Beberapa Sistem Pendidikan Yang Sudah Diterapkan Di Indonesia

Status
Not open for further replies.

tukangkayu69

New member
Pendidikan-Anak.jpg


Saat ini di Indonesia, ada empat macam sistem pendidikan yang digunakan oleh sekolah-sekolah. Masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan jika dilihat dari empat aspek utama yakni penguasaan materi, wawasan global, pembelajaran kontekstual dan pengakuan kualifikasi. Berikut pembahasan singkatnya:


1. Sistem Pendidikan Nasional Indonesia

Indonesia memiliki sistem pendidikan nasional tersendiri dengan tiga jenjang, yakni pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengawasi dengan ketat setiap detil sistemnya yang meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Dalam hal ini aspek intelektual, spiritual, dan personal anak menjadi pusat perhatian utama.


2. Sistem UK Cambridge

Meski pilihan jurusan yang ditawarkan sistem ini beragam, tapi siswa sejak dini sudah diarahkan untuk mengambil spesialisasi tertentu. Ujian akhir menjadi penentu tunggal keberhasilan siswa. Sistem ini juga cenderung mengedepankan metode hafalan dibandingkan kegiatan belajar yang sebenarnya.


3. Sistem Eropa – International Baccalaureate

Dalam sistem Eropa, penjurusan dilakukan pada tahap akhir. Memungkinkan siswa memilih dengan lebih mantap. Keunggulan lainnya sistem ini adalah metode belajar yang fokus pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan riset. Siswa ditekankan untuk terbiasa memecahkan masalah, baik secara individu maupun berkelompok.


4. Sistem Amerika

Keunggulan sistem ini adalah spesialisasi studi yang berkaitan erat dengan kebutuhan industri di masa depan dengan penekanan pada STEAM (science, technology, engineering, art, math). Siswa juga diberikan fleksibilitas dalam memilih bidang studi dan spesialisasi. Sistem Amerika juga sangat menekankan pengembangan keterampilan berinteraksi, komunikasi kelompok dan pemecahan masalah yang fokus pada situasi nyata dan kebutuhan industri.

Agar dapat menentukan pilihan terbaik, memang butuh pemahaman mendalam dan utuh tentang sistem pendidikan yang ada saat ini. Jangan ragu untuk mengkaji lebih dalam lagi. Jika perlu, hubungi pusat konsultasi sekolah dan pakar pendidikan untuk mendiskusikan pilihan yang tepat bagi anak Anda atau Anda bisa mendapatkan buku panduan yang diterbitkan oleh Sampoerna Schools System
 
Last edited:
saya jadi inget dulu waktu jaman SMP , satu wilayah regional hanya SMP saya aja yang menerapkan kurikulum KBK kurikulum berbasis kompetensi , pelajaran nggak pernah nulis, hampir tiap hari persentasi, studi kasus,, jarang nulis pokoknya, pas sekolah lain ujian, sekolah saya nggak ada ujian , baik ujian cawu, tengah semester atau semester, bebas ujian, nilai dari aktivitas sehari2,

pas sekolah lain ujian, sekolah saya malah ngadain lomba lomba pokonya mantep dah, dan sayangnya waktu lanjut SMA , SMA nya belum KBK akhirnya kesulitan bwt belajar
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top