Gempa Aceh

Status
Not open for further replies.

spirit

Mod
7dce4ed9-b294-4ffd-8eda-45367ecfaedb_169.jpg

Sebanyak 18 orang meninggal dunia akibat gempa bumi yang terjadi di Pidie Jaya, Aceh. Hingga kini evakuasi masih dilakukan terhadap warga yang tertimbun bangunan runtuh.

"Sudah kami tangani dengan alat berat untuk evakuasi, ada puluhan warga yang masih tertimbun," ujar Wakil Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi saat dihubungi, Rabu (7/12/2016).

Alat berat juga didatangkan dari kabupaten lain. Namun proses evakuasi memang terkendala medan yang berat.

"Warga yang luka-luka sudah dilarikan ke rumah sakit," imbuh said.

Dia belum bisa memastikan berapa jumlah warga yang tertimbun reruntuhan bangunan. Saat ini dia sedang berada di Meureudu di mana ada sebuah rumah roboh yang menimpa satu keluarga.

Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 05.03 WIB dengan kekuatan 6,4 SR. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km di timur laut Pidie Jaya.

sumber
 
Re: Wabup Pidie Jaya: Puluhan Orang Tertimbun Bangunan Akibat Gempa

Kesaksian Warga Pinggir Pantai di Aceh Jaya Saat Gempa Mengguncang

30893fb3-e159-48e2-b33d-92ede5834e13_169.jpg

Gempa bumi 6,4 SR dirasakan oleh sejumlah kabupaten di Aceh. Meski kekuatan gempa tidak sebesar Kabupaten Pidie Jaya, wilayah Aceh Jaya juga merasakan getaran yang cukup kuat.

Salah seorang saksi mata, Naswardi yang menginap di salah satu hotel di Calang, Aceh Jaya sekitar 2 kilometer dari pantai. Dia mengatakan gempa itu terjadi saat warga akan melaksanakan salat subuh.

"Tadi pas menjelang subuh pukul 05.03 WIB itu kondisinya semua yang di sini persiapan untuk menunaikan salat subuh, karena di masjid menyampaikan. Di sini sudah ada suara pengajian untuk persiapan azan subuh," kata Naswardi saat dihubungi Rabu (7/12/2016).

Naswardi menjelaskan guncangan gempa itu terasa sangat kuat. Air di bak mandi tumpah dan terdengar suara gemuruh bangunan berguncang.

"Gempa cukup keras sampai air bak mandi kamar hotel saya tumpah. Goyangannya cukup kuat saya mendengar bunyinya gemuruh bangunan karena goyangannya lumayan keras," kata dia.

Guncangan yang begitu kuat membuat seluruh penghuni hotel dilanda kepanikan dan berhamburan keluar. Mereka menyelamatkan diri di lahan yang tidak berdekatan dengan bangunan.

"Jadi masyarakat termasuk yang menginap di hotel pada keluar. Menyelamatkan diri di lahan yang lebih luas jauh dari bangunan hotel," katanya.

sumber
 
Re: Wabup Pidie Jaya: Puluhan Orang Tertimbun Bangunan Akibat Gempa

BMKG: Gempa di Pidie Jaya Aceh Mirip di Yogyakarta Tahun 2006

a7d0e5cf-01ed-425c-8866-4b331b67b35b_169.jpg

Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa ini mirip dengan gempa yang terjadi di Yogyakarta tahun 2006 silam.

"Magnitudo dan kedalaman hiposenter mirip gempa Yogyakarta tahun 2006," ujar Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, Rabu (7/12/2016).

Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,4 SR ini tidak berpotensi tsunami. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terjadi pukul 05.03.36 WIB dengan kekuatan M=6,4 di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Sementara itu dalam catatan detikcom, gempa yang terjadi di selatan Yogyakarta pada 26 Mei 2006 memiliki kedalaman 17,1 km. Gempa juga terjadi dekat dengan pantai dan tidak menyebabkan tsunami.

Penyebab gempa Yogyakarta saat itu adalah karena aktivitas sesar atau patahan aktif. Penyebab gempa itu juga mirip dengan yang terjadi di Aceh saat ini.

sumber
 
Re: Wabup Pidie Jaya: Puluhan Orang Tertimbun Bangunan Akibat Gempa

Gempa 6,5 SR di Aceh, Bupati Pidie Jaya Lapor Kondisi Terkini ke Presiden

Bupati Pidie Jaya, Aceh, Aiyub Ben Abbas langsung melaporkan kondisi terkini akibat gempa 6,5 SR ke Presiden Joko Widodo. Aiyub menyebut banyak bangunan roboh namun belum bisa dipastikan jumlah korban.

