Pro dan Kontra Naiknya Harga Rokok

Setujukah Anda, jika harga rokok naik seperti yang diwacanakan saat ini?


  • Total voters
    13
Status
Not open for further replies.

Kalina

Moderator
Rokok, merupakan kebutuhan primer bagi pemakainya.. Bahkan, sebagian pemakai punya motto, LEBIH BAIK GAK MAKAN DARI PADA GAK MEROKOK. Sadis, yaa??!!

Namun, bagi non-pemakai yang biasa disebut perokok pasif, Rokok itu racun, rokok itu barang yang sangat tercela, bahkan kasarnya udah kayak virus mematikan (emang iya, sih).

Dampak negatif Rokok pun, sudah diketahui khalayak manusia sejagad raya ini. Meski begitu, jumlah pemakainya bukan makin turun, malah makin naik.
Di lingkungan saya juga gitu.. Kalin punya 3 temen. Mereka masih remaja. Yang dua sekolah, yang satu jadi kuli pabrik. Dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.. gak nyampe dua tahun, tiga-tiganya udah merokok aja.. di depan umum, pula! yeah.. bisa ngomong apa saya? dikasih tau, bahwa rokok begini/begitu pun gak ngefek.. bisa dimaklumi, mungkin mereka masih minim informasi, dan kata2 dari saya yang notabene bukan siapa2 pun gak bakal didenger..

Sehingga, pemerintah saat ini pun berwacana akan menaikkan harga rokok hingga 50 rb rupiah perbungkus. Muncullah pro/kontra..

Yang pro, jelas tentang masalah kesehatan.. dampak buruknya kayak gimana

Sedangkan yang kontra, mereka memikirkan nasib para pekerja di pabrik rokok, jika rokoknya kemahalan, dan gak ada yang beli..

Yeap, sekarang, mari kita share, diskusi.. siapa yang setuju harga rokok naik, dan siapa yang tidak. tolong sebutkan alasannya, ya..

nb: ini debat gak mencari siapa yang kalah dan menang, alias gak ada hadiahnya. Tapi kita cari solusi bareng2.. karena Insya Allah akan berguna buat yang membaca.
 
Kalin pribadi, sangat setuju, jika harga rokok naik..
manfaatnya gak hanya di kesehatan, tapi juga ekonomi masyarakat miskin.. mereka bakal pikir2 lagi mau beli rokok..
 
setuju pake bingit biar teman2 perokok mengurangi mengisap rokok dan syukur2 berhenti. Biar uang bia di tabung buat beli rumah :)
 
Jika rokok emang dibuat mahal, nih..
Ada yg heboh, katanya akan memicu phk besar2an. Apa pendapat kalian?
 
gak setuju. yg enak cuma jokowi dan pemerintah main pelintir seenaknya. gak ada manfaat buat ane
 
Kok bisa bilang yg enak cuma Bapaknya Kalin?

Padahal kalin dan beberapa temen di sini merasakan dampak positifnya, loh..
 
Allah menciptakan makhluk dan isinya di bumi ini agar manusia berfikir sehingga bersyukur akan nikmat allah swt. Kaji lebih dalam maknanya...
 
Yang setuju dengan harga mahal adalah sebagian orang yang belum menerima fee dari produksi rokok... Jelas.
 
Kok bisa bilang yg enak cuma Bapaknya Kalin?

Padahal kalin dan beberapa temen di sini merasakan dampak positifnya, loh..

pertanyaan pertama tidak perlu aku jawab, sudah jelas aku jawab diatas.
poin kedua:
dampak positif kayak apa?
bisa dijelaskan sejelas-jelasnya?
 
saat ini masih tidak setuju!
Sebelum ada penjelasan resmi dari pemerintah kayak apa kepastiannya.
1. harga dasar dari pabrik berapa.
2. cukai perbungkus berapa.
3. andai harga pabrik 15rb dijual 50rb artinya pemerintah cukainya 35rb sendiri perbungkus. trus mau diapakan hasil pungutan tadi?
(kalo semuanya dikasih aku.. so pasti tak dukung habis2an!)
gak enaknya denger2 duitnya buat presiden+kabinetnya keliling dunia buat nawarin ikan+kekayaan tambang di lautan indonesia.. dpr juga ngusul lewat dana tambahan yg ada agar bisa ngikut naik gaji+ongkos foya2..
 
Last edited:
pertanyaan pertama tidak perlu aku jawab, sudah jelas aku jawab diatas.
poin kedua:
dampak positif kayak apa?
bisa dijelaskan sejelas-jelasnya?

yang paling jelas adalah dampak bagi kesehatan.. baik kesehatan untuk perokok aktif dan pasif.
seperti yang diketahui khalayak umum.. bahwa rokok menyebabkan berbagai macam penyakit dan organ vital manusia. ironisnya, yang paling mendapatkan efek buruk, justru yang tidak merokok, atau disebut perokok pasif.

kakak sepupuku, tidak merokok. tapi yang merokok adalah temen-temennya.. gak berapa lama, dia merasakan pernafasannya terganggu, dan setelah diperiksa oleh dokter, terdapat flek putih di paru-parunya, akibat menghirup asap rokok..
itu real..

Jika memang harga rokok naik menjadi Rp 50.000/bungkus adalah para kosumen yang lebih irit Uang yang tadinya mereka ingin keluarkan, kini tidak bisa lantaran harga rokoknya yang mahal dan orang tersebut mulai mau berhenti.

Efek dari hal ini adalah uang tersebut bisa disimpan atau diinvestasikan untuk hal lain atau membeli kebutuhan lain. Intinya, orang-orang tersebut sudah ogah beli rokok yang harganya mahal dan lebih memilh mengalokasikan dana untuk menabung di kemudian hari. Atau dananya bisa digunakan untuk investasi.
 
om kalin, perokok berat.. bahkan dulu pernah berantem sama Kalin, gara-gara dia merokok di dalam rumah kalin..

sekarang, beliau berhenti total dari merokok, setelah divonis jantungnya bermasalah.. akibat merokok..
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top