Jenaka Forex

img611650e3ac194.jpg


Beijing akan mengambil tindakan untuk mengendalikan perusahaan teknologi miliarder

Bursa saham Hong Kong berada dalam kekacauan setelah tindakan keras baru-baru ini dari Beijing. Pihak berwenang China menyerang perusahaan mereka sendiri dan juga memutuskan untuk menghukum Hong Kong karena protes massal terhadap serangkaian inisiatif legislatif. Statistik menunjukkan bahwa pada awal semester kedua tahun ini ruang lingkup penawaran umum perdana (IPO) di bursa saham di Hong Kong berkurang tajam. Analis mengaitkan ini dengan awal tindakan keras Beijing terhadap perusahaan teknologinya. Tindakan pemerintah menyebabkan turunnya IPO. Bagian utama IPO di Bursa Efek Hong Kong adalah milik perusahaan China. Misalnya, dalam enam bulan pertama tahun 2021, mereka menyumbang lebih dari $18 miliar, yaitu 13,4 miliar lebih banyak daripada periode yang sama tahun lalu. Pada paruh kedua tahun ini, situasinya berubah secara dramatis. Penawaran saham sekunder senilai $7 miliar dari China Tourism Group Duty Free seharusnya menjadi salah satu peristiwa penting, tetapi sekarang masa depannya diragukan. Analis dan bankir berhati-hati dalam berinvestasi di perusahaan China karena takut akan konsekuensi negatif. Tindakan keras ini juga memaksa ByteDance, pemilik jejaring sosial TikTok, untuk menunda IPO-nya tanpa batas waktu. Pada bulan Juli, Beijing mempresentasikan rancangan undang-undang yang menurutnya perusahaan dengan database pribadi lebih dari 1 juta orang wajib mendapatkan persetujuan dari pihak berwenang untuk memasuki bursa saham di negara lain. Pemerintah China khawatir bahwa pihak ketiga dari negara lain mungkin mendapatkan data pribadi pengguna. Pakar independen mengumumkan keputusan untuk menjadi pabrik miliarder dunia bergidik. Cina'

Diterbitkan 13 Agustus 2021
© InstaFintech Group
 
img611f548649f83.jpg


CEO Renault mengatakan pembuat mobil kembali dari neraka
Perusahaan mobil Renault tiba-tiba kembali ke jalurnya. CEO perusahaan, Luca de Meo, mengatakan bahwa Renault telah 'kembali dari neraka'. Laporan keuangan untuk enam bulan pertama tahun ini menunjukkan bahwa laba perusahaan meningkat secara signifikan.

Laba bersih untuk semester pertama tahun ini mencapai $368 juta, sementara selama periode yang sama tahun lalu, kerugian tercatat sebesar €7,4 miliar. Selama periode pelaporan, 1,42 juta mobil terjual. Pertumbuhan penjualan 19% lebih tinggi dari tahun 2020, tetapi hampir seperempat lebih rendah dibandingkan periode pra-pandemi yang sama di tahun 2019. Menilai hasil sementara, de Meo menyatakan bahwa yang terburuk telah berakhir dan perusahaan mulai menghasilkan lagi. Dia yakin pertumbuhan laba akan stabil meski terjadi kelangkaan chip dan kenaikan harga komoditas. Beberapa orang melihat hubungan langsung antara kesuksesan perusahaan dan pekerjaan Luca de Meo, yang mengambil alih sebagai kepala Renault pada Juli 2020. Sebelumnya, ia adalah anggota Dewan Pengawas Ducati dan Lamborghini, Ketua Dewan Direksi Grup Volkswagen di Italia, dan memegang posisi kunci di Toyota, Fiat, Volkswagen, dan Audi. Salah satu langkah terpenting de Meo adalah keputusan untuk memasuki pasar Cina. Renault tidak diwakili di Cina. Ini, menurut kepala baru, perusahaan menyerah pada saingan seperti Volkswagen dan Stellantis.

Tahun lalu, Renault mengumumkan rencana untuk mengurangi 15.000 pekerja di seluruh dunia dan mengurangi kapasitas produksi sebesar 20% untuk memangkas biaya sebesar €2 miliar. Hampir sepertiga karyawan di Prancis akan kehilangan pekerjaan. Kerugian perusahaan pada tahun 2020 berjumlah €8 miliar.

Diterbitkan 20 Agustus 2021
© InstaFintech Group
 
img6124c28ee2d38.jpg


Tindakan keras pendidikan China memicu kenaikan biaya guru privat
Menurut Bloomberg, tindakan keras China terhadap bimbingan belajar mengakibatkan kenaikan biaya yang cepat.

Pertama, otoritas Cina bermaksud untuk menyamakan orang kaya dan orang miskin. Saat ini, hanya orang tua kaya di China yang dapat membayar kelas individu untuk anak-anak mereka.

