Dangdut – Bentuk Hiburan Rakyat Indonesia

steven12345

New member
Dangdut sudah sangat akrab di kalangan masyarakat Indonesia secara umum. Kebanyakan orang menganggap dangdut sebagai musiknya masyarakat kelas menengah ke bawah. Namun sebenarnya dangdut semakin banyak digemari oleh masyarakat dengan lagu-lagu populer seperti Bang Thoyib, Kopi Dangdut, Rembulan Malam, dll.

Dangdut sebagai hiburan rakyat universal

Dari awal sebenarnya dangdut diciptakan untuk semua kelas atau kalangan masyarakat. Tetapi selanjutnya musik ini justru lebih dekat dan populer di kalangan masyarakat kelas bawah. Dangdut disukai karena musiknya yang ringan dan dengan lirik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Bila dulu musik dangdut hanya dianggap sebagai musik pinggiran, sekarang musik dangdut justru semakin melejit dan tampil di berbagai acara televisi swasta. Musiknya yang fleksibel dan bisa mendapatkan pengaruh genre musik lain membuat dangdut semakin menjadi sarana hiburan rakyat yang universal.

Dangdut sebagai sarana untuk cepat terkenal

Di zaman sekarang dangdut muncul dengan nuansa yang berbeda lewat dangdut koplo. Perkembangan musik ini kemudian juga diikuti dengan fenomena goyangan dangdut. Dan yang paling terkenal adalah Inul Daratista dengan goyangan ngebornya. Meski sempat menjadi kontroversi dan terjadi perseteruan dengan Rhoma Irama gara-gara goyangannya yang dianggap terlalu vulgar tapi nyatanya Inul justru makin terkenal. Kepopuleran Inul ini kemudian diikuti dengan semakin banyaknya bermunculan penyanyi-penyanyi dangdut lainnya dengan goyangan khas mereka. Ada Dewi Persik dengan goyangan gergaji, Uut Permatasari dengan goyang ngecor, dan masih banyak lagi yang lain. Sama halnya dengan Inul para penyanyi dangdut ini juga cepat naik daun.
 
Dangdut is the music of My Country.
Saya suka musik dangdut, tapi kalau sudah dicampur dengan goyang-goyang yang keliatan erotis, itulah yang membuat nilainya turun.
 
Back
Top