Tips & Trik Belajar Desain Grafis

toprank

New member
http://www.tdc-indonesia.com/ - Bagi Anda yang memiliki ketertarikan untuk bisa memanipulasi foto, membuat karakter, menciptakan logo, poster, desain web atau berbagai produk gambar digital lainnya, Anda bisa mencoba mempelajari ilmu desain grafis. Idealnya, desain grafis memang dipelajari secara khusus di lembaga pendidikan formal, namun bukan berarti Anda tidak bisa mempelajarinya secara otodidak. Ada banyak media dan sumber belajar yang bisa didapatkan, baik melalui buku ataupun internet yang bisa membimbing Anda mendalami ilmu tersebut.

Sebagai pemula, langkah awal untuk mempelajari desain grafis adalah dengan mengenali software yang umum dipakai. Dengan begitu, Anda bisa menentukan jenis software yang menarik, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Langkah berikutnya, mulailah mempelajari cara mengoperasikan software pilihan tersebut dengan mengunduh berbagai tutorial yang ada di internet. Selanjutnya Anda bisa mulai bereksplorasi dan bereksperimen membuat gambar desain sesuai keinginan Anda.
Berikut ini adalah beberapa software desain grafis yang paling umum dipakai beserta tautan-tautan yang memuat tutorial untuk mengaplikasikan perangkat tersebut.

1. Adobe Photoshop
Software ini merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk memodifikasi atau mengolah gambar, seperti mengganti background, memanipulasi foto, membuat user interface, membuat rancangan desain web, dan masih banyak lagi. Fitur yang dimiliki Photoshop sangat lengkap sehingga memudahkan penggunanya menghasilkan rekayasa gambar atau foto yang berkualitas tinggi.

2. Adobe Illustrator
Software ini merupakan program pendamping dari Adobe Photoshop. Jika photoshop digunakan untuk memanipulasi foto digital realistis menjadi gaya ilustrasi komputer, Illustrator memberikan hasil dalam bentuk ilustrasi desain vektor, yaitu dengan menggunakan format file grafis berdasarkan ekspresi matematika yang terdiri dari titik (point), garis (line) dan bentuk (shape). Melalui desain vektor, Anda bisa membuat logo, karakter animasi, infografik, elemen pada halaman website kartu nama, brosur, poster, dsb.

3. Corel Draw

Corel Draw merupakan program aplikasi grafis berbasis vektor yang memungkinkan seseorang membuat sebuah karya seni profesional, mulai dari bentuk yang sederhana seperti gambar logo, hingga ilustrasi kompleks dengan pemrosesesan visual. Dibandingkan dengan adobe illustrator, Corel Draw relatif lebih ramah pengguna. Tampilannya lebih mudah dipelajari bagi pemula dan lebih andal dalam pengerjaan desain yang membutuhkan kepresisian.

Bukan hanya itu aja. Tips yang lain untuk mempermudah belajar design grafis menurut cara saya nih.

1. Kumpulkan dan fokuskan niat kalian dalam belajar desain grafis
Nah, ini langkah pertama. Kalo pengen nantinya jadi desainer grafis yang jago, udah pasti harus siap belajar terus-menerus dan mendedikasikan hidupnya untuk desain. Kumpulkan niat kalian dan yakinlah kalo dunia desain adalah betul-betul dunia yang pengen kalian jambangin. Setelah ini, kalian harus bertanggung jawab penuh terhadap diri kalian sendiri apakah bakalan tahan berada di dunia ini terus atau nantinya bakalan bosen dan kemudian ditinggalkan begitu aja. Ingat, niat itu penting.

2. Bersabarlah
Dalam dunia desain grafis, nggak ada yang namanya jago secara instan. Semuanya butuh perjuangan, butuh pengorbanan, dan butuh latihan secara terus-menerus. Jadi, pastikan kalian bersabar dalam membangun skill kalian kelak. Coba deh dilatih kesabarannya dan jangan gampang ngiri kalo ngeliat ada temen desainnya jago banget. Sesungguhnya mereka yang jago desain, artinya jam terbang mereka dalam melakukan itu udah cukup banyak. Tetep sabar dan terus latihan!

3. Cari software desain grafis yang menurut kalian paling mudah dioperasikan atau sedang populer digunakan para desainer.
Coba perdalam pengetahuan kalian soal software khusus desain ini. Ada dua perusahaan besar yang mendedikasikan produknya untuk desain. Misalnya Adobe dan Macromedia. Silakan gunakan mana yang menurut kalian paling seru untuk digunakan. Khusus Gue pribadi, Gue setia dalam menggunakan Macromedia Fireworks dan sedikit sentuhan dari Adobe Photoshop. Tentukanlah software kesukaan kalian dan jangan takut buat nyoba-nyoba semua tools yang ada di dalam software tersebut. Catatan penting, kalo kalian baru memulai desain, kalian harus fokus menggunakan satu software terlebih dahulu. Jangan sering mengganti-ganti software karena nanti kalian bakalan ngerasa bingung sendiri, akhirnya ngga ada satu pun software yang betul-betul kalian kuasain. Kalo udah merasa mampu dan luwes menggunakan software pilihan kalian tersebut, baru deh bisa jajal skill kalian dengan menggunakan software desain yang lainnya.

Singkirkan buku-buku tutorial tentang cara menggunakan software design grafis
Percaya atau nggak, yang namanya buku tutorial semacam Lebih efektif kalo kalian nyoba-nyoba sendiri tools yang ada di dalam suatu software daripada kalian baca cara kerjanya di buku. Semakin banyak error kalian temukan, semakin sering kesalahan kalian lakukan, maka bakalan semakin mengertilah kalian. Kenapa seorang programmer tingkat satu bisa bikin program yang keren? Karena mereka pakai cara coba-coba sendiri. Kalo mereka menggunakan buku tutorial, pastilah hasil yang didapatkan bakalan kaku dan nggak nunjukin identitas si pembuat. Semakin spontan kita membuat sesuatu, semakin berkarakter.
 
thankgoditsmonday.id creative digital advertising merupakan satu kesatuan bisnis yang makin marak dewasa ini; seiring dengan kemajuan dan penemuan-penemuan di bidang teknologi periklanan. Mengingat makin menjamurnya usaha-usaha di bidang branding, industri maupun pemasaran dan jasa, maka bukanlah hal yang tidak mungkin jika Anda dapat meraup keuntungan yang signifikan di bisnis ini.
 
Last edited:
menurut saya,untuk bidang desain grafis memang agak sulit kalau di awali dengan teori atau membaca buku tutorial. buat saya lebih baik langsung praktek dengan membuka apa jenis desaign apa yang ingin di pelajari, itu lebih efisien pastinya.
 
Last edited:
Yap! Pengalaman pribadi sih bisa corel dr awal gk prnh tau teorinya cm sering2 praktek nd bikin dari desain sederhana,
 
[ame]http://www.youtube.com/watch?v=6W4V5y-ne3I[/ame]

Saya punya channel khusus buat pemula desainer. Kita bisa belajar bareng.

Blog nya juga ada di ilmudesainvektor.blogspot.com
 
Back
Top