Bung Karno, Pak Harto & SBY

Garuda

New member
Saya mau kasih komentar yang datangnya dari pikiran saya yang sederhana ini. Begini ceritanya...,

Adalah Alm. Bung Karno, Alm. Pak Harto, dan Pak SBY adalah tiga tokoh besar Indonesia yang sangat saya kagumi!
Why?? Because....

1. Bung Karno, tokoh proklamator dan Pahlawan Nasional yang punya andil besar terhadap Kemerdekaan Indonesia yang tercinta ini! Jasanya beliau cukup banyak....., Sayang....,lengsernya beliau akibat kondisi negara yang pada waktu itu sedang tidak stabil politik dan ekonomi. Sungguh disayangkan sekali....... Wafatnya beliaupun cukup tragis sebagai mantan orang nomor satu pertama di Indonesia ini. Sungguh memilukan hati....

2. Pak Harto, tokoh dan pahlawan pembangunan di era Orde Baru. Hmm....,memang sepertinya Pembangunan Indonesia terlihat nyata di Pulau Jawa, tapi bagaimana dengan daerah2 lain seperti Aceh dan sebahagian besar Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia bagian Timur seperti Papua??? Berapa perbandingannya dengan pembangunan di Pulau Jawa?? 1:10, 1:100, atau 1:1000?? (yang boleh jawab hanya orang yang hidup dan tinggal di luar Pulau Jawa!) Pertanyaannya, apakah Indonesia cuma Pulau Jawa saja?? Hmm...,by the way, pokoknya Pembangunan Indonesia telah berjalan 'cukup' di Era Pak Harto! Beliaupun tetap saya anggap sebagai orang yang telah berjasa besar bagi bangsa ini. Sayang.....,lengsernya beliaupun cukup tragis akibat kondisi negara yang pada waktu itu memang sedang tidak stabil politik dan ekonomi. Wafatnya beliaupun cukup 'tragis' tapi sekaligus 'cukup nikmat' juga sebagai mantan orang nomor satu Kedua di negara ini.

3. Pak SBY, tokoh dan pahlawan atau....?!? Hmm...,sepertinya beliau benar2 sedang terjepit oleh dua tokoh besar bangsa ini. Tapi, bukankah beliau saat ini sedang menjabat sebagai orang nomor satu keenam di negara Indonesia ini? Tentunya beliau memiliki kekuatan atau 'power' yang absolut pada bangsa ini seperti yang telah ditunjukkan oleh kedua seniornya tersebut?? Kenapa tidak ditiru saja atau diikuti saja jejak para 'successor'nya itu?? Yach..., mungkin ibarat pepatah 'maju kena mundur kena', kondisi ini pula yang mungkin sedang dialami Pak SBY saat ini. Kondisi bangsa Indonesia yang sekarang ini 'sedang menuju' ketidakstabilan politik dan ekonomi (seperti yang terlihat di pasar-pasar tradisional dan media massa)sepertinya telah berlangsung cukup lama....., Pertanyaannya adalah (mungkin sebuah pertanyaan bodoh saja dari sebuah pemikiran yang sederhana ini), apakah 'lengsernya' beliau, nantinya akan disebabkan oleh kondisi bangsa ini atau hal itu disebabkan oleh ketidakmampuan beliau untuk belajar dari kedigdayaan para 'sesepuhnya'?? Hmm...,bagaimanapun juga beliau masih punya cukup waktu (walaupun tidak banyak)untuk menunjukkan 'siapa dirinya' (orang nomor satu...?!?)dan beliau patut untuk terus didukung (dan diingatkan...?!?) untuk menjadi seorang 'bapak' yang baik dan bertanggung jawab bagi bangsa ini. Bukan begitu saudara.....???
Semoga saja.....................

NB:
4. Bung...., bagaimana dengan mantan orang nomor satu yang lain seperti Mbak Mega, Gus Dur dan Habibie...???
Hmmm......menurut saya (cuma pendapat yang sederhana ini saja, dan saya tidak bermaksud yang tidak baik lho), mereka ibarat makanan camilan yang dinikmati pada waktu malam hari menjelang tidur sembari menonton tayangan realita show di televisi.
Tapi bagaimanapun juga, tetap cukup layak untuk dinikmati oleh bangsa ini, tetapi tidak cukup untuk mengenyangkan isi perut....hanya nikmat sesaat saja...hehehe.., bukan begitu saudara....???


Jayalah Terus Indonesiaku!!!!
 
Saya setuju dengan pendapat saudara, saya memang orang awam tapi say merasakan apa yang rakyat lain rasakan. Megawati memang cukup berprestasi saat jabatannya menjadi orang no.1 di indonesia, namun sayang seribu sayang semua Prestasi itu sepertinya sirna ibarat pasir yang tertip angin. Dan dua kader yang lainnya sebenarnya sangat Dikagumi atas pemikirannya, Entahlah Apakah Indonesia akan maju seperti impian-impian pemimpin sebelumnya.
 
Back
Top