3 Parts Penting untuk Motor Trail

sintar

New member
Bagi para penyuka dunia adventure, bermain off road dengan menaiki motor trail adalah kegiatan yang wajib dilakukan. Pasalnya, mengendarai motor trail dapat memacu adrenalin karena cukup berbahaya bagi yang belum terbiasa.

Karena medan yang diterjang adalah alam liar, maka berbagai risiko seperti terlempar, terperosok dalam semak-semak, atau bahkan terlindas pun mungkin saja terjadi. Maka dari itu, motor trail biasanya dilengkapi dengan beragam komponen atau parts yang penting untuk melindungi pengendara dan motor itu sendiri. Apa saja?

Skid plate
Skid plate adalah plat yang berfungsi untuk melindungi mesin dari benturan, baik itu saat terbentur batu maupun ketika motor masuk ke kubangan dalam. Beberapa motor trail sudah dilengkapi skid plate standar dari pabriknya. Namun ada juga motor trail yang belum dilengkapi skid plate.

Headlight
Headlight ini berguna sebagai penerangan saat bermain off road di malam hari. Ada beberapa motor yang sudah dilengkapi headlight dari pabriknya. Sedangkan untuk motor yang tidak dilengkapi headlight, biasanya adalah tipe motor off road kompetisi atau cross country.

Handguard
Handguard memiliki fungsi untuk melindungi tangan dari sabetan ranting atau semak-semak. Selain itu, handguard juga dapat melindungi tuas kopling dan rem dari risiko patah. Sama seperti skid plate dan headlight, handguard biasanya sudah terpasang pada motor trail. Tetapi untuk beberapa motor, handguard dijual secara terpisah. Biasanya harga jual handguard motor berkisar antara 1-2 jutaan untuk yang kualitasnya bagus.
 
Back
Top