Upgrade Performa Mobil Astra Toyota Agya, Mesin Makin Ngacir

BellCranel02

New member
Astra Toyota Agya merupakan salah satu mobil keluaran Daihatsu yang merupakan mobil kota berjenis Hatchback dan diproduksi di Indonesia. Mobil ini pertama kali dipamerkan di “Indonesia Internasional Motor Show 2012” dan telah melewati tes Low Cost Green Car (LCGC). Nama “Agya” sendiri diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti “cepat”.
Bagi driver yang suka melakukan modifikasi mobil, anda bisa melakukan “upgrade” untuk menambah performa mobil Astra Toyota Agya anda. Seperti yang dilakukan oleh Rachmad Ardiansyah. Ia melakukan bongkar mesin untuk menambah kecepatan mobil Toyota Agya miliknya. Awalnya, Ardian merasa bahwa mobil miliknya terlalu “smooth”, kemudian ia membawanya ke bengkel langganan. Kini, mobil kesayangannya tersebut bisa melaju kencang sesuai dengan keinginan.
Bukan hanya untuk menambah kecepatan saja, ini sekaligus untuk menunjang hobinya beradu kecepatan. Hal itu berbuah manis. Ardian dan mobil hasil modofikasinya tersebut berhasil memperoleh piala pada saat unjuk gigi dalam drug race yang diselenggarakan di Sentul. Ia melakukan penurunan mesin yang berkode 1 KR12 tersebut menjadi setengahnya. Tak hanya itu, ia juga mengangkat cylinder head untuk dilakukan porting dan polishing.

“Yang banyak kena pisau korek bagian exhaust, lubangnya disamakan dengan header dan dibikin mirror finishing,” ungkap Binsar Roberto selaku pemilik bengkel Auto Key yang menggarap mobil Astra Toyota Agya milik Ardian.

Alasan mekanik yang dipanggil bejo ini membuat mirror finishing adalah agar tidak ada kerak yang menempel. Ini akan sangat membantu dalam proses aliran gas buang yang jadi lancar. Untuk bagian inlet, ia dan kru membuang partisi yang bisa menghalangi aliran udaranya saja. Untuk memperlancar, bagian klep pun diberi sentuhan dengan dibubut, dan disisakan 0,3 mm saja. “Dibikin 3 angle valve seating,” imbuh Bejo.

Pemilik bengkel yang beralamatkan di Jl. TB. Simatupang Jakarta Selatan ini juga memodofikasi bagian pembuangan. “Header custom, lepas katalitik dan resonator biar pembuangan lebih lancar,” kata Andrian, pemilik mobil yang merupakan anggota Toyota Agya Club (TAC) ini. Ia juga menggunakan Ferrox untuk mengganti suplai udaranya.

Setelah dilakukan modifikasi, Anda penasaran bukan bagaimana dengan hasilnya?

“Sekarang jauh lebih responsif. Catatan waktu tercepat 19,1 detik untuk 402 meter, lumayan podium 5 di kelas 19 detik. Target tahun depan bisa 19 detik bersih,” ujar Andrian membanggakan mobilnya.

Jika anda ingin mendapatkan mobil yang sesuai dengan kriteria dan keinginan, anda bisa mencoba membeli mobil yang mempunyai spesifikasi seperti yang diinginkan. Jika dirasa perlu, lakukanlah modifikasi agar mobil jadi seperti yang anda inginkan.
 
Back
Top