Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

DokterMobil

New member
Ketika musim penghujan datang sekarang ini banyak aktifitas kita yang terganggu, bahkan ketika turun hujan kita harus berangkat ke luar. Untuk para pengguna sepeda motor hujan dapat menjadi kendala bagi keselamatan saat berkendara. Hujan dapat membuat penglihatan kita menjadi terhalang saat berkendara, hujan pun bisa membuat jalanan menjadi licin dan bisa mengancam keselamatan para pengendara.

Oleh sebab itu ada beberapa tips untuk berkendara aman saat hujan yang bisa anda lakukan, agar saat berkendara di waktu hujan dapat lebih meningkatkan keselamatan kita.

1. Periksa semua lampu kendaraan

Pastikan semuannya masih dalam keadaan normal baik lampu utama ataupun lampu sen. Jika semua lampu dipastikan masih normal maka nyalakan lampu utama saat berkendara baik di malam maupun siang hari, terutama ketika turun hujan. Lampu utama dapat menjadi tanda keberadaan kita bagi kendaraan lain, sehingga kendaraan lain bisa melihat kita.

2. Periksa tekanan dan alur ban

Pastikan tekanan ban masih sangat baik dan alur maupun ketebalan ban luar juga masih bagus. Periksalah paling tidak seminggu sekali untuk urusan tekanan ban pada kendaraan anda. Tekanan ban dan alur ban yang masih baik dapat menghindarkan kendaraan melayang diatas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip), jangan pernah coba-coba ambil risiko berkendara menggunakan ban yang sudah tipis.

3. Pastikan sistem kontrol kendaraan anda masih normal

Terutama kemudi, pedal gas, rem, maupun kopling apakah masih dalam keadaan baik dan berilah perawatan ekstra terutama untuk musim hujan saat ini. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi keadaan darurat maupun kesalahan orang lain yang mungkit saja dapat mengakibatkan kecelakaan.

4. Gunakanlah alas kaki yang tidak licin dan aman

Di musim hujan saat ini sebaiknya pakailah alas kaki yang tidak licin untuk berkendara, dan jangan lupa juga persiapkanlah jas hujan yang berbentuk baju dan celana. Karena jas hujan yang seperti itu tadi jauh lebih aman dibandingkan yang berbentuk ponco atau jas hujan batman.

"Apapun Mobilnya, Dokter Mobil Bengkelnya" | Visit us doktermobil.com
 
Back
Top