6 Cara Merawat Kulit Berminyak Dengan Mudah

SimplyLand

New member
Kulit kombinasi merupakan perpaduan dari dua jenis kulit, yaitu kering dan berminyak. Maka itu penting bagi Batiqlovers untuk melakukan perawatan yang tepat. Perawatan yang salah justru akan memicu berbagai masalah kulit baru, misalnya jerawat. Apabila Batiqlovers bingung bagaimana cara merawat kulit kombinasi, simak panduannya di bawah ini.

berminyakcover-898a2d081ff36d3af44dc1a77cf0ea85_600x400.jpg


Berbagai cara merawat kulit kombinasi
Berikut langkah-langkah yang bisa Batiqlovers lakukan untuk merawat kulit kombinasi.

1. Pilih pembersih wajah yang halus dan lembut
Perawatan wajah paling awal bagi Batiqlovers yang punya kulit kombinasi adalah memilih pembersih wajah yang lembut. Produk pembersih wajah yang lembut aman untuk kulit karena bisa mencegah terjadinya iritasi serta kulit kering bersisik pada wajah.

Apabila kulit kombinasi Batiqlovers kering dan berminyak, pembersih wajah yang berbahan dasar air dengan tekstur gel atau busa ringan bisa menjadi pilihan tepat. Apabila Batiqlovers memiliki kulit kering dan rosacea akibat sinar matahari, pembersih berbentuk lotion merupakan pembersih wajah yang ideal.

Kunci untuk merawat kulit kombinasi yaitu menggunakan pembersih wajah yang tidak sebabkan iritasi dan tak mengandung parfum. Hindari sabun atau pembersih wajah batangan, karena kandungan dalam sabun batang bisa menyumbat pori-pori dan membuat kulit kering.

2. Gunakan toner untuk memperbaiki kulit

Dalam banyak kasus, kulit kombinasi cenderung memiliki keseimbangan pH yang berbeda. Maka, penting untuk menggunakan toner setelah cuci muka.

Hindari menggunakan toner yang mengandung alkohol, witch hazel, menthol, parfum, atau minyak jeruk. Berbagai kandungan tersebut bisa membuat kulit Batiqlovers semakin kering dan memproduksi minyak yang lebih banyak.

Sebagai gantinya, maka Batiqlovers perlu memilih produk toner yang memiliki dosis regenerasi sehat, seperti antioksidan atau komposisi cell communicating.

3. Gunakan sunscreen setiap hari
Cara merawat kulit kombinasi yang satu ini mungkin sudah jadi aturan wajib bagi semua jenis kulit ya. Sunscreen tidak hanya sekadar menjaga kulit Batiqlovers dari paparan sinar matahari, tetapi juga bisa membantu melembapkan kulit kombinasi Batiqlovers.

Gunakanlah sunscreen yang berspektrum luas, memiliki kandungan asam beta hidroksi, serta bersifat non-comedogenik. Apabila Batiqlovers memiliki kulit sensitif dan rosacea, pilihlah sunscreen yang hanya mengandung titanium dioxide atau zinc oxide sebagai bahan aktif.

4. Lakukan eksfoliasi secara rutin

Eksfoliasi berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di wajah. Prosedur ini seringkali diabaikan. Padahal, eksfoliasi bisa membuat rangkaian perawatan kulit yang sudah Batiqlovers lakukan bekerja lebih optimal.

Lakukan eksfoliasi minimal dua kali seminggu untuk mengurangi kadar minyak dan kotoran di kulit wajah Batiqlovers. Pilihlah produk eksfoliasi yang mengandung AHA (glycolic acid) dan BHA (salicylic acid). AHA dan BHA adalah senyawa asam yang bekerja mengelupaskan kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Keduanya akan bermanfaat dalam mengurangi keriput dan merangsang produksi kolagen. Baik AHA dan BHA hanya bekerja pada permukaan kulit, tidak sampai masuk hingga ke jaringan dalam kulit.

5. Pakai pelembap

Gunakan pelembap dalam bentuk krim pada bagian kulit yang kering. Apabila area mata adalah bagian yang paling kering, maka gunakanlah pelembap dalam bentuk krim atau serum mata di sekitar area wajah.

Sementara itu, gunakan pelembap yang berbentuk lotion untuk bagian wajah yang tidak begitu kering. Terakhir, gunakan toner pada bagian wajah yang berminyak.

Hindari pelembap berbentuk krim pada bagian berminyak karena akan membuat wajah jadi lebih berminyak.

6. Pilihlah produk terbaik
Gunakan produk yang mengandung antioksidan, bahan-bahan cell communicating, emolien, dan bahan-bahan yang bisa mengembalikan struktur dan fungsi kulit yang sehat.

Pastikan juga produk yang dikemas dalