Ilustrasi Thermometer dan Thermostat (Mempengaruhi / Dipengaruhi)

gracedepth

New member
http://www.gracedepth.com/ilustrasi-thermometer-dan-thermostat-mempengaruhi-dipengaruhi/

Hal yang paling menyakitkan untuk saya adalah ketika saya harus melihat teman saya berubah ke arah yang lebih buruk. Saya tidak suka ketika melihat teman saya menjadi kecanduan rokok, saya tidak suka ketika melihat teman saya menjadi seorang alkoholik, dan saya tidak suka ketika melihat teman saya berhenti ke gereja. Setelah saya amati, perubahan ke arah yang buruk ini seringkali tidak terjadi dengan spontan, ada sesuatu yang menyebabkan perubahan-perubahan ini. Dan penyebabnya seringkali adalah: Lingkungan pergaulan yang salah.

“Walk with the wise and become wise, for a companion of fools suffers harm” (Proverbs 13:20).

Raja Salomo mengatakan bahwa pergaulan yang benar akan membawa kita ke arah yang benar, sedangkan pergaulan yang buruk akan membawa kita ke arah yang buruk. Saya yakin kebanyakan dari kita setuju dengan perkataan ini, saya pun sangat setuju. Tetapi, Tuhan Yesus juga ada mengatakan: “Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga (Matius 5:14-16).

Tuhan Yesus mengingatkan kita untuk tidak menjauhi orang-orang yang masih dikuasai dosa, melainkan seharusnya kita menjadi terang bagi orang-orang itu dan menunjukkan kepada mereka bahwa hidup di dalam kasih Yesus jauh lebih baik dibandingkan hidup di dalam dosa.

Jadi Salomo mengingatkan kita bahwa akan ada bahaya dari bergaul dengan orang-orang yang mencintai dosa, tetapi Tuhan Yesus menambahkan bahwa tugas kita bukanlah untuk menjauhi tempat bahaya tersebut, melainkan mengubah tempat bahaya tersebut menjadi tempat yang memuliakan nama-Nya.



Pendeta Juan Mogi pernah mengatakan: “Kita dapat memilih, mau menjadi Thermometer atau Thermostat?”

Apa bedanya Thermometer dengan Thermostat?

Thermometer dipengaruhi oleh suhu sekitarnya, sedangkan Thermostat mempengaruhi suhu sekitarnya.

Di dalam hidup ini kamu memiliki pilihan: untuk dipengaruhi oleh dunia ke arah yang buruk, atau mempengaruhi dunia ke arah yang baik.

Ketika teman-teman saya ditawarkan rokok, saya juga ditawarkan rokok. Ketika teman-teman saya diajak untuk mabuk-mabukan, saya juga diajak untuk mabuk-mabukan. Ketika teman-teman saya didorong untuk berhenti ke gereja, saya juga didorong untuk berhenti gereja. Namun yang membedakan adalah: Saya tidak mau dipengaruhi oleh ajakan-ajakan yang buruk, justru saya ingin mengubah mereka ke dalam ajaran-ajaran yang benar. Saya hidup dengan sebuah misi, dan misi itu diberikan oleh Tuhan pencipta alam semesta ini. Tuhan Yesus sudah memberikan diriNya untuk menyelamatkan diriku, maka itu aku akan menggunakan nyawaku untuk memuliakan namaNya dan untuk memenangkan jiwa-jiwa kepadaNya.

Teman-teman, renungkanlah Firman Tuhan setiap hari agar kamu kuat dan tidak menjadi sebuah thermometer yang dipengaruhi oleh dunia. Marilah kita menjadi Thermostat dan menjadi sumber perubahan baik bagi orang-orang di sekitar kita.

Kamulah Terang dan Garam dunia!

Add line atau instagram kami untuk mendapatkan notifikasi update renungan terbaru dari website kami.
Official Line: @pkx3578b (pakai @)
Instagram: @gracedepth
Instagram penulis: @revyhalim

Semoga renungan-renungan kami bisa menjadi berkat.God Bless! :D
 
Back
Top