Tiga Alasan Bisnis Kamu Harus Migrasi ke Cloud Computing

luckysucipto

New member
VIBICLOUD – Sejauh ini cloud computing sudah terbukti menawarkan banyak keuntungan seperti meningkatkan efisiensi dan efektivitas binis. Secara sederhana hal ini terlihat dari semakin banyaknya bisnis yang bermigrasi menggunakan teknologi ini. Walau begitu banyak perusahaan yang menahan diri untuk bermigrasi dan memanfaatkan cloud computing Indonesia karena merasa perusahaan atau bisnis mereka masih terlalu kecil sehingga migrasi tidak akan memberikan perubahan yang signifikan. Seandainya Anda termasuk salah seorang pebisnis yang berpikir seperti ini lebih baik kamu segera mengusir pikiran itu. Ini tiga alasan kenapa Anda seharusnya melakukan yang sebaliknya:
Week_30.jpg

Menekan biaya operasional. Jika Anda ingin melihat perubahan signifikan dengan migrasi menggunakan cloud computing hal pertama yang harus menjadi perhatian Anda adalah besaran biaya operasional. Dengan bermigrasi berarti Anda tidak membutuhkan hardware selengkap yang sekarang Anda gunakan. Selain itu Anda juga tidak lagi harus memperbarui software secara berkala seperti yang selam ini Anda lakukan. Hanya dengan dua hal ini bisnis Anda sudah menekan biaya operasional secara drastis karena ini merupakan salah satu pengeluaran terbesar dalam bisnis.

Kolaborasi yang lebih baik. Dalam bisnis kolaborasi merupakan segalanya. Tidak mungkin ada bisnis yang bisa berjalan dengan baik jika setiap departemen berjalan tana kolaborasi dan bantuan dari departemen lainnya. Cloud computing tidak hanya membuat bisnis Anda menghemat biaya tetapi juga meningkatkan kolaborasi baik antar departemen maupun antar karyawan. Hal ini dikarenakan cloud computing memungkinkan beberapa orang mengakses dokumen atau data secara bersamaan. Tidak hanya itu, cloud computing juga akan mengurangi kemungkinan data atau dokumen hilang karena semua tersimpan di satu tempat dan selalu ter-update secara real time.

Meningkatkan fleksibilitas. Dari sekian banyak keuntungan yang ditawarkan oleh cloud computing, salah satu yang paling menarik perhatian dan menjadi alasan perusahaan bermigrasi menggunakan cloud computing selain karena menekan biaya operasional juga karena teknologi ini akan meningkatkan fleksibilitas. Kita hidup di dunia yang mobile. Bagi beberapa bisnis kecil dan menengah atau start up memiliki kantor dan berbagai perlengkapan lainnya merupakan sesuatu hal yang mahal. Hal ini menciptakan kebiasaan baru yaitu bekerja dari mana dan kapan saja dengan menggunakan perangkat yang dimiliki. Cloud computing tentu memungkinkan terjadinya hal ini karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, data dan dokumen yang tersimpan di cloud computing dapat diakses dari mana dan kapan saja. Selain itu juga dapat diakses secara bersamaan dan setiap penggunakan akan mendapatkan data atau dokumen terbaru secara real-time.

Sumber
 
sebenernya basis cloud ini sudah dipelopori oleh apple gan, melalui icloud, maka dari itu orang as seneng banget pake apple, karena ketika semua device mereka menggunakan apple, akan saling terhubung antar device satu dengan yang lain, maka akan menjadi sangat efisien dalam menyimpan dan menyelesaikan pekerjaan,
 
Back
Top