Super Komputer dlm Sebuah Chip

randuwe

New member
Para insinyur dari IBM, Sony, dan Toshiba merilis mikroprosesor yg diklaim memiliki kemampuan setara superkomputer. Mikroprosesor ini bisa dipakai utk berbagai hal, mulai dari konsol video game sampai aplikasi komputer.
Prosesor bernama Cell ini ditujukan menggantikan chip PC(personal computer) yg telah dipakai seperempat abad terakhir. Hasil aliansi strategis 3 perusahaan ini dikatakan memiliki performa 10 kali lebih bagus daripada prosesor PC modern yg ada sekarang.
Cell telah dipakai konsol game Sony PlayStation3 yg sudah beredar di Indonesia. Toshiba berencan mengadopsinya utk TV high-end mereka dan IBM bakal menjual PC dg chip Cell akhir tahun lalu.
Cell terdri dari beberapa mesin komputasi atau core yg sanggup mengontrol 10 perintah program secara bersamaan. Mikroprosaesor didesain utk dijalankan pd beberapa sistem operasi sekaligus, tanpa menganggu kinerjanya. Cell juga dpt dipakai utk gadget yg menjalankan video game, TV, dan komputer high-end sekaligus.
Dari segi jml transistor, 234 juta dibanding 125 juta pd chip Pentium terbaru, Cell lebih unggul. Kecepatan Cell melebihi 4 GHz atau melebihi chip tercepat Intel saat itu, yakni 3,8 GHz.
Meski dikatakan bisa menjalankan berbagai sistem operasi, namun belum diperoleh keterangan apakah Cell kompatibel dg Microsoft Windows. Mereka hanya menyatakan telah menjalankan sistem operasi open-source Linux. Selain itu, seperti dibeber pd ajang International Sold State Circuits Conference di San Francisco, AS, spesifikasi Cell membuat PlayStation3 akan mengusung performa menawan dg grafik nan realistis.
 
Saat ini chip prosesor semakin kecil saja gan, kemampuan juga makin bagus dan menarik. Maka bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis dan lainnya gan.
 
Back
Top