Sejumlah sekolah Cina telah melarang les privat, serta pelajaran di akhir pekan. Bimbingan online di China sedang menghadapi masa-masa sulit. Selain itu, organisasi komersial tidak diperbolehkan untuk menyediakan layanan tersebut.

Situasi ini telah menyebabkan peningkatan permintaan untuk guru yang bekerja di rumah. Misalnya, di Shanghai, tarif tutor telah melonjak menjadi 3.000 yuan ($463) per jam. Di Beijing, beberapa guru dapat memperoleh sekitar 500 yuan ($ 77) untuk satu jam les di rumah, dan 7.000 yuan ($ 1.100) selama sebulan. Penghasilan tutor sama dengan guru di sekolah umum.

Menurut analis, tindakan keras lebih lanjut pada masalah ini akan menyebabkan kenaikan biaya layanan tersebut. Pada saat yang sama, tutor wiraswasta berisiko terkena denda berat. Pertengahan bulan ini, Komisi Pendidikan Kota Beijing mendenda enam institusi pendidikan dan satu guru privat untuk kegiatan pendidikan ilegal.

Permintaan akan layanan bimbingan belajar saat ini sedang meningkat. Hugo Guo, seorang spesialis dari Shanghai, berpikir bahwa langkah-langkah baru pemerintah akan menyebabkan peningkatan pengeluaran untuk pendidikan di luar sekolah. Layanan ini banyak diminati. Selain itu, di bawah sistem pendaftaran di lembaga pendidikan tinggi saat ini, tidak ada yang dapat melakukannya tanpa tutor.

Inovasi terkait penumpasan di bidang pendidikan online telah berimbas pada sejumlah perusahaan China. Saham sebagian besar dari mereka telah jatuh. Dengan demikian perusahaan telah kehilangan miliaran dolar. Misalnya, perusahaan ByteDance, pemilik jejaring sosial TikTok dan sejumlah layanan populer, memecat beberapa ratus karyawan yang terlibat dalam pendidikan online. Setelah langkah-langkah baru diperkenalkan, banyak aplikasi pendidikan ditutup, sementara yang lain mengubah bidang kegiatan mereka.

Diterbitkan 24 Agustus 2021
© InstaFintech Group
 
img612cbd23369ca.jpg


Biden mendesak produsen minyak utama untuk meningkatkan produksi
Di Rusia, yang merupakan pemimpin dunia dalam cadangan minyak, harga bensin tidak tergantung pada harga minyak dan terus meningkat. Namun, Presiden AS Joe Biden tidak setuju dengan hal ini. Dia yakin penurunan harga minyak akan menyebabkan penurunan harga bensin. Dari perspektif ini, Presiden AS mengimbau eksportir terkemuka dunia untuk berhenti memotong produksi minyak. Dia yakin bahwa ini akan membantu membuat bensin lebih murah dan mempercepat pemulihan ekonomi global. “Itu bukan yang Anda harapkan di pasar yang kompetitif. Kami juga mengambil tindakan untuk mengatasi harga gas. Saat ini, harga gas lebih rendah daripada awal dekade ini. Tetapi mereka masih cukup tinggi untuk membuat keluarga pekerja terjepit, ”kata Biden. Presiden mencatat bahwa AS akan memantau pasar bensin dan menangani setiap perilaku ilegal yang mungkin berkontribusi terhadap kenaikan harga bagi konsumen di SPBU. Dia juga menambahkan bahwa dia tidak akan menaikkan pajak untuk jenis bahan bakar ini.

Diterbitkan 30 Agustus 2021
© InstaFintech Group
 
img612f3f2c7966d.jpg


Token Penggemar PSG melonjak saat Leo Messi bergabung dengan Paris SG
Lionel Messi, pemain sepak bola legendaris di zaman kita, baru-baru ini bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG) Prancis. Ini adalah peristiwa bersejarah bagi klub, serta untuk cryptocurrency-nya, PSG Fan Token. Rumor tentang penandatanganan Messi dengan Paris SG sudah cukup untuk membuat harga token menjadi dua kali lipat. Di tengah laporan bahwa pemain Argentina itu menuju ke klub Paris, token meroket menjadi $55 dari $26 dalam beberapa hari. Belakangan, tersiar kabar bahwa Leo Messi akan menerima sebagian dari bonus penandatanganannya ke PSG dalam bentuk token penggemar klub. Menurut Chief Partnerships Officer PSG Marc Armstrong, klub telah mampu "terlibat dengan audiens global baru, menciptakan aliran pendapatan digital yang signifikan."

