4 Hal Umum Yang Paling Sering Membuat Kompresor Menjadi Rusak

Hartech

New member
ry%3D400


Untuk menjaga sebuah mesin kompresor agar tetap awet dan terhindar dari kerusakan, tentunya dibutuhkan perawatan yang intens dalam kurun waktu tertentu. Namun sayangnya, seiring waktu penggunaannya ada banyak hal-hal yang luput dari pengawasan petugas ataupun operator mesin kompresor yang dapat membuat kompresor menjadi rusak. Apa sajakah hal tersebut? berikut rangkumannya.

1. Kelebihan Beban
Hal pertama yang sering luput dari pengawasan operator kompresor adalah terjadinya kelebihan beban. Kelebihan beban biasanya terjadi akibat adanya kapasitas gas yang terlalu banyak untuk dipompa oleh kompresor. Pada akhirnya, kompresor pun tak mampu untuk melakukan pemompaan lagi dan berdampak pada berhentinya putaran rotor dan terbakarnya kumparan yang dapat membuat kompresor menjadi tidak bisa digunakan lagi.

2. Kekurangan/ Kehabisan Oli
Biasanya, kekurangan ataupun kehabisan oli terjadi akibat adanya kebocoran dari sistem refrigeran yang membuat oli mengalir keluar dari sistem refrigeran. Dengan tidak adanya oli tersebut, mesin akan berputar tanpa menggunakan pelumas, yang membuat mesin menjadi sangat panas dan bahkan dapat mengakibatkan terbakarnya kumparan.

3. Salah melakukan pengisian refrigeran dan oli

Sebuah kompresor tentunya memiliki rancangan dan skema tersendiri dalam menyalurkan udara bertekanan. Tak hanya itu, penggunaan oli serta refrigeran pun tidak bisa sembarangan bila tanpa ketentuan tambahan. Bila pengisian secara sembarangan ini terjadi, maka secara perlahan berbagai macam komponen yang ada pada kompresor pun akan mengalami kerusakan akibat ketidakcocokan dan pengisian yang tidak memenuhi prosedur serta ketentuan.

4. Aus dan berkarat akibat usia

Tak hanya mesin kompresor udara, tapi setiap mesin yang sudah dipakai dan digunakan selama 5 hingga 10 tahun tentunya akan mengalami keausan dan karatan akibat usia tersebut. Hal ini merupakan hal yang paling wajar diantara hal lainnya yang dapat membuat sebuah mesin kompresor menjadi rusak. Jika sudah begini, tentu saja jawabannya adalah dengan cari kompresor angin baru yang memiliki potensi untuk bekerja secara maksimal hingga 5-10 tahun kedepan lagi.

Tak perlu bingung mencari mesin kompresor baru yang dapat bertahan hingga usia pemakaian mencapai 10 tahun tersebut, karena di Polapetro, cari kompresor angin bisa menjadi lebih mudah. Polapetro menyediakan kompresor udara berkualitas dari berbagai merk dunia yang sudah tentu memiliki kualitas terbaik untuk menunjang bisnis yang Anda jalankan.

Untuk informasi selengkapnya dan pemesanan, silahkan langsung kunjungi www.polapetro.co.id, sekarang juga!
 
Last edited:
Back
Top