Pengertian Hujan Asam dan Bahaya Bagi Kesehatan

berkahkhair

New member
Pengertian hujan asam dan dampak yang di timbulkannya – Apakah Kamu pernah mengenal istilah hujan asam? Jika Anda di institusi pendidikan mempelajari mengenai lingkungan hidup tentunya sudah tidak aneh lagi dengan istilah ini. Untuk yang tidak mengenalmendengarnya Kamu dapat membaca ulasannya di bawah ini.

A. Apakah itu Hujan Asam?
Hujan asam adalah hujan yang memiliki tingkat asam yang rendah pada tiap tetes airnya. Keadaan keasaman hujan yang normal pada umumnya memiliki pH 5,6 sehingga bisa diartikan bahwa kalau hujan yang memiliki pH kurang dari 5,6 berarti merupakan hujan asam.

Riset saat ini menyebutkan pH hujan sudah berubah yang asalnya dari 6 menjadi ke empat ini disebabkan banyaknya polusi yang menimbulkan hujan asam. Gas yang menyebabkan hujan asam ini umumnya dihasilkan oleh bencana alam seperti letusan gunung berapi, jika ledakan gunung berapi itu penyebabnya mungkin lumrah saja karena sinyal dari alam, tetapi penyebab yang paling parah ialah ulah manusia misalnya seperti asap mobil, gas buang pabrik atau industri dan lain-lain.

d579f2e3cc952b1ede067483fab041c9.jpg


Terjadinya hujan asam pasti ada penyebabnya, seperti penjelasan tadi bahwa penyebab hujan asam diantaranya seperti bencana alam salah satunya letusan gunung berapi dan terbesar ulah manusia misalnya seperti gas buang kendaraan bermotor, asap pabrik atau industri dan lain-lain.

Untuk itu dibutuhkan pemahaman kepada semua orang untuk dapat mencegah dan menangani hujan asam ini, jadi gunakanlah peralatan atau mesin yang ramah lingkungan, pakailah kendaraan bermotor seperlunya dan lain-lain, jadi kesimpulannya sayangilah lingkungan kita.

B. Dampak yang Ditimbulkan Hujan Asam
Adapun akibat yang ditimbulkan hujan asam, diantaranya seperti di bagian bawah ini:

Hujan asam merupakan racun bagi makhluk hidup khususnya umat manusia, karena akan berdampak bagi kesehatankulit. Air hujan asam akan merembet ke perairan seperti sungai, lembah dan tempat penyimpanan air lainnya, karena pH yang terlalu kecil sangat tidak baik untuk kesehatan manusia.

Hujan asam dapat menghalangi perkembangan makhluk hidup yang berada di perairan contohnya seperti ikan atau binatang yang tinggal di air akan tewas, karena pH yang semakin menurun bisa menghambat pertumbuhan benih-benih ikan, dan membuat ikan sulit untuk bereproduksi.

Hujan asam dapat membasmi organisme yang ada di air, riset menunjukan bahwa organisme kecil tidak mampu bertahan hidup jika pH air dibawah 5. Organisme Kecil ialah salah satu nutrisi bagi ikan, jika Organisme Kecil musnah maka rantai makanan di perairanpun akan terputus.

Hujan asam dapat merusak lingkungan serta akan menyebabkan banyak tumbuhan yang musnah. Hujan asam dapat membasmi zat lilin yang ada pada tumbuhan. Sehingga makanan yang terdapat pada tumbuhan itu akan hilang, serta tumbuhan akan mudah tertimpa penyakit.

Hujan asam juga dapat menyebabkan peningkatan kadar logam dalam air. Dan juga dapat menyebabkan bangunan rusak karena berkarat.
 
cara ngerti tu hujan asam pa engga?
- saat hujan coba buka mulut, caplok tu air yg jatuh dari langit. kalo berasa kecut pasti hujan asam.(dimanapun kapanpun asam selalu berasa kecut)
- kumpulin air hujan, deketin sama garam dapur.
(katanya asam digunung sama garam dilaut selalu bertemu...)
kalo air hujan punya asam pasti jalan2 mendeket ke garam.
- air hujan kumpulin taruh digelas masukin ke frezer. biarin kira2 1 bulan pasti keluar akar.(asam tumbuh.. kalo dibiarin 1 th bisa keluar buah kali?)
------
cxixixixi...herbal dilawan. air hujan adalah air ajaib. orang matipun kalo mau minum bakalan idup lagi!
 
Wah Kita Perlu waspada sekali ya, karena lumayan bahaya itu
 
Back
Top