Paris Saint-Germain mendaftarkan tokennya di platform blockchain Socios pada awal 2020. Pembelian PSG Fan Tokens memungkinkan penggemar untuk terlibat dalam keputusan seputar klub, serta menerima berbagai bonus, penawaran eksklusif, dan hadiah. Khususnya, Barcelona menempatkan 40 juta token di Socios. Platform ini juga digunakan oleh klub sepak bola populer lainnya, termasuk Milan, Juventus, Roma, Atlético Madrid, Galatasaray, dan Manchester City.

Diterbitkan 01 September 2021
© InstaFintech Group
 
img613ae6f5caae4.jpg


Pengambilalihan Taliban akan berdampak pada dolar AS?
Peristiwa terkini di Afghanistan dapat menimbulkan ancaman bagi dolar AS. Ketua ekonom di Goldman Sachs dan mantan menteri keuangan Inggris Jim O'Neill berfikir bahwa pengambil alihan Taliban atas Afghanistan dapat menghancurkan dominasi mata uang AS. Membahas mengenai pengaruh "faktor Afghan" terhadap kepemimpinan greenback, ekonom memcatat bahwa peristiwa saat ini di Timur Tengah telah mengurangi stabilitas dan supremasi dari mata uang paling populer di dunia itu. Dengan menggambar analogi dengan masa lalu, Jim O'Neil kembali mengingat bahwa "Greenback melewati kejatuhan Saigon pada tahun 1975 dan bencana di Irak setelah invasi AS pada tahun 2003.” Saat itu, negara yang memiliki cukup kekuatan untuk mempengaruhi sistem moneter global, seperti Jepang, Jerman, dan China, membuat keputusan secara sadar untuk tidak mengizinkan mata uang mereka mengapung secara bebas terhadap dolar. Faktor lain yang membebani USD adalah penurunan dalam waktu lama dan suntikan dana tunai besar-besaran pada perekonomian AS yang diberikan oleh Fed selama pandemi. Menurut Jim O'Neill, kencendrungan dari pertumbuhan ekonomi yang kuat secara bertahap bergeser menuju Asia, dengan China yang menjadi pemimpin disini. Ia menambahkan bahwa "IMF akan bekerja pada tinjauan lima tahun yang diamanatkan tentang komposisi dan penilaian kelompok SDR." Kenaikan dalam saham yang dialokasikan pada yuan akan dianggap sebagai tanda bahwa sistem mata uang dunia dengan lambat namun tidak diragukan berubah. Namun, lawannya yakin bahwa satu-satunya resiko yang dihadapi AS setelah kegagalannya di Afghanistan terkait dengan imej global negara daripada dengan ancaman ekonomi. Oleh karena itu, situasi ini tidak mungkin akan memiliki pengaruh signifikan pada dolar AS.

Diumumkan 10 September 2021
© InstaFintech Group
 
img6142f99bc3491.jpg


Warren Buffett Alihkan Fokus ke Ekonomi Baru
Investor legendaris dan pendiri Berkshire Hathaway, Warren Buffett, yang baru saja berusia 91 tahun, dilaporkan akan mengubah strategi keuangannya dan fokus pada industri teknologi tinggi.

Beralih dari strategi investasi tradisional menjadi keputusan sulit bagi Buffett. Namun, raja bisnis tersebut berharap diuntungkan dari ekonomi yang digerakkan oleh teknologi dan ingin memulai kiprahnya di industri lain. 'Oracle of Omaha' terbuka untuk investasi baru dan siap untuk memperluas portofolio ekuitasnya yang berisi saham perusahaan kereta api, asuransi, produk rumah tangga, dan ritel terkemuka.

Menurut InsiderScore, eksposur Berkshire terhadap saham teknologi telah meningkat menjadi 45% berkat porsi saham besar-besaran di Apple. Buffett berinvestasi di raksasa teknologi tersebut pada 2016. Tahun ini, saham Apple telah memberinya pendapatan sebesar $120 miliar.

“Portofolio investasi bergeser cukup signifikan. Sekarang ini benar-benar diarahkan ke ekonomi baru," kata James Shanahan, analis Berkshire di Edward Jones.

Warren Buffett telah banyak berinvestasi di beberapa perusahaan Teknologi Besar. Ia terutama fokus pada perusahaan pasar negara berkembang. Pada tahun 2018, Berkshire berinvestasi di Stone Co., sebuah perusahaan fintech Brasil. Saat ini, kepemilikan dana di perusahaan ini melebihi $700 juta. Sebelumnya, Berkshire Hathaway berinvestasi di Paytm, perusahaan sistem pembayaran digital terbesar di India. Pada tahun 2020, Buffett membeli saham Snowflake Inc, sebuah startup Amerika, senilai $250 juta.

