SwiftKey Rilis Aplikasi Keyboard Pertama dengan Neural Network

SwiftKey-Rilis-Aplikasi-Keyboard-Pertama-dengan-Neural-System.jpg


Neural Network sedang menjadi tren baru di bidang teknologi dalam beberapa bulan terkakhir ini. Salah satu yang paling heboh adalah aplikasi Prisma, yang dapat mengubah foto menjadi karya seni yang menakjubkan. Dan sekarang teknologi ini diterapkan pada aplikasi keyboard.

SwiftKey baru saja mengumumkan telah meluncurkan aplikasi keyboard pertama di dunia yang menggunakan neural network (terinspirasi dari jaringan saraf yang ada di otak) untuk memberikan prediksi kata selanjutnya dengan lebih akurat dari versi sebelumnya.

Ide dari aplikasi keyboard dengan Nueral Network ini adalah dengan menggunakan otak digital agar lebih baik dalam mengerti dari setiap konteks yang pengguna tulis, mirip seperti teknologi Google yang menggunakan neural network untuk mengerti dari konteks bahasa yang diucapkan oleh pengguna. SwiftKey mengatakan dengan teknologi akan akan memberikan prediksi yang lebih baik dibandingkan dengan aplikasi keyboard lainnya, dan berharap dapat memprediksi semua pesan yang akan kamu tulis.

Bagaimana SwiftKey membangung Neural Network? Dengan cara menerapkan machine learning atau mesin yang dapat mempelajari semua yang pernah diketik oleh pengguna melalui aplikasi keyboard SwiftKey tentunya. Biasanya teknologi neural network menggunakan server yang besar untuk tugas yang sangat berat, dan SwiftKey menjadi yang pertama menerapkan teknologi language model yang dibuat sedemikian rupa agar dapat beroperasi secara lokal pada keyboard smartphone.

Sebagai contoh teknologi ini bekerja, ketika pengguna mengetik, “Mari kita bertemu di,” SwiftKey secara pintar akan memberikan sugesti tempat seperti “Airport,” “Hotel,” atau “Kantor.” Lebih lanjut SwiftKey juga dapat mempelajari bahwa “Mari kita bertemu di Airport” memiliki struktur kalimat yang sama seperti “Mari kita berbincang di kantor.” Teknologi ini memungkikan SwiftKey menawarkan prediksi yang paling tepat atau koreksi otomatis berdasarkan kalimat yang diketik.

Update aplikasi keyboard SwiftKey sudah tersedia untuk perangkat Android, yang bisa kamu download gratis di Google Play Store. Namun teknologi ini baru tersedia untuk bahasa Ingris US dan UK, dan SwiftKey menjanjikan juga akan menghadirkannya untuk bahasa lainnya.

Sumber
 
Dalam hal ini ane belum pernah menggunakannya gan, jadi hanya sekedar mengetahui saja meskipun sedikit. Sehingga para forumer bisa memanfaatkan dengan baik dan lancar.
 
Back
Top