Apa Saja Keuntungan Dari Melakukan Testing Tool Pada Software Sebelum Diluncurkan?

agungpras

New member
QUADRA SOLUTIONS – Testing Tool merupakan bagian internal dari siklus pengembangan software. Ketika mengembangkan software atau web, Anda sebagai pengembang tentu mengetahui barisan kode yang membangun software atau web tersebut. Begitu juga dengan flow dan latar belakangnya sehingga Anda tidak akan pernah kesulitan ketika menggunakan software atau web tersebut. Tapi berbeda dengan end user. Mereka sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang itu.

programming-942487_1920.jpg


Untuk menghindari hal tersebut, testing tool memainkan peranan penting sebagai perantara anadata end user dan pengembang. Pengujian juga akan menganalisa yang hasilnya dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kualitas aplikasi secara tepat. Juga menemukan masalah yang selama ini tidak terlihat oleh Anda sebagai pengembang.

Jangan pernah mengabaikan pengujian dalam pengembangan aplikasi karena industri menuntut kualitas, keandalan dan produktivitas. Jika Anda merasa tidak memiliki waktu untuk melakukan pengujin Anda bisa memilih untuk menggunakan automation testing tool atau alat pengujian otomatis. Bagian terbaik dari automation testing tool adalah Anda bisa menghemat waktu dan mencegah terjadinya kesalahan yang disebabkan oleh human error yang bisa dikatakan sebagai factor kelemahan utama dari testing tool secara manual.

Testing tool secara manual atau pun automation testing tool memiliki kelebihan dan kegunaan masing-masing. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, ada beberapa jenis software atau web yang lebih cocok menggunakan testing tool secara manual sementara yang lain akan mendapatkan hasil yang lebih signifikan jika melakukan mengujian dengan menggunakan automation testing tool.

Dari pemabahsan ini dapat terlihat bahwa melakukan pengujian, baik menggunakan testing tool manual maupun testing tool otomatis menawarkan berbagai keuntungan. Walau begitu bukan berarti testing tool tidak memiliki kerugian. Keuntungan yang ditawarkan selalu hadir dengan kerugian. Sebenarnya tidak bisa disebutkan kerugian tapi, terkadang satu kesalahan ketika melakukan pengujian dapat menyebabkan situasi kritis bagi aplikasi atau web yang sedang Anda kembangkan. Kemungkinan terburuk adalah aplikasi atau web yang Anda kembangkan akan mengalami crash jika terjadi kesalahan dalam tahap pengujian ini. Kemungkinan ini jangan membuat Anda ragu atau memilih untuk melewati tahapan pengujian ini. Lebih baik Anda mengalami kegagalan ketiika dalam tahap pengembangan daripada mendapatkan feedback atau umpan balik yang buruk dari pengguna yang akan menyebabkan penilaian buruk terhadap perusahaan Anda dan tidak aka nada yang men-download aplikasi atau menggunakan web yang diproduksi oleh perusahaan Anda.

Sumber
 
Back
Top