Tiga Fungsi Utama VPN Pada Layanan Managed Service Provider Indonesia

raihankhalidah

New member
HYPERNET – Managed Service Provider memiliki infrastruktur IT yang dapat meningkatkan fungsi operasional sebuah perusahaan yang dikenal sebagai Virtual Private Network (VPN). Secara singkat, VPN merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan kantor pusat dengan kantor cabang sebuah perusahaan ataupun antara kantor dengan remote user yang disediakan oleh jasa Internet Provider Jakarta.
Week%2016_1.jpg

Cara kerja dari fitur virtual private network ini dengan memanfaatkan jaringan internet untuk beroperasi sebagai jaringan komunikasi maupun jaringan pertukaran data. Namun, data yang dikirimkan melalui VPN terenkripsi sehingga cukup aman dan rahasianya tetap terjaga meskipun dikirimkannya melalui jaringan internet. Maka dari itu, banyak perusahaan mempercayakan managed service provider Indonesia untuk mengaktifkan VPN dalam mengoptimalkan efisiensi operasional perusahaannya.
Kerahasiaan. Setiap data perusahaan tentunya tidak boleh sampai bocor ke ruang publik. Namun, aktivitas kerja saat ini yang mengandalkan internet untuk mengirim berbagai data tentunya akan mengancam keamanan terhadap pencurian informasi atau data. Maka dari itu, VPN yang menggunakan metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat berfungsi untuk mentransmisikan data dimana hanya dapat diakses oleh orang yang berhak saja. Jadi keamanan data akan cukup terjamin dari pencurian.
Keutuhan data. Tidak hanya menjaga kerahasiaan, juga menjaga keutuhan data. Ya, zaman sekarang ada banyak cara peretas untuk mencuri data. VPN mempunyai teknologi yang dapat menjaga keutuhan informasi atau data mulai dari data tersebut dikirimkan hingga data tersebut sampai pada tujuan. Sehingga, tidak akan ada data hilang, rusak atau bahkan dimanupulasi oleh pihak tidak bertanggung jawab.
Autentikasi sumber. VPN dibekali kemampuan untuk melakukan autentifikasi terhadap sumber dari pengiriman data yang akan diterimanya. VPN juga bisa melakukan pemeriksaan kepada data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya, dan alamat dari sumber data tersebut akan di setujui apabila proses autentifikasi berhasil. Dengan demikian, VPN akan menjamin semua data yang di kirimkan dan juga yang diterima berasal dari sumber yang memang benar-benar seharusnya, tidak ada informasi atau data yang dikirimkan oleh pihak lain dan data yang dipalsukan.
Source
 
Sangat bermafnaat tentunya untuk vpn yang sudah sering digunakan para pebisnis gan. Jadi silahkan untuk bisa dikondisikan agar tetap menjadi fasilitas yang berguna bagi para pebisnis.
 
Back
Top