Perubahan tersebut juga memengaruhi saham tradisional yang merupakan bagian dari portofolio ekuitas Buffett. Berkshire belum lama ini keluar dari beberapa saham keuangan besarnya, seperti JPMorgan Chase & Co, Wells Fargo, dan PNC Financial Services Group Inc. Investor legendaris ini masih memiliki saham besar di American Express dan Bank of America.

Diumumkan 16 September 2021
© InstaFintech Group
 
img614dbf61383c0.jpg


Pemberdayaan perempuan Tiongkok untuk mendorong ledakan konsumsi
Menurut UBS Global Research, wanita China akan menjadi pendorong utama lonjakan belanja konsumen senilai $5,3 triliun di negara itu dalam dekade berikutnya. Pertumbuhan konsumsi akan mencapai 80% difasilitasi oleh lonjakan pendapatan perempuan.

"Kami memperkirakan wanita China memiliki dampak paling besar pada pertumbuhan konsumsi China. Kami berharap efek dari kemajuan signifikan dalam pendidikan wanita China dalam 20 tahun terakhir terwujud, meningkatkan status sosial mereka, terutama status mereka di tempat kerja."

Memang, selama beberapa tahun terakhir, peran wanita dalam masyarakat Cina modern telah diperluas. Lebih banyak wanita yang kuliah dan kemudian melamar pekerjaan dengan bayaran tinggi. Inilah sebabnya mengapa pendapatan mereka meningkat secara signifikan. "Meningkatkan keuangan untuk wanita di China seiring dengan meningkatnya pangsa rumah tangga satu orang juga dapat mengubah struktur konsumsi di negara itu, dengan lebih banyak pengeluaran di sektor-sektor seperti hewan peliharaan, makanan sehat, dan bir daripada sektor konsumen tradisional lainnya", Christine Peng, kepala sektor konsumen China Raya di UBS Global Research, menunjukkan.

Lonjakan konsumsi rumah tangga yang diharapkan berarti bahwa pada tahun 2030, Cina akan menyediakan sekitar 27% dari pertumbuhan konsumsi global, sedangkan di Amerika Serikat, angka tersebut hanya akan mencapai 19%.

Namun, tingkat pendidikan yang lebih tinggi juga dapat mempengaruhi pertumbuhan konsumsi secara negatif karena perempuan lebih suka menginvestasikan sebagian besar uang mereka daripada membelanjakannya untuk produk seperti kosmetik, pakaian, dll, para analis memperingatkan.

Diterbitkan 24 September 2021
© InstaFintech Group
 
img6156bd8713d78.jpg


UE akan berinvestasi miliaran dana untuk teknologi digital
Berita bahwa UE tiba-tiba mengubah pendiriannya terhadap cryptocurrency menjadi kejutan bagi para investor. Uni Eropa akan menginvestasikan sekitar seperlima dari dana pemulihan pandemi €750 miliar di kawasan itu untuk teknologi digital. Presiden Komisi Uni Eropa, Ursula von der Leyen, mengumumkan rencana ini ketika berpidato di Parlemen Eropa. Menurut pernyataannya, para pejabat UE berencana untuk meluncurkan proyek bernilai miliaran Euro dengan fokus pada Blockchain (ledger terdistribusi untuk mencatat transaksi kripto), infrastruktur data, dan komputasi berkinerja tinggi. Namun, Komisi Eropa tidak mengungkapkan berapa banyak yang akan dihabiskan untuk setiap bidang teknologi. Presiden Komisi Uni Eropa menjelaskan bahwa inisiatif ini adalah bagian dari rencana skala besar untuk mendorong blok tersebut menuju pengembangan teknologi canggih dan manufaktur semikonduktor. Sektor ini mungkin bahkan lebih penting untuk kawasan ini daripada Blockchain karena kurangnya semikonduktor global di tengah pandemi virus Corona telah mempengaruhi beberapa industri di seluruh dunia dan memaksa produsen mobil untuk menurunkan produksi. Komisi UE juga ingin mengarahkan pendanaan di bidang-bidang seperti komunikasi 5G, inovasi digital, dan komunikasi kuantum yang aman (jaringan komunikasi yang menggunakan hukum mekanika kuantum untuk melindungi data yang ditransmisikan). Ini adalah petunjuk bagus bagi investor tentang sektor-sektor yang menjanjikan. Terlebih lagi, UE berencana untuk mendukung pengembangan keterampilan digital masyarakat di tengah kemajuan teknologi yang pesat.

Diumumkan 01 October 2021
© InstaFintech Group
 
img615fd939edd78.jpg


Saham Robinhood naik di tengah uji crypto wallet
Saat ini, tekanan dari regulator keuangan di pasar mata uang virtual meningkat secara signifikan di AS. Masyarakat juga prihatin dengan masalah ini. Baru-baru ini, sekelompok advokat investor telah memberi tahu Komisi Sekuritas dan Bursa bahwa banyak proyek cryptocurrency melanggar aturan perlindungan investor dan harus mendapatkan pengawasan lebih. Mengingat keadaan ini, hanya yang paling berani yang meluncurkan crypto start-up.

