melihat orang menyeramkan sebagai ancaman seksual.

Para peneliti menyimpulkan bahwa ketidakpastian adalah alasan besar mengapa hal-hal dan orang-orang tertentu mendapat label menyeramkan.

Seperti yang diungkapkan dalam studi, ketakutan adalah respon evolusi yang "Memungkinkan kita untuk menjaga kewaspadaan selama masa ketidakpastian."

Peneliti Francis McAndrew memberitahu Business Insider bahwa penelitian mereka menunjukkan sifat menyeramkan adalah "sesuatu yang tidak akan membuat Anda yakin apa yang orang akan lakukan selanjutnya."

Tapi sosiolog Lisa Wade mengatakan penelitian muncul untuk menunjukkan bias yang melekat terhadap hal-hal atau orang secara konvensional tidak menarik.
 
Kalin takut sm Nasib / takdir buruk

Nasib-designstyle-candy-m.png
 
hal yg paling menakutkan sebenarnya cuma 1. "KEMATIAN"
jangan salahkan sipembuat nasib kalo kalian cuma punya PASRAH. penyesalan yg bakalan kalian terima.
selagi hidup gunakanlah kesempatan menolong sesama. kurangin hal2 yg sekira mengusik kenyamanan hidup orang lain mulai sekarang. pasti dh tak jamin akan mengilhami bagaimana keadaan "hidup" waktu keadaan berikutnya.
(sayangnya tidak ada orang yg sudah mati bisa hidup lagi dan bercerita bagaimana dan keadaan apa yg kita alami besok)

- n1 -
drop-seller "Verbal"
 
Iya mungkin tidak hanya agan saja yang merasa takut dengan kematian, jadi ketakutan itu menurut saya koq wajar saja

ya bener ketakutan itu sangat wajar den
tpii ada jyga ya orng sama sekali ga takut dengan kematian
contoh nya orng'' yg suka persugihan . trus om'' yg suka main cabe''an . itu mungkin pada ga takut semua dengan kematian den . hehe
 
Back
Top