"Informasi awal tadi seluruh Pidie terimbas gempa, karena ada yang rumah, masjid dan pertokoan. Sampai sekarang masih dievakuasi korban-korban yang tinggal tapi saya belum tahu pasti berapa," kata Aiyub di Istana Negara, Jl Medan Merdeka, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Aiyub datang ke Istana Negara untuk menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2017. Usai acara Aiyub langsung kembali ke Aceh terkait gempa.

"Sudah (melapor ke Presiden Jokowi)," kata Aiyub menegaskan.

Pemerintah menurutnya mengirim tim dari Kementerian Pekerjaan Umum untuk melakukan evakuasi dan memberikan bantuan.

"(yang dibutuhkan) alat berat untuk bangunan roboh, nanti sebentar lagi juga diharapkan bantuan makanan, tempat pengungsian," sebut Aiyub.

Gempa 6,5 SR terjadi pada pukul 05.03 WIB dengan pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT. Gempa tidak memicu tsunami.

sumber
 
Re: Wabup Pidie Jaya: Puluhan Orang Tertimbun Bangunan Akibat Gempa

korban yg meninggal baru ditemukan ada 40 orang
apaka msh bnyak korban jiwa lain nya
 
Re: Wabup Pidie Jaya: Puluhan Orang Tertimbun Bangunan Akibat Gempa

BNPB: Korban Meninggal Gempa Aceh Naik Jadi 53 Orang, 73 Luka Berat

3bad2959-82ad-4daf-99fa-527fc11ddae7_169.jpg

Sore ini, korban meninggal akibat gempa 6,6 Skala Richter (SR) yang mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, naik menjadi 53 orang. Korban luka berat juga naik menjadi 73 orang.

Informasi tersebut disampaikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui akun Twitter resminya @BNPB_Indonesia seperti dilihat detikcom, Rabu (7/12/2016). Total korban meninggal 53 orang itu merupakan data terbaru per pukul 15.00 WIB.

Selain 53 korban meninggal, ada 1 orang dinyatakan hilang. Selain itu menurut BPBD ada 73 orang yang mengalami luka berat dan 200 orang lainnya mengalami luka ringan.

Kerugian materil akibat gempa ini dalam catatan BNPB sejauh ini ada 163 rumah rusak berat, 105 ruko roboh, 14 masjid roboh, 1 sekolah roboh serta 1 RSUD roboh.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho sebelumnya menyatakan, saat ini tim SAR gabungan masih melakukan evakuasi. Diperkirakan masih ada korban yang terjebak di reruntuhan bangunan.

sumber
 
Doa Kami Untuk Warga Aceh

15390824_1828442800705243_2986631817151070097_n.jpg


Doa Kami Untuk Warga Aceh


Segenap pimpinan dan manajemen Grand Capital Turut berbela sungkawa atas musibah bencana alam Gempa Bumi yang terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Semoga warga Aceh yang menjadi korban diberi kekuatan dan ketabahan." #PrayForAceh
 
Re: Doa Kami Untuk Warga Aceh

Gempa Susulan 5,0 SR Guncang Aceh, Warga Pidie Jaya Keluar Rumah

064d19c5-620c-4d32-8737-8ed52559ac16.jpg

Gempa susulan berkekuatan 5,0 SR mengguncang Aceh. Warga Pidie Jaya yang berada di posko pengungsian atau rumah keluar mencari tempat aman.

Pantauan detikcom, Rabu (7/12/2016) tengah malam, sejumlah warga Pidie Jaya terlihat berdiri di pinggir-pinggir jalan yang jauh dari pohon ataupun tiang listrik. Mereka berkumpul di sana bersama anggota masyarakat ataupun dengan warga lainnya.

Sebagian warga Pidie Jaya saat ini sudah memilih mengungsi ke posko-posko pengungsian yang tersebar di beberapa titik. Mereka berjaga-jaga melihat ke arah bangunan.

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa berkekuatan 5,0 SR ini berpusat di 32 Km Timur Laut Aceh Besar, Aceh. Gempa terjadi sekitar pukul 23.05 WIB pada kedalaman 10 Km.

Seperti diketahui, saat gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Aceh pagi tadi, Kabupaten Pidie Jaya merupakan daerah terparah dampak gempa. Sebanyak 91 warga dilaporkan meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka.


sumber
 
Re: [UPDATE] Gempa Aceh

BPPT: Gempa Pidie Jaya Setara 4 Bom Atom Hiroshima

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Perekayasa Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyebut gempa bumi yang berpusat di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, yang terjadi pada Rabu (7/12) pukul 05.04 WIB dengan kekuatan 6,5 Skala Richter (SR) setara dengan kekuatan 4 hingga 6 kali bom Hiroshimo.