Robinhood sedang menguji cryptocurrency wallet dan fitur aplikasi. Layanan baru ini akan memudahkan pelanggan untuk mengirim dan menerima mata uang digital seperti Bitcoin. Dengan crypto wallet, konsumen akan dapat menggunakan mata uang virtual tanpa harus mengubahnya menjadi uang kertas. Selain itu juga akan menyediakan satu tempat bagi pelanggan untuk menyimpan semua mata uang virtual mereka, dilindungi oleh kunci pribadi. Robinhood juga yakin akan keamanan transfer, dengan menyatakan bahwa crypto wallet-nya memiliki fitur "verifikasi identitas, otentikasi multi-faktor, dan verifikasi email dan telepon untuk menjaga koin tetap aman dari peretasan dan ancaman lainnya."

Saham Robinhood naik 2,1% menjadi $41,54 karena laporan media tentang pengujian cryptocurrency wallet perusahaan. Hingga saat ini, saham tersebut telah naik 7,41% sejak penawaran umum perdana. Namun, ide Robinhood bukanlah hal baru. Banyak bursa telah menawarkan crypto wallet mereka sendiri.

Diumumkan 08 October 2021
© InstaFintech Group
 
img6166dee695852.jpg


Pemadaman enam jam Facebook menyebabkan dampak finansial yang signifikan
Facebook menghadapi konsekuensi dari gangguan pada situs webnya. Penutupan situs web memicu penurunan saham perusahaan dan sekarang Facebook bersiap untuk lebih banyak biaya tambahan.

Pengiklan secara bertahap pulih dari kegagalan dan mulai membuat klaim ke Facebook, menuntut kompensasi atas kerugian finansial. Para ahli mengatakan bahwa jaringan sosial sedang mempersiapkan biaya tambahan yang cukup besar mengingat jumlah kontrak iklan. Wakil presiden analitik Forrester, Mike Proulx, memperkirakan Facebook akan membutuhkan waktu lama untuk menutupi semua pengeluaran ekstra setelah pemadaman global enam jam di beberapa situs web. Menurut ahli, pengiklan dapat mengajukan keluhan kepada perusahaan karena hilangnya keuntungan. Khususnya, dilihat dari pendapatan kuartalan perusahaan, penutupan platform Facebook, Instagram, dan WhatsApp pada 4 Oktober menelan biaya hampir $100 juta.

Penutupan tersebut merusak lebih dari 10 juta merek dan perusahaan yang menggunakan Facebook sebagai platform iklan. "Pengiklan harus mengharapkan dan menuntut 'membuat barang' dari Facebook," kata Proulx. Kompensasi tersebut dapat berupa iklan gratis di situs web atau sumber daya terkait lainnya, tambah pakar tersebut.

Facebook hanya bereaksi dengan posting blog yang menyatakan bahwa "iklan tidak ditayangkan selama sistem offline, dan pengiklan tidak dan tidak akan ditagih untuk iklan selama pemadaman."

