Tips Memilih Cincin Pernikahan

Nawwis_Jewellry

New member
INGIN MEMILIH CINCIN UNTUK PERNIKAHAN DENGAN PASANGAN ANDA?
SIMAK TIPS BERIKUT UNTUK MEMILIH CINCIN PERNIKAHAN.



Memilih cincin untuk pernikahan sangat penting, dari segi model, bahan dan harga.

1. Persempit pilihan Anda
Buatlah daftar pertanyaan untuk Anda dan pasangan mengenai cincin nikah sebelum melihat-lihat koleksi yang tersedia. Anda dapat memulai dengan pertanyaan seperti jenis logam yang diinginkan, model yang sederhana, unik atau mewah, hingga apakah Anda berdua menginginkan ornamen seperti berlian atau batu permata pada bagian rangka cincin. Daftar pertanyaan seperti ini akan membantu Anda dan Si Dia mengeliminasi dan mengerucutkan pilihan.


2. Pertimbangkan untuk membeli cincin tunangan dan cincin nikah sekaligus
Jika Anda sudah memiliki cincin pertunangan, cara ini tidak berlaku. Akan tetapi, mengetahui model cincin yang cocok degan cincin pertunangan Anda, akan sangat membantu dalam membuat keputusan. Contohnya, sebuah cincin tunangan dengan berlian berbentuk pear yang unik harus dipadukan dengan model cincin nikah yang sederhana dan tidak heboh. Misalnya, memadukan cincin tunangan solitaire dengan cincin kawin bertahta berlian-berlian kecil.


3. Mulai pencarian anda lebih awal
Ketika Anda sudah memiliki ide dasar mengenai pilihan cincin nikah, saatnya mencoba meluangkan waktu paling tidak dua atau tiga bulan sebelum tanggal pernikahan Anda untuk mencari, membandingkan harga dan melihat kembali koleksi cincin yang menarik perhatian Anda dan pasangan. Terlebih jika Anda ingin mendesain sendiri cincin nikah, atau menambahkan ukiran. Biasanya hal ini akan memakan waktu sampai satu bulan atau lebih.


4. Mix It Up!
Anda dan pasangan mungkin memiliki pilihan logam berbeda untuk rangka cincin nikah kalian. Jangan khawatir akan perbedaan tersebut. Sebaliknya, hal ini dapat membantu membuat cincin terasa lebih personal. Anda dapat meminta contoh koleksi cincin nikah yang menggabungkan dua jenis logam berbeda, contohnya cincin braided bands dari emas putih dengan aksen emas kuning. Atau, Anda dan Si Dia dapat mengenakan cincin nikah dengan jenis logam yang berbeda sesuai selera tapi dengan mencari aspek yang serasi antara satu sama lain, seperti menambahkan ukiran yang sama atau klop satu dengan yang lain.


5. Tentukan budget Anda
Siapkan 3% dari budget pernikahan sebagai budget cincin pernikahan Anda dan Si Dia. Bandingkan harga rangka cincin simpel dan harga cincin yang sudah diberi detail tertentu. Memodifikasi cincin sesuai dengan selera, seperti menambah ukiran atau memasang berlian, tentu akan memakan biaya lebih banyak.


6. Ingat gaya hidup Anda
Hindari membuang-buang uang Anda untuk membeli cincin nikah yang cantik, berharga mahal tapi tidak nyaman dikenakan atau harus sering dilepas karena tuntutan aktivitas. Ingat satu hal penting ini: Anda akan memakai cincin tersebut setiap hari, jadi pilihlah cincin nikah yang dengan dapat menjadi bagian dari gaya hidup Anda. Anda dan pasangan dapat memilih model cincin yang biasa disebut comfort fit yang ramping dengan sisi-sisi yang membulat. Cincin dengan jenis logam solid tanpa hiasan batu permata atau pahatan rumit akan nyaman dipakai ketika mengerjakan sesuatu yang selalu menggunakan tangan seperti memasak. Sementara jenis logam platinum cocok untuk yang beraktivitas super aktif karena daya tahannya, terutama dari goresan.


7. Jangan terburu-buru ketika memilih
Mungkin Anda tertarik dan ingin membeli tipe cincin braided rose gold ring atau diamond eternity band, tapi ada baiknya ketika melihat-lihat cincin dengan model lainnya. Berbicaralah dengan pakar perhiasan dan biarkan mereka memberikan saran sesuai dengan kesukaan Anda. Ingat juga bahwa kenyamanan adalah hal yang penting. Cobalah mengenakan cincin selama beberapa saat, lalu gunakan untuk menulis atau mengetik sebagai tes kenyamanan.


8. Berpikir jangka panjang
Selain trendi, Anda perlu memastikan bahwa cincin nikah pilihan Anda dapat dipakai hingga berpuluh-puluh tahun kemudian, tetap nyaman dan sesuai untuk segala jenis kegiatan, baik itu pertemuan, kegiatan sosial dan lain-lain. Namun, jangan terlalu pusing karena Anda selalu memiliki waktu untuk meng-upgrade cincin pernikahan tersebut kemudian.


9. Perhitungkan masalah perawatan
Memperhitungkan masalah perawatan perhiasaan sangat penting. Terlebih cincin pernikahan adalah cincin yang akan dikenakan setiap hari. Pilih model dan jenis logam dengan cara perawatan sehari-hari yang mudah dilakukan sendiri seperti cincin emas.


10. Tentukan ukuran dengan tepat
Pemakaian cincin nikah cenderung terus-menerus; dari musim satu ke musim yang lain, pada masa kehamilan, saat bekerja, saat suhu tubuh sedang panas, dingin dan saat berkeringat. Pilih waktu final fitting ketika Anda dalam keadaan tenang dan suhu tubuh normal. Ini berarti Anda tidak dapat melakukannya di pagi hari, atau setelah berolahraga dan saat suhu tubuh sedang panas atau kedinginan.


11. Periksa kualitas
Pemeriksaan kualitas tidak hanya berlaku untuk cincin kawin tapi juga seluruh jenis cincin. Pastikan cincin yang Anda pilih memiliki minimal dua tanda di bagian dalam: tanda pembuat cincin dan tanda kualitas seperti PLAT atau 24 K.

Baca Juga:

Tips memilih cincin halal

Harga Cincin Palladium Murah
 
Last edited:
Thanks infonya.. memang untuk acara pernikahan benar2 harus direncanakan ya dari A sampai Z bahkan kalau perlu se detail2nya.. dan jangan sampai acara pernikahan jadi kurang sempurna hanya karena masalah cincin yang ukurannya tidak pas.
 
Cincin dipandang sebagai simbol pernikahan yang paling universal di seluruh dunia. Beberapa negara di dunia memiliki tradisi yang berbeda dalam hal penggunaan cincin perrnikahan ini.
 
Back
Top