PD I : Franz Ferdinand dari Austria

langit_byru

New member
Franz Ferdinand von Habsburg (18 Desember 1863 - 28 Juni 1914) ialah archduke dari Austria-Hongaria dan pewaris Kekaisaran Austria-Hongaria. ia dibunuh pada 1914 di Sarajevo oleh Gavrilo Princip yang merupakan anggota Tangan Hitam, kelompok nasionalis Serbia. Peristiwa ini meletuskan PD I; namun, banyak alasan lain penyebab perang itu. Orang Austria menyatakan perang terhadap Serbia akibat pembunuhan itu.

210px-Franz_ferdinand.jpg


Franz Ferdinand ialah keponakan Kaisar Franz Josef dari Austria.Ia menjadi pewaris kekaisaran itu setelah sepupunya Putra Mahkota Ludwig bunuh diri dan kematian ayahandanya Karl Ludwig. Ia menikahi Putri Sophie Cothek. Pernikahan mereka ditentang karena Sophie berasal dari kalangan yang lebih rendah. Pernikahan mereka diizinkan atas pertimbangan anak-anaknya takkan menjadi kaisar masa depan. Pamandanya, Kaisar Franz Joseph, tidak datang ke pesta pernikahannya. Istrinya dibunuh bersama-sama dengan suaminya.

Peluru yang ditembakkan Gavrilo Princip dalam pembunuhan Archduke, terkadang disebut sebagai "peluru yang memulai Perang Dunia I", disimpan sebagai pameran museum di Kastil Konopi?tě di kota Konopi?tě, Republik Ceko.
 
kehidupan zaman kekaisaran dan kerajaan sedikit lbh rumit aturannya dibanding pemerintahan presidensial
 
Back
Top