Konsumsi Kunyit Secara Rutin Bisa Perkecil Risiko Alzheimer

spirit

Mod
Manfaat-Kunyit-Bagi-Kesehatan-Bagus.gif

Obat mujarab untuk Alzheimer belum ditemukan. Namun, penyakit ini bisa dicegah dengan senyawa kurkumin yang ada dalam kunyit.

Alzheimer menjadi epidemi di Amerika Lebih dari 5 juta orang Amerika berusia di atas 65 menderita penyakit ini. Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat hingga 13,8 juta pada 2050. Risiko terkena alzheimer meningkat 2 kali lipat setiap 5 tahun setelah berusia 65 tahun.

Walau obatnya belum ditemukan, studi menunjukkan kurkumin, nutrien dan komponen aktif dalam kunyit dapat kurangi risiko kanker dan penyakit neurodegenerative atau kerusakan saraf termasuk Alzheimer.

Dilaporkan naturalhealth365.com (30/10/16) kunyit punya sejarah panjang dalam tradisi India dan China. Kunyit telah digunakan dalam berbagai masakan. Seperti chicken tikka masala, salah satu masakan khas India yang berbumbu kunyit. Selain dalam masakan, kunyit juga digunakan dalam pengobatan selama berabad-abad.

Sekarang, ilmu pengetahuan barat membuktikan pengalaman berabad-abad tersebut. Dalam bidang kesehatan, termasuk perlindungan terhadap penyakit dan masalah terkait penuaan.

Kurkumin bekerja dengan meningkatkan mekanisme sinyal kimia dalam sel dan gen. Hal tersebut juga meningkatkan daya tahan tubuh akibat peradangan dan stres. Studi pada tikus menunjukkan kurkumin memicu pembentukan neuron otak baru di daerah yang mengatur memori.

Peneliti percaya kurkumin efektif melawan Alzheimer dengan mengatasi sebab utamanya. Kurkumin mengikat protein beracun yang dapat muncul di otak dan mencegah mereka membentuk plak berbahaya. Hal ini akan mengurangi kerusakan dan stres oksidatif, menurunkan kolesterol, mengurangi molekul sinyal inflamasi, dan menginduksi mekanisme protektif dalam otak.

Kurkumin dapat melindungi sel-sel otak dari penuaan sekaligus mencegah degradasi yang dapat menyebabkan Parkinson dan penyakit Alzheimer. Kurkumin juga dapat meminimalkan dampak dari cidera otak seperti stroke, toksisitas kronis dari alkohol, dan trauma kepala.

55e23af6-ca8c-42b9-91c4-e3ad333218f9.jpg

Journal of Biological Chemistry menyimpulkan kurkumin memiliki kemampuan memblokir pembentukan racun, protein abnormal dan plak dalam otak.

Selain Alzheimer, kurkumin juga menunjukkan efek positif pada penyakit saraf lain seperti Parkinson,. Penyakit ini diderita lebih dari 1juta orang Amerika tiap tahunnya.

Kurkumin mencegah kematian sel yang memproduksi dopamin dan mengurangi radikal bebas juga peradangan. Secara umum, kurkumin memiliki efek protektif pada otak.

Penyakit kerusakan saraf dampak dari proses penuaan melibatkan respon abnormal pada jalur sinyal kimia. Seiring waktu, fungsi sel normal dapat hilang. Namun, kurkumin dapat mencegahnya sekaligus menghindari penuaan dini.

1_2ea87d0c-6862-4aa9-8d4f-882.jpg

Untuk konsumsi kurkumin, buat minuman kunyit sendiri dari kunyit bubuk yang dicampur jeruk lemon untuk rasa segar. Atau minum suplemen dengan dosis kurkumin yang disarankan, yaitu 400-600mg 3 kali sehari.

Namun, untuk yang sedang menggunakan obat pengencer darah atau obat diabetes, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen kurkumin.

sumber
 
Last edited:
Back
Top