10 Tips Jitu Cara Menghemat Biaya Pernikahan

Status
Not open for further replies.

majalahberita855

New member
Menikah%2BTak%2BHarus%2BMahal%2BHingga%2BBeratus-ratus%2BJuta.jpg
Membahas tentang rencana pernikahan, Hal paling utama tentunya adalah membahas total budget kita? Benar bukan ? Normalnya, biaya pernikahan rata-rata masyarakat Indonesia berkisar antara 20 hingga 30 juta sekali menikah. Tingginya biaya ini seringkali menjadi beban meski kedua orang tua telah membantu kalian. Dengan berbagai pertimbangan, rasanya kita perlu memutar otak untuk mengurangi pengeluaran demi mewujudkan pernikahan impian.

Pada kesempatan kita kali ini dilansir dari IDNTimes.com, Akan kami berikan 10 tips jitu dan cara ampuh untuk mengurangi biaya pernikahan tanpa harus mengurangi esensi kesakralan pernikahan itu sendiri.

1. Kurangi daftar tamu yang hadir, kamu harus tegas soal siapa yang perlu menghadiri.

Buat daftar orang yang benar-benar berarti buatmu. Ingat bahwa biaya katering per orang sekarang bisa mencapai 100 ribu rupiah per orang. Dengan kata lain, kalau kamu mengundang 100 orang, kamu bisa menghabiskan 10 juta rupiah untuk biaya makan saja. Bagaimanapun, misalnya kamu bisa mengurangi 50 orang per 100 orang yang kamu undang, kamu bisa menghemat lima juta lebih lho!

2. Menikahlah di hari kerja biasa untuk menghemat pengeluaran biaya sewa gedung.

Banyak jasa wedding organizer yang menawarkan untuk menikah pada hari kerja biasa karena memang lebih murah. Misalnya di akhir pekan biaya persewaan gedung bisa mencapai 30 juta rupiah, di hari kerja biasa kamu bisa menghemat hingga 50 persen.

3. Supaya lebih hemat, lebih baik segala keperluan diurus sendiri saja.

Gak ada yang ingin memulai pernikahan mereka dengan tumpukan hutang yang menggunung, dan ini adalah alasan utama kenapa kamu harus menghemat biaya pernikahan. Meskipun kamu membutuhkan bantuan finansial untuk mengurus semuanya, jangan pernah tergoda untuk menggunakan jasa wedding organizer. Jika pernikahan bisa kamu urus sendiri dengan hemat, kehidupan rumah tangga pun pasti tak akan ada masalah.

4. Semua gaun pernikahan sebenarnya sama saja, jika yang murah saja bisa tetap bermakna, lebih baik tak memaksakan untuk menggunakan jasa perancang ternama.

Banyak orang yang merasa gengsi dan ingin mengenakan setelan terbaik dari perancang busana ternama, namun kenyataannya adalah bahwa ini bukanlah keputusan yang tepat untuk menghemat anggaran pernikahan. Lagipula, setelah pesta pernikahan usai, gaunmu juga tak akan dipakai lagi, bukan?

Selama kamu bisa berdua di pelaminan, pakaian apapun yang dikenakan rasanya tak harus menjadi masalah.

5. Rajin-rajinlah browsing mengenai tren terkini dalam menyelenggarakan pesta pernikahan dengan anggaran terbatas.

Jika kamu pikir tren pernikahan terkini itu mahal, rasanya kamu harus berpikir ulang. Karena faktanya, kini banyak alternatif yang ditawarkan sehingga pilihan biaya bisa kamu sesuaikan. Dewasa ini, orang-orang lebih memilih tumpukan donat daripada kue pernikahan tradisional.

6. Kamu harus memutuskan satu hal yang harus ada dalam pernikahanmu, dan tak boleh diganggu.

Karena kamu sudah mengurangi anggaran makan dan gaun pernikahan, kamu bisa mengeluarkan anggaran lebih banyak untuk menyewa fotografer yang benar-benar profesional.

7. Dekorasi pesta tak perlu terlihat ramai dan norak, karena kini kamu bisa belajar untuk membuat DIY dekorasi pernikahan sendiri.

Dekorasi pernikahan bisa sangat mahal. Tapi kita ucapkan terima kasih untuk Pinterest, sekarang kita bisa membuat DIY dekorasi pernikahan versi kita sendiri.

8. Gunakan paket bulan madu untuk menghemat pengeluaran liburan.

Semua sudah siap dan matang? Ada sisa uang untuk bulan madu? Kenapa gak gunakan paket tur yang biasa ditawarkan agen perjalanan wisata? Bulan madu tak perlu ke luar negeri, asal bersama pendamping, semua pasti akan terasa manis.

9. Punya kerabat keluarga yang punya bakat? Manfaatkan saja!

Kamu punya teman atau keluarga yang bisa bikin kerajinan? Minta untuk bantu bikin souvenir.

Kamu punya sepupu jago foto? Minta bantuan untuk jadi fotografer.

Kamu punya siapa lagi yang bisa berguna? Ajak dan undang ke pernikahan.

10. Buat pesta pernikahanmu tak terlalu megah dan mewah, keep your wedding party small.

Pesta pernikahanmu bisa menjadi besar atau kecil sesuai keinginan. Tapi kamu juga harus mempertimbangkan setiap pengeluaran yang ada.

Kini karena kamu sudah tahu beberapa tips jitu untuk mengurangi biaya pernikahan, sekarang adalah saatnya untuk memastikan bahwa kamu benar-benar sudah siap untuk menikah. Jangan sampai pernikahanmu siap tapi batinmu belum.

Terakhir, pastikan juga kamu sudah punya seseorang untuk diajak menikah.

SUMUR
 
yang jelas pernikahan itu seperlunya saja ya bro, jangan terlalu ngikutin keingingan, karena kalau keingingan itu diikutin , nggak ada ujungnya,

yang pasti, biar biaya pernikahan itu nggak terlalu mahal, harus paham dulu , sebenernya tujuan pernikahan ini apa,, mau pesta pesta an , atau mau menjalani hidup baru,, harus nya yang perlu dipersiapkan adalah kehidupan setelah acara pesta ini, tapi orang2 pada fokusnya malah ke acara pestanya, padahal pesta nya paling 5 jam, perjalanan hidupnya bisa 10 atau 20 tahun,
 
nikah resmi aja dulu yang penting sah dimata agama dan negara
resepsinya nanti belakangan kalau rejekinya sudah mencukupi
 
Biaya pernikahan emang kadang bikin puyeng gan, tapi klo sekarang weding organizer yang siap ngerjain pesta weding harganya udah mulai variasi kok..
Coba aja cek di beres.id, harganya udah macem2 tuh.. Tinggal cari yang cocok aja..
 
ga usah resepsi klo pengen irit... tujuannya kan nikah untuk menghalalkan pasangannya
resepsinya mah klo ud berkecukupan
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top