Cara Menghilangkan Goresan Pada Jaket Kulit

renata80

New member
Banyak sekali hal-hal yang dapat membuat jaket kulit kesayangan menjadi rusak, entah karena kurang terawat atau cara pemakaiannya yang kurang hati-hati.

334bdcba865c0dd78971831557b1f979.jpg


Jaket kulit yang sering dikenakan untuk beraktifitas sehari-hari, tentu berpotensi mengalami masalah, misalnya jaket kulit menjadi robek, kotor, tergores dan sebagainya. Jika masalahnya hanya terkena kotoran yang menempel mungkin tinggal dilap atau dicuci saja jaket kulit sudah bersih kembali. Akan tetapi berbeda jika jaket kulit terkena goresan, karena goresan-goresan tersebut bisa berupa goresan paku, goresan spidol, pensil warna dan lainnya.

Sebelum memutuskan untuk menghilangkan goresan sebaiknya harus mengetahui goresan seperti apa, apakah ringan atau berat?

Terdapat 2 jenis masalah goresan, yakni goresan noda dan goresan luka pada jaket kulit.

1. Goresan karena noda.

Goresan yang menempel pada jaket kulit bisa dihilangkan dengan mencucinya, jika hanya sebatas goresan pensil warna atau spidol bisa menggunakan lap yang dibasahi kemudian usap kepermukaan yang tergores secara perlahan sampai benar-benar hilang.
Jika goresan noda tersebut sulit dihilangkan maka untuk mengatasinya tidak cukup hanya dilap dengan air bersih saja. Sebaiknya gunakanlah pelembab yang ringan kemudian gosok dengan spon basah sampai benar-benar hilang. Jangan pernah menghilangkannya dengan menggunakan alcohol karena tipe jaket kulit berbesa-beda dan bisa menyebabkan jaket kulit semakin rusak parah.

2. Goresan yang meninggalkan bekas luka/kerusakan.

Jika goresan yang terdapat pada jaket kulit sampai merusak tekstur bahan seperti akbat goresan paku, maka lihat terlebih dahulu apakah lukanya dalam dan parah. Jika masalahnya ringan, cukup gunakan semir khusus kulit untuk menutup bagian yang tergores, namun jika masalahnya cukup berat maka cara mengatasinya ialah dengan menjahitnya pada bagian yang tergores atau menambalnya dengan bordiran atau ditambal dari dalam dengan bahan kulit dan warna yang sama.

Demikianlah tips mudah cara menghilangkan goresan pada jaket kulit. Semoga bermanfaat :)
 
Back
Top