Resep Cara Membuat Es Kepal Yang Lagi Viral

jejesos

New member
Cara Membuat Es Kepal Milo

Es kepal merupakan salah satu minuman dingin yang sedang hits saat ini. Sekilas minuman ini memiliki tampilan sederhana. Namun, jangan terkejut saat Anda mencobanya. Lelehan cokelat yang menyatu dengan es serut mampu menghipnotis Anda. Hal itu menjadikan banyak para pedagang yang memanfaatkan situasi ini.


ic12unamrqnwf4teltoz.jpg



Es kepal sendiri berasal dari negeri Jiran, Malaysia pada 2017 akhir. Kepopulerannya di Malaysia dikenali dari pasangan suami istri Saed Lamin dan Shariah Hashim selama tiga tahun. Di Indonesia sendiri, es kepal mulai populer di daerah Yogyakarta melalui pasangan Danang Arryo Dempo Wiguno dan Rara.


Awalnya jajanan ini hanya menarik perhatian anak-anak sekitar. Namun, melalui promosi salah satu food blogger di Yogyakarta, nama es kepal semakin merajai jajanan kuliner di berbagai jejaring media sosial. Hanya butuh waktu satu bulan terhitung dari Maret, jajanan ini disambut hangat para pebisnis rumahan.

Keunikan Es Kepal
  • Asal nama es kepal
Nama “kepal” dari jajanan ini memang menarik perhatian. Kepal memang bukan berarti bentuknya menyerupai kepalan. Es kepal disediakan dengan ukuran sekepal tangan. Meskipun terdengar sederhana, melalui rasanya yang unik es kepal mampu menarik perhatian publik.


30592215_181455742500153_6703610321673650176_n.jpg



Mendengar istilah kepalan tangan memang bersifat umum. Anak yang memiliki tangan kecil pun juga sudah bisa mengepal. Namun, jangan khawatir es kepal ini memiliki ukuran umum dari tangan orang dewasa, sehinggga Anda akan puas menikmati sajiannya.

  • Manis alami
Es kepal terkenal menggunakan salah satu produk susu bubuk, yaitu Milo. Bagi Anda yang menyukai cokelat mungkin akan sangat beruntung mengonsumsi es kepal ini. Pasalnya, es kepal ini memiliki bahan utama cokelat mulai dari, susu bubuk, krimmer kental manis, atau cokelat bubuk. Perpaduan cokelat tersebut akan membuat rasa manis bercampur menjadi satu.


Perpaduan bahan dasar cokelat tersebut menyajikan rasa manis yang alami. Banyak para pedagang biasanya memanfaatkan pemanis buatan atau menggunakan gula yang dicairkan. Namun, khusus es kepal ini Anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsinya karena berasal dari berbagai bahan cokelat.

  • Campuran es serut
Keunikan ini juga yang menjadi pelengkap segarnya es kepal dinikmati di siang hari. Pada umumnya minuman dingin berasal dari es batu atau disimpan di dalam kulkas. Namun, es kepal lebih memilih penyajiannya dengan es serut. Es serut ini juga meringankan Anda untuk pengonsumsian karena memiliki tekstur yang lebih halus dan mudah untuk dicerna.


Sebelumnya, minuman lainnya yang sempat tenar menggunakan es serut adalah es cendol. Selain itu, penggunaan sirup yang ditumpahkan ke atas es serut juga sempat menarik perhatian publik. Biasanya sajian tersebut dihidangkan saat bulan puasa atau di berbagai restoran dalam waktu kapan pun.

  • Bonus topping
Meskipun memiliki nama yang unik, rasanya tidak akan lengkap bukan jika tidak membuat tampilan menarik? Berbagai pilihan topping bisa Anda pilih untuk mempercantik tampilan es kepal. Topping yang bisa Anda gunakan seperti kacang, meses, remahan biskuit, dan lain-lain.

Penjual Es Kepal Jakarta-Bekasi
Mendapatkan es kepal ini mungkin akan sedikit sulit karena persediannya masih langka. Namun, bagi Anda yang beruntung beberapa titik di daerah ini sudah menjual es kepal lho. Kira-kira ada yang di dekat rumah Anda tidak yaa?

Ice Kepal Milo Warakas
Bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah Jakarta Utara, akan sangat beruntung karena es kepal sudah tersedia. Ice Kepal Milo Warakas ini berada di Jalann Warakas VI Nomor 153, RT1/RW3, Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Es kepal ini dijual dengan harga Rp7.000. Jika Anda ingin menambah topping harga es kepal mulai dari Rp12.000.

Es Kepal Milo Viral
Sesuai dengan namanya, es kepal ini sudah viral di kalangan remaja. Apalagi tempatnya strategis dan daerah lokasi ini sering dijadikan tempat berkumpul. Di mana lagi kalau bukan di Tebet. Tepatnya di Jalan Rasamala Raya, Tebet, Jakarta Selatan. Es kepal dengan ukuran reguler dijual dengan harga Rp12.000, sedangkan spesial Rp20.000. Anda juga bisa memanfaatkan jasa driver daring daripada mengantre panjang.

Es Kepal Milo Pekat
Berikutnya keberuntungan ada di warga Bekasi. Es Kapal Milo Pekat ini dapat Anda jumpai dekat Stasiun Kereta Api Bekasi dan Mall Sumarecon. Posisi kedai tepatnya ada di Jalan Pintu Air Nomor 8, Marga Mulya, Bekasi Utara. So, untuk masyarakat Bekasi mengobati teriknya matahari bisa Anda manfaatkan bersama es kepal milo pekat.