Diterbitkan 13 Oktober 2021
© InstaFintech Group
 
img616fa3aebb6fa.jpg


Eropa menemukan cara untuk mengurangi krisis energi
Krisis energi di Eropa tidak surut. Untuk alasan ini, negara-negara UE sedang mencari manfaat dari pembelian gas bersama.
Komisi Eropa mati-matian mencari jalan keluar untuk menurunkan harga gas yang melonjak. Saat ini, sedang mempertimbangkan kemungkinan manfaat dari negara-negara anggota untuk bersama-sama membeli cadangan strategis gas dan penyimpanan lebih lanjut. Langkah ini seharusnya membantu pemerintah menstabilkan harga energi, mencegah lonjakan harga, dan juga bertahan di musim dingin mendatang.
Proyek Uni Eropa yang baru ditujukan untuk mengatasi beberapa masalah sekaligus, misalnya pemotongan pajak, bantuan keuangan untuk rumah tangga yang lebih miskin, dan sejumlah perusahaan di berbagai sektor. Komisi Eropa berharap dengan mengadopsi inisiatif baru ini, akan dapat menurunkan harga energi pada April 2022. Namun, mereka akan secara signifikan melebihi harga rata-rata tahun-tahun sebelumnya.
Selain itu, Komisi Eropa mendorong negara-negara anggota UE untuk secara aktif beralih ke sumber energi terbarukan. Pergeseran bertahap ke energi yang lebih hijau akan memastikan bahwa blok tersebut tidak akan menghadapi guncangan harga energi yang sama di masa depan. Para menteri energi dari negara-negara Uni Eropa akan mengadakan pertemuan mendesak di Brussel untuk membahas lonjakan harga pada 21 dan 22 Oktober. "Satu-satunya cara untuk sepenuhnya memisahkan gas dari listrik adalah tidak lagi menggunakannya untuk menghasilkan listrik. Tujuannya, untuk mengganti bahan bakar fosil dengan energi terbarukan," kata kepala kebijakan energi UE Kadri Simson.
Khususnya, gagasan untuk membuat satu platform untuk pembelian gas alam untuk semua negara UE telah dikemukakan lebih dari sekali. Sebelumnya, usulan serupa juga dilakukan oleh negara-negara Eropa Timur, misalnya pemerintah Polandia. Namun, proposal ini tidak mendapat dukungan ramah di banyak negara Eropa. Simson mengatakan bahwa sangat sulit untuk menerapkan ide ini karena keuntungan yang jelas diabaikan sampai saat ini.
Biaya gas dan listrik sebelum musim pemanasan naik ke tingkat tertinggi yang pernah ada. Pada 6 Oktober, gas diperkirakan mencapai $1.924 per seribu meter kubik. Perusahaan industri terpaksa mengurangi volume produksi. Tagihan listrik warga yang setinggi langit juga meningkatkan alarm.
Terlepas dari kenyataan bahwa Rusia tetap pada kewajiban kontrak jangka panjangnya, Uni Eropa menyerukan lebih banyak pasokan gas. Pada 7 Oktober, Presiden Vladimir Putin menyarankan negaranya dapat menjual lebih banyak gas ke UE melalui Ukraina. Setelah pernyataan ini, gas berjangka jatuh ke $1.000 per seribu meter kubik. Pada periode 11-17 Oktober, gas berjangka dievaluasi pada $1.028 per seribu meter kubik.

Diterbitkan 20 Oktober 2021
© InstaFintech Group
 
img617bf492656d2.jpg


Vancouver Utara menjadi kota pertama di dunia yang dipanaskan melalui penambangan BTC
Ketika beberapa negara lebih memilih untuk menindak penambangan kripto, Kanada membuat keputusan untuk memanfaatkan aktivitas ini. Sebagai percobaan, perusahaan lokal sekarang bersiap untuk memanfaatkan listrik yang dihasilkan oleh penambangan bitcoin untuk memanaskan seluruh kota.

Rumah penduduk Vancouver Utara akan menjadi yang pertama dipanaskan dari penambangan BTC. Penambang cryptocurrency Cleantech MintGreen bergabung dengan perusahaan utilitas energi kota untuk memanaskan lebih dari 100 rumah dan kantor menggunakan energi rendah karbon yang inovatif. Siaran pers bersama diterbitkan di situs resmi MintGreen. Lonsdale Energy Corporation (LEC), perusahaan utilitas energi lokal, telah secara aktif berusaha untuk mendekarbonisasi operasinya dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan sekarang beralih ke sumber energi terbarukan dan bersih, meninggalkan penggunaan gas alam. Itulah sebabnya tim manajemennya dengan senang hati setuju untuk berpartisipasi dalam eksperimen ini.

MintGreen mematenkan apa yang disebut "boiler digital". Mereka memulihkan 96% daya listrik yang digunakan untuk menambang cryptocurrency unggulan. Peralatan khusus mengubah energi ini menjadi panas yang dapat disuplai ke rumah penduduk dan bangunan industri. “Penambang mata uang kripto beroperasi dengan kapasitas penuh 365 hari setahun, yang menciptakan peluang unik untuk menyediakan beban dasar pemanas yang andal dan bersih untuk sistem energi distrik Vancouver Utara,” MintGreen mencatat.

Diterbitkan 29 Oktober 2021
© InstaFintech Group
 
img6184dedeaa4ae.jpg


AS dan UE sepakat untuk berkompromi terkait tarif baja dan aluminium
Amerika Serikat dan Uni Eropatelah sepakat untuk mengakhiri perselisihan tarif baja dan aluminium yang diberlakukan oleh mantan Presiden Donald Trump pada tahun 2018. Konflik itu diselesaikan karena upaya kepala negara saat ini. Dengan demikian, kesepakatan tentang masalah penting seperti itu membantu menghilangkan sumber gesekan di antara para pihak. Berita itu secara resmi dikonfirmasi oleh Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan, Perwakilan Dagang AS Katherine Tai, dan Menteri Perdagangan Gina Raimondo. Menurut aturan baru, tarif yang diperkenalkan sebelumnya tidak akan dihapuskan seluruhnya, tetapi sejumlah baja dan aluminium Eropa akan diimpor ke Amerika Serikat tanpa bea masuk.