"Gempa dangkal dekat bibir pantai tapi secara magnitude tidak sampai sebabkan tsunami. Kekuatannya setara 4 hingga 6 kali bom Hiroshima, karenanya bisa ratusan bangunan rusak," kata Manajer Teknik Uji Numerik Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai BPPT Widjo Kongko di Yogyakarta, Kamis (8/12).

Gempa bumi yang terletak pada 5,25 Lintang Utara (LU) dan 96,24 Bujur Timur (BT) tepatnya di darat pada jarak 106 kilometer (km) arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km ini bukan berasal dari aktivitas sesar subduksi tetapi sesar mendatar.

Aktivitas sesar mendatar Samalanga-Sipopok Fault yang jalur sesarnya berarah barat daya-timur laut ini, menurut dia, bisa sama parah dampak kerusakannya dengan sesar yang bergerak naik-turun karena cukup dangkal kedalamannya. Meski demikian, aktivitas sesar mendatar di dalam laut tidak memicu tsunami, berbeda dengan sesar yang bergerak naik-turun (subduksi).

"Mekanisme aktivitas sesar bisa mendatar atau naik-turun lebih karena dipengaruhi kondisi setting tektonik yang usianya bisa ratusan hingga jutaan tahun," ujar dia.

Pada sesar ini, menurut dia, tercatat dua kali sejarah terjadi gempa berkekuatan 7 SR. Meski demikian belum ditemukan catatan kerusakan yang ditimbulkannya.

"Gempa ini jadi test case juga untuk kesiapan early warning system dan sistem manajemen bencana yang sudah ada. Apakah semua itu sudah berjalan baik?" ujar Widjo.

Ia menjelaskan bahwa pada dasarnya bukan gempanya yang 'membunuh', tetapi korban justru ada karena tertimpa bangunan atau lainnya. Karena itu, peta detil mikrozonasi daerah vital, pemukiman, daerah industri sangat diperlukan dan harus dipatuhi.

"Dari sana standar bangunan tahan gempa harus ada di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jadi perlu ada audit soal manajemen dan mitigasi bencana ini, apakah semuanya sudah dijalankan sesuai dengan hasil rekomendasi peneliti dan ahli," ujar dia.

Selain itu, Widjo menegaskan bahwa pembangunan kapasitas untuk manusia tetap harus sinergis demi berjalannhya mitigasi bencana dengan baik.

Sumber : Antara

Luar biasa besar emang ya.
 
Re: [UPDATE] Gempa Aceh

Gempa Aceh, Ini Rincian Korban dan Kerusakan Bangunan

5997503f-fecc-46db-8571-4971f4432d89_43.jpg


umlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 6,5 SR di Pidie Jaya, Aceh, kini mencapai 102 orang. Ratusan bangunan mengalami kerusakan.

"Dari korban dan dampak yang kami sampaikan, paling banyak kerusakaan terdapat di Kabupaten Pidie Jaya," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di kantornya, Jl Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (8/12/2016).

"Sampai saat ini update terkait dampak gempa, 102 orang meninggal dunia, tersebar di 3 kabupaten, 1 orang hilang, 136 orang luka berat, 616 orang luka ringan dan 3.276 orang mengungsi," imbuh Sutopo.

Berikut rincian korban dan kerusakan di tiga wilayah akibat gempa Aceh:

1. Kabupaten Pidie Jaya

- Korban meninggal dunia: 99 orang (82 orang sudah teridentifikasi)
- Korban luka berat: 128 orang
- Korban luka ringan: 489 orang
- Jumlah pengungsi: 2.154 orang. Pengungsi tersebar di 11 titik Meurah Dua dan Meureudu
- Kerusakan bangunan: 105 unit ruko roboh, 268 rumah rusak berat, 14 unit masjid rusak berat.

2. Kabupaten Bireuen

- Korban meninggal dunia: 2 orang dan berhasil diidentifikasi
- Korban luka berat: 8 orang
- Korban luka ringan: 127 orang
- Jumlah pengungsi: 1.113 orang
- Kerusakan bangunan: 4 masjid, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Aziziyah, 111 rumah, 22 ruko, 2 unit kilang, 3 bangunan pondok pesantren.

3. Kabupaten Pidie

- Korban meninggal dunia: 1 orang
- Orang hilang: 1 orang
- Kerusakan bangunan: 50 rumah rusak, 2 ruko



sumber
 
Re: [UPDATE] Gempa Aceh

turut berduka cita atas gempa di Aceh, semoga setelah teman - teman yang disana akan mendapatkan yang lebih baik lagi dari Tuhan.
 
Status
Not open for further replies.
Back
Top