Wisata alam Bandung

wismacibanteng

New member
Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang mulai mendapatkan perhatian nasional berkat taman kota dan trotoar indahnya.

Selain kotanya, Bandung sendiri memiliki 7 wisata alam di Bandung yang menawarkan berbagai fasilitas, mulai dari wahana permainan hingga wisata edukasi.

Artikel ini akan membahas mengenai ketujuh wisata alam ini, mulai dari fasilitas yang ditawarkan hingga harga tiket masuk yang harus Anda bayar.

#1 Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman ini merupakan sebuah taman hutan yang cukup luas, luasnya hampir mencapai 600 hektar, membentang mulai dari Dago Pakar sampai dengan Maribaya Lembang.

Taman yang sangat luas ini mempunyai beberapa gerbang masuk, tetapi gerbang masuk yang paling mudah diakses adalah gerbang dari arah Dago Pakar.

Selain objek wisata penangkaran rusa tutul, di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda ini memiliki banyak objek wisata lainnya.

Yang pertama adalah Gua Jepang dan Gua Belanda. Masing-masing merupakan peninggalan masa penjajahan yang mana Gua Jepang dibangun pada tahun 1942 dan Gua Belanda dibangun pada tahun 1918.

#2 Tebing Keraton

Sebuah tempat yang tentunya tidak asing bagi para wisatawan yang update dengan sosial media yang bahkan dinamakan ‘Tebing Instagram’.

Tebing Keraton adalah sebuah tebing dengan ketinggian 1.200 meter di atas permukaan yang mana dari tempat ini, Anda dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa indah.

#3 Kebun Binatang

Kebun Binatang Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang selalu ramai pengunjung. Kebun Binatang yang dulunya dinamakan Bandung Zoological Park ini telah berdiri dari tahun 1930.

Luas keseluruhan area kebun binatang ini adalah 13,6 hektar dengan total 213 jenis fauna di mana 134 merupakan satwa tidak dilindungi dan 79 di antaranya merupakan satwa yang dilindungi.

Kebun binatang ini terletak berdampingan dengan Sungai Cikapundung dan kampus ITB (Institut Teknologi Bandung).

#4 Hutan Kota Babakan Siliwangi

Babakan Siliwangi atau yang sering disebut dengan nama baksil adalah sebuah taman kota yang dapat menjadi alternatif hiburan alam di Bandung yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda (dahulu dikenal dengan nama Lebak Gede).

Luas area Babakan Siliwangi adalah sekitar 3,8 hektar dan area ini merupakan bentukan alam dari Sungai Cikapundung.

Setelah melalui proses yang panjang dan rumit, akhirnya pada tanggal 27 September 2011, PBB menyatakan bahwa Babakan Siliwangi merupakan salah satu hutan kota dunia dan dua tahun setelahnya, tempat ini resmi dikelola oleh pemerintahan Bandung dan masyarakat bebas mengunjungi tempat ini.

#5 Arung Jeram Cikapundung

Difasilitasi oleh aliran Sungai Cikapundung yang deras, Anda akan diajak untuk menikmati wisata alam di sepanjang Sungai Cikapundung sembari melakukan olahraga rafting atau arung jeram.

Bagi Anda yang menyukai tantangan, Anda dapat bermain river board, sebuah papan yang didesain untuk perorangan yang terbuat dari karet di mana Anda akan mengapung di atas papan karet tersebut dan mengikuti arus sungai.

#6 Kampung Batu

Di dalam Kampung Batu, Anda akan menemukan berbagai wisata mulai dari wisata bermain yang menantang adrenalin hingga aktivitas seru yang mendekatkan Anda dengan alam dan memperkenalkan Anda dengan budaya Sunda.

Di dalam Kampung Batu ini, terdapat 30 ekor Rusa Totol beserta hewan kecil lainnya seperti kelinci dan marmut yang dapat Anda lihat.

Aktivitas outbound seperti flying fox, loop bridge atau panjat dinding dapat Anda temukan di dalam tempat wisata yang satu ini.

Baca Selengkapnya : Wisata Bandung
 
Back
Top