Perselisihan meletus antara sekutu lama karena Donald Trump. Selama konflik, Washington dan Brussel saling mengenakan bea atas impor produk. Pada Oktober 2020, Uni Eropa memukul barang-barang Amerika senilai $4 miliar dengan tarif. Sementara itu, Amerika Serikat diberi wewenang untuk mengenakan tarif senilai $7,5 miliar dari ekspor UE pada 2019. Rencana AS dan UE untuk menyelesaikan sengketa perdagangan diketahui pada Mei.

Diumumkan 05 November 2021
© InstaFintech Group
 
img618a87215f0c1.jpg


Elon Musk akan menjual saham Tesla untuk mengakhiri kelaparan dunia

Pendiri SpaceX dan CEO Tesla Elon Musk mengumumkan bahwa ia akan menjual sebagian kepemilikannya di perusahaan mobil listrik tersebut.

Alasan keputusan tersebut adalah pernyataan David Beasley, direktur Program Pangan Dunia (WFP) PBB. Dia mengatakan bahwa sekelompok kecil individu yang sangat kaya dapat membantu mengatasi kelaparan dunia dan mengatasi akibatnya hanya dengan sebagian kecil dari kekayaan bersih mereka.

Kepala Program Pangan Dunia PBB meminta Elon Musk dan pendiri Amazon Jeff Bezos untuk menyumbangkan $6 miliar untuk mencegah 42 juta orang mati kelaparan. Menurut Bloomberg, kekayaan bersih CEO Tesla diperkirakan mencapai $300 miliar. Ini berarti Beasley meminta sumbangan hanya 2% dari kekayaan pengusaha.

Menanggapi ini, Musk meminta Beasley untuk menjelaskan bagaimana $6 miliar dapat memperbaiki masalah. "Jika WFP dapat menjelaskan di utas Twitter ini dengan tepat bagaimana $6 miliar akan mengatasi kelaparan dunia, saya akan menjual saham Tesla sekarang," tweetnya. Namun, dalam tweet lanjutan, Musk menambahkan bahwa rencana PBB harus mencakup "akuntansi open source, sehingga publik melihat dengan tepat bagaimana uang itu dibelanjakan."

Menariknya, Elon Musk menduduki puncak peringkat orang terkaya dunia tahun ini. Sebelumnya, pengusaha itu mengumumkan niatnya untuk menyingkirkan sebagian hartanya di Bumi untuk berinvestasi dalam membangun kota pertama di Mars.

Diterbitkan 09 November 2021
© InstaFintech Group
 
img61979698460d8.jpg

UE dapat melarang penambangan kripto
Mengikuti jejak China, Uni Eropa sedang mempertimbangkan larangan penambangan kripto. Khususnya, Otoritas Pengawas Keuangan Swedia (FSA) dan Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) membuat proposal untuk melarang pencetakan koin bukti kerja. Para pejabat Swedia menekankan bahwa pertambangan menghambat kawasan itu untuk mencapai netralitas iklim yang dinyatakan dalam Perjanjian Paris.

Direktur Jenderal Otoritas Pengawas Keuangan dan Badan Perlindungan Lingkungan Swedia, Erik Thedéen dan Björn Risinger, baru-baru ini meminta UE untuk sepenuhnya melarang penambangan cryptocurrency menggunakan algoritma Proof-of-Work (PoW). Penambangan merusak lingkungan tidak kurang dari ekstraksi mineral, mereka menekankan. "Kesimpulan kami adalah bahwa langkah-langkah kebijakan diperlukan untuk mengatasi bahaya yang disebabkan oleh metode penambangan bukti kerja. Penting bahwa Swedia dan UE dapat menggunakan energi terbarukan kami di mana energi tersebut memberikan manfaat terbesar bagi masyarakat secara keseluruhan. " Proof-of-work adalah algoritma berbasis blockchain yang mengamankan banyak cryptocurrency dengan memverifikasi keaslian dan transparansi transaksi crypto. Namun, teknologi ini membutuhkan konsumsi daya yang ekstrim. Sebagai contoh, penambangan harian 900 bitcoin menyebabkan emisi hingga 120 juta ton karbon dioksida ke atmosfer per tahun. Penambangan Bitcoin dan Ethereum membutuhkan sekitar dua kali lebih banyak listrik per tahun dari pasokan seluruh Swedia.

Thedéen dan Risinger percaya bahwa sangat penting untuk mencegah pengembangan fasilitas baru yang menggunakan metode penambangan koin yang intensif energi serta pembukaan perusahaan pertambangan baru di Swedia. Mereka juga mendesak pihak berwenang untuk memperkenalkan pembatasan baru bagi perusahaan yang berdagang atau berinvestasi dalam cryptocurrency berbasis PoW. Pejabat mencatat bahwa perusahaan tersebut harus dilarang menggambarkan kegiatan mereka sebagai ramah lingkungan atau berkelanjutan. Saat ini, PoS digunakan untuk menambang cryptocurrency paling populer - Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Dogecoin, dll. Pengembang Ethereum telah mengumumkan rencana untuk beralih dari PoW ke mekanisme lain - Proof-of-Stake, yang tidak memerlukan penambangan.

