Fungsi Musik

kultwi

New member
FUNGSI MUSIK
Musik merupakan satu elemen yg terutama dalam kehidupan manusia. Sejak mulai dulu kala musik udah memegang manfaat dalam fungsi-fungsinya menurut model dari musik tersebut. Dari beraneka model musik itu, fungsi musik mampu dikelompokkan dalam bagian bagian ialah sebagaimana berikut :

1. Musik Sebagai Media Ekspresi Diri
Seseorang seniman musik jadi lebih lebih enteng berekspresi atau menyingkap perasaannya lewat musik. Di samping utk menunjukkan bakatnya, pengungkapan perasaan melalui musik jadi lebih lebih enteng diterima.

Khususnya seandainya musik itu bersifat vokal di isi kalimat yg tersusun bagus dan enteng dimengerti. Diikuti dengan alunan berapa suara yg mewakili ekspresi yg dapat dikeluaran. Perumpamaannya, andaikan dapat berekspresi sedih, nada yg dimainkan bersifat nada yg bertempo lambat dan halus.

Demikianlah demikian sebaliknya, seandainya nada itu cepat dan menggebu-gebu, kebanyakan mewakili ekspresi gemar serta bahagia.

2. Musik Sebagai Media Hiburan
Musik sangat efisien dalam menghibur. Selama satu musik itu di anggap indah, yang pasti musik itu dapat menghibur. Seorang bahkan butuh musik utk menghibur diri kala tengah jenuh atau sedih. tidak hanya menghibur, musik dapat pula buat manusia lupa dari kehidupan setiap harinya.

3. Musik Sebagai Media Terapi
Musik sebagai terapis awalannya di perkenalkan pada perang dunia ke-II utk membuat sembuh korban perang. Sekarang musik banyak dimanfaatkan utk terapis penyakit mental atau kelumpuhan organ badan. Musik dapat pula berfaedah utk berikan kesegaran kembali sistim kerja otak sehabis lama dimanfaatkan utk bekerja.

4. Musik Sebagai Media Upacara
Musik di Indonesia, yang pasti dapat terus-menerus terjalin erat dengan upacara-upacara khusus seperti perkawinan, kelahiran, kematian, serta upacara keagamaan dan kenegaraan. Di banyak daerah, bunyi dari satu alat musik diyakini miliki kapabilitas magis.

5. Musik Sebagai Media Komersial
Utk berapa seniman musik atau musisi, musik merupakan satu di antara sumber pendapatan. Mereka merekam hasil karya mereka bersifat pita kaset atau CD. Selanjutnya karya mereka mampu di jual.

Dari hasil penjualannya ini mereka beroleh pendapatan utk penuhi kebutuhan hidup. Kecuali dalam media kaset serta CD. Berapa musisi juga mobilisasi pertunjukan yg dipungut ongkos. Musik juga acapkali dikotrak sebagai pengiring satu film atau lebih seringdimaksud OST (Original Soundtrack).

Kebanyakan musik yg diambil sebagai OST memilki keterikatan dengan film bersifat kesamaan cerita yg dapat menggambarkan isi dari film itu. Bahkan juga musik juga acapkali dipakai sebagai OST dari satu Iklan, baik itu ditelevisi atau pun radio.

6. Musik Sebagai Media Tari
Musik sangatpas kalau di kaitkan dengan tarian. Keduanya saling tentang maka itu ada kesamaan pola dan ritme keduanya, satu buah tarian tanpa ada diiringi irama musik dapat merasa hampa (kosong) dan dapatmempersulit sang penari.

Kala penari laksanakan gerak tarinya diperlukan tempo dan ritme biar memperindah gerakannya. Di Indonesia, bunyi-bunyian atau musik di jadikan oleh warga utk iringi tarian-tarian daerah. Oleh maka itu, kebanyakan tarian daerah di Indonesia cuma mampu diiringi oleh musik daerahnya sendiri. Tentu diluar negeri lantas demikianlah. Seperti dansa, balet dan sebagainya.

7. Musik Sebagai Media Pendidikan
Sebagai media pendidikan, musik dipakai dalam sistem pelajari di sekolah. Musik diperlukan utk membuat rasa cinta tanah air pada siswa-siswanya melalui lagu-lagu perjuangan.

Bukan hanya itu, lagu daerah dapat pula dimanfaatkan utk pendidikan siswa dalam masalah menumbuhkan sikap toleransi dalam ketaksamaan suku, ras serta agama. Dalam pendidikan, musik dapat pula dipakai sebagai media pengembangan diri siswa. Musik dapat pula membuat kepribadian baik utk seorang.

Seperti yg di sebutkan oleh Hatta, kalau musik dapat menanamkan perasaan halus dan budi yg halus dalam jiwa manusia. Dengan musik, jiwa lebih miliki rasa dapat selaras dan irama.

Kedua-duanya yakni landasan yg baik utk menghidupkan rasa keadilan. Akan tetapi dalam pendidikan musik, musti dijauhkan lagu-lagu yg melemahkan jiwa serta enteng mengundang nafsu tidak baik. alat musik tradisional dan modern

8. Musik Sebagai Media Komunikasi
Di sebagian tempat di Indonesia, bunyi-bunyi instrumen khusus yg miliki arti privat juga utk anggota group masyarakatnya. Bunyi- bunyian itu miliki pola ritme privat yg menandai andaikan ada satu buah kejadian atau kesibukan yg mau di kabarkan ke beberapa orang. Instrumen yg umum dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia yakni seperti kentongan, bedug di masjid, dan lonceng di gereja.

9. Musik Sebagai Media Kreativitas
Kreatif merupakan pembawaan yg dilekatkan pada diri manusia yg di kaitkan dengan kecakapan atau daya utk membuat satu buah karya. Pembawaan kreatifitas ini tetap diperlukan utk bersama tabiat manusia dalam rencana penuhi kebutuhannya.

Sumber
 
gak berfungsi.
gue lagi takziah dimakam! lagi dimarahin dosen terlambat membuat makalah, lagi dimarah boss karena gajian orang sekantor tak tilep....
 
Back
Top