Pengertian Karangan: Ciri-Ciri & Cara Membuat Karangan yang Baik

syanugabrilla93

New member
Pengertian Karangan
Umumnya, karangan diliat sebagai satu perbuatan atau kesibukan komunikatif pada penulis dan pembaca bersumber pada teks yang udah di buat (Ahmadi, 1988 : 20). Sekian perihal arti karangan (komposisi) yang dikemukakan Ahmadi (1990 : 1) bila karangan diambil kesimpulan sebagai rangkaian katakata atau kalimat.

Tidak cuma itu, karangan menurut Gie (1995 : 17) memiliki pengertian hasil perwujudan inspirasi seseorang dalam bhs tulis yang dapat dibaca dan dipahami oleh pembaca.

Sirait, dkk (1985 : 1) berikanlah batasan pengertian karangan yaitu setiap tulisan yang diorganisasikan yang mempunyai kandungan isi dan ditulis untuk satu maksud khusus biasanya berupa pekerjaan di kelas.

Widyamartaya (1990) mengemukakan bila mengarang dapat dipahami sebagai keseluruhnya rangkaian kesibukan seseorang dalam membuka inspirasi dan mengemukakannya melalui bhs tulis pada pembaca untuk dipahami dengan cocok seperti yang disebut dengan oleh pengarang.

Karangan yaitu satu proses bikin, mencatat, dan mengkomunikasikan arti dalam tataran ganda, berupa interaktif dan diarahkan untuk mencapai maksud khusus dengan menggunakan satu sistem tanda konvensional yang dapat dilihat. Karangan terdiri dari paragraf-paragraf yang mencerminkan kesatuan arti yang utuh.

Menurut Keraf (1994 : 2) karangan yakni bhs tulis yang disebut dengan rangkaian kata untuk kata sampai jadi 8 satu kalimat, paragraf, dan selanjutnya jadi satu wacana yang dibaca dan dipahami.

Bersumber pada pengertian di atas dapat di ambil rangkuman bila yang disebut juga karangan yakni hasil rangkaian kesibukan seseorang dalam membuka inspirasi atau buah fikirannya melalui bhs tulis yang dapat dibaca dan dipahami oleh orang lain yang membacanya.
 
Back
Top