Fat Milo
Fat milo memiliki berlokasi di Jakarta Timur. Fat Milo sudah memiliki tiga cabang yang tersebar, yaitu di Toserba Berkah Kayu, Toserba Berkah Rawamangun, dan Toserba Berkah Pulo Asem. Sama seperti dengan es kepal lainnya, Fat Milo dijual dengan harga standar, yaitu Rp12.000.

Es Kepal Milo Om Bewok
Es Kepal Milo Om Bewok berada di Jalan Garuda Nomor 74 Kemayoran mulai pukul 17.00 hingga 23.00 WIB. Kedai es kepal ini menyediakan berbagai jenis topping seperti biskuit regal, milo bubuk, oreo, dan lain-lain. Minuman ini dijual dengan harga Rp20.000 dan sudah bisa memberikan kesegaran untuk Anda.

Nah itu dia berbagai penjual es kepal. Memang belum banyak daerah yang menjual. Setidaknya jika Anda ingin mencoba bisa langsung menuju lokasi tersebut bukan? Sehingga Anda tidak penasaran lagi dengan rasa es kepal. Anda juga bisa membuat sendiri di rumah atau ingin membuka usaha sekalian?

Resep Es Kepal
Rasanya tidak sabar untuk mengetahui cara membuat es kepal milo bukan? Cara penyajiannya pun terbilang mudah dan bisa Anda buat sendiri di rumah. Namun, untuk memudahkan Anda, ada baiknya menggunakan mesin es serut karena dapat memproses es secara cepat.

Bahan-bahan
  • Secukupnya es batu
  • 18gr atau 10 sachet milo bubuk
  • 220gr susu kental manis atau bubuk creamer
  • Topping (sesuai selera)
Alat-alat
  • Mesin es serut /
  • Sendok
  • Mangkuk kecil
  • Tuang milo ke dalam wadah dan seduh dengan tiga sendok air panas. Lalu aduk hingga teksturnya mengental.
  • Tambahkan susu kental manis cokelat atau bubuk Lalu aduk hingga tercampur dan merata.
  • Masukkan es batu ke mesin serut. Lalu proses hingga menjadi butir-butiran es batu seperti kristal. Atau Anda bisa menggunakan cara tradisional dengan menumbuk es batu hingga halus.
  • Setelah halus, letakkan es serut di dalam wadah mangkuk yang sudah siapkan. Lalu tuangkan adonan milo tadi di atas es serut. Pastikan seluruh permukan es serut tertutupi dengan adonan milo.
  • Tambahkan topping sesuai dengan selera Anda, seperti potongan kacang, meses, remahan biskuit, dan lain-lain.
  • Es kepal milo siap dihidangkan!
Peluang Bisnis Es Kepal
Kemunculan es kepal ini membuat senang para pecinta cokelat. Karena dipadukan dengan es serut, minuman dingin ini akan sangat dinikmati oleh warga Indonesia. Es kepal ini masih sangat jarang ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Seperti yang kita tahu, kemunculan es kepal ini masih terbilang baru.

es_kepal_milo_4.JPG

Langkanya penjualan es kepal di daerah Anda itu menandakan timbulnya satu peluang usaha. Sebelum persaingan merajai, Anda bisa membuka usaha penjualan es kepal ini. Es kepal saat ini tidak hanya menarik perhatian anak-anak, tetapi juga hampir segala kalangan usia. Itu berarti produk penjualan Anda akan mendapat perhatian segmentasi luas.

Membuka usaha jajanan ini tidak terlalu rumit. Mulai dari persiapan bahan dan alat-alat. Bahan-bahan es kepal mudah ditemukan di warung atau pasar terdekat. Alat-alatnya pun demikian. Namun, untuk membantu Anda dalam menghemat tenaga dan waktu lebih mudah menggunakan mesin es serut.

Membuat es serut sebenarnya bisa menggunakan cara tradisional, yaitu dengan menumbuk. Selain itu, jika Anda memperhatikan pedagang es cendol biasanya memiliki pisau panjang di antara celah meja. Kemudian es batu akan diserut di antara celah pisau tersebut. Lalu tampunglah hasil es yang diserut di bawahnya celah dengan wadah.

Jika Anda masih mempertahankan cara tradisional mungkin akan sedikit menghambat waktu Anda. Sedangkan peminat es kepal semakin banyak, tentunya Anda tidak ingin membuat pelanggan menunggu bukan? Anda bisa mendapatkan mesin es serut ini dengan persiapan uang di bawah Rp2jt saja kok.
 
wih.....didaerah saya mah es kepal kaya gini hampir setiap warung berjualan es kepal ini
saya juga hampir bingung beli nya mau pilih yang mana warung nya,saking banyak nya yang berjualan es kepal
emang enak sih rasa nya juga
 
wih.....didaerah saya mah es kepal kaya gini hampir setiap warung berjualan es kepal ini
saya juga hampir bingung beli nya mau pilih yang mana warung nya,saking banyak nya yang berjualan es kepal
emang enak sih rasa nya juga
, es kepal itu seperti apa sih rasanya?
saya blum pernah nyobainn , harganya berapaan kira2 den ?
 
Back
Top