Diterbitkan 19 November 2021
© InstaFintech Group
 
img61a0b3b8db8c6.jpg


General Electric akan dipecah menjadi tiga perusahaan
General Electric, raksasa industri AS, mengumumkan bahwa perusahaan bermaksud untuk membagi menjadi tiga unit terpisah yang berfokus pada penerbangan, perawatan kesehatan, dan energi.

Saham perusahaan belum menunjukkan pertumbuhan yang signifikan selama beberapa tahun terakhir meskipun tidak ada krisis yang menindaknya. General Electric telah menjadi pemimpin pasar berdasarkan kapitalisasi pasar di sektor industri sejak awal abad ke-21. Namun, setelah menghadapi krisis, tidak bisa naik kembali ke peringkat teratas. Pada tahun 2018, saham perusahaan keluar dari indeks industri Dow Jones, di mana GE telah diposisikan di antara perusahaan terkemuka sejak 1896. Tata kelola GE memutuskan untuk memisahkan perusahaan menjadi tiga perusahaan yang bekerja secara independen di sektor produksi mereka. Langkah ini bertujuan untuk memulihkan perusahaan setelah melihat sahamnya berkinerja buruk.

“Dengan menciptakan tiga perusahaan publik global terkemuka di industri, masing-masing dapat memperoleh manfaat dari fokus yang lebih besar, alokasi modal yang disesuaikan, dan fleksibilitas strategis untuk mendorong pertumbuhan dan nilai jangka panjang bagi pelanggan, investor, dan karyawan. Kami menempatkan keahlian teknologi, kepemimpinan, dan jangkauan global kami untuk bekerja lebih baik dalam melayani pelanggan kami, ”kata CEO General Electric Lawrence Culp.

Pasar menyatakan reaksi beragam setelah rilis berita. Pakar Wall Street mengangkat kekhawatiran tentang rencana tersebut di tengah perusahaan yang diganggu oleh utang besar. Menurut manajemen General Electric, struktur modal perusahaan baru akan diumumkan kemudian. Perusahaan mengatakan akan "menggunakan hasil dari penjualan unit pembiayaan penerbangan baru-baru ini untuk membayar utang."

Diterbitkan 26 November 2021
© InstaFintech Group
 
img61a9207c9f9c4.jpg


Lira Turki Merosot ke Rekor Terendah
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, adalah perwujudan kepercayaan tertinggi pada apa yang dianggapnya benar. Meskipun mata uang nasional mencatat rekor penurunan, kepala negara ini yakin dengan keputusannya, serta mengumumkan penurunan suku bunga baru.

Erdogan mengakhiri pidato terbarunya kepada Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa di Parlemen dengan kata-kata: "Saya tidak pernah menganjurkan dan tidak akan menganjurkan kenaikan suku bunga". Presiden puas dengan kebijakan moneter, yang ia terapkan sendiri atau, pada upaya terakhir, yang melibatkan beberapa kerabatnya. Regulator keuangan independen tidak umum di Turki. Menurut Erdogan, suku bunga tinggi menjadi masalah utama dan pihak berwenang harus menyelesaikannya. Yang benar, tindakan pemerintah menjadi penyebab utama tingginya inflasi, yang menimbulkan penderitaan pada penduduk. Presiden terus menolak menaikkan suku bunga selama menjabat.

Erdogan memiliki keyakinan penuh bahwa suku bunga tinggi memperumit pinjaman ke ekonomi sehingga snagat menghambat pertumbuhan ekonomi dan menyebabkan inflasi. Pakar independen telah lama menyatakan bahwa bank sentral Turki praktis kehilangan independensinya, dan lira tidak memiliki peluang untuk pulih. Mata uang ini akan terus turun dan mencatat posisi terendah baru sepanjang masa. Bulan ini, lira Turki kehilangan 14% dan jatuh sepertiga dari nilainya selama tahun ini.

Diumumkan 03 December 2021
© InstaFintech Group
 
Ada begitu banyak yang harus diperhatikan di dalam bisnis forex trading ini, jadi sebagai trader memang harus banyak persiapan dan juga pelatihan yang rutin. Ini dilakukan agar trader semakin paham akan cara kerjanya dan juga semakin lebih matang kemampuan trading yang dimiliki. Dengan begitu di real akun dengan menggunakan modal kecil bisa menghasilkan keuntungan bersama broker FirewoodFX.
 
Back
Top