Pabrik Gula Madukismo, Wisata Industri Gula Jogja

SimplyLand

New member
Pabrik-Gula-Madukismo-Wisata-Industri-Gula-Jogja.jpg


Pabrik Gula Madukismo – Bila anda jalan-jalan ke jogja, jangan lupa untuk pergi ke Pabrik Gula Madukismo. Disana anda akan merasakan nuansa awal era industri. Bangunan yang memiliki halaman yang luas, serta mesin-mesin kuno yang beroperasi didalamnya. Dan terdapat pula rel-rel kereta yang menjadi jalan pengangkut tebu. Pabrik Gula Madukismo didirikan pada tahun 1955 pada awalnya bernama Pabrik Gula Padokan. Pada masa pejajahan Belanda pabrik ini hancur lebur dan selanjutnya dirintis kembali oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Selanjutnya didirikan kembali Pabrik Gula Padokan dengan nama Pabrik Gula Madukismo. Bila anda ingin berkunjung ke pabrik ini, pastikan anda mendaftar dulu sebagai peserta wisata jauh-jauh hari, karena wisata ini tidak dapat dinikmati setiap saat.

Setelah anda sampai, anda akan disambut di Gedung Madu Chandya yang terletak tidak jauh dari pabrik. Di gedung tersebut anda akan mendapat penjelasan mengenai proses pembuatan gula dan pembuatan spirtus dari hasil samping produksi gula. Anda tidak perlu merasa khawatir akan kebosanan, karena penjelasan akan dikemas secara audio visual sehingga akan lebih menarik untuk disaksikan.

Nah yang paling asyik ialah saat anda menuju kelokasi pabrik gula madukismo, karena anda akan menaiki kereta tua yang ditalik oleh lokomotif bermesin diesel buatan jerman. Saat diperjalan menuju pabrik, anda akan disuguhi pemandangan perkebunan tebu yang hijau yang ada didekat pabrik.

Jika anda aingin menyaksikan proses produksi gula, sebaiknya anda datang pada bulan mei hingga september. Adapun proses produksi gula mulai dari tahap pemerahan nira untuk mendapatkan sari gula, pemurnian nira dengan sulfitasi, penguapan nira, kristalisasi, puteran gula, dan pengemasan. Sembari melihat proses produksi gula, anda juga dapat melihat-lihat mesin-mesin tua yang sedang bekerja.

Tak jauh dari pabrik gula, anda akan menjumpai Pabrik Spirtus Madukismo yang terletak di sebelah barat pabrik gula. Sama halnya dengan pabrik gula, didalam pabrik spirtus anda akan melihat pengolahan spirtus yang meliputi tahap pengenceran bahan baku, peragian atau fermentasi dan penyulingan. Spiritus dan produk alkohol lainnya yang dihasilkan oleh pabrik ini diolah dari tetes tebu.

Pokoknya asik deh bila berwisata ke pabrik gula madukismo, selain untuk pembelajaran anak, bisa juga sebagai tempat wisata.

Guest House Indonesia / Guest House Jogja /Penginapan Murah Jogja / Pabrik Gula Madukismo, Wisata Industri Gula Jogja
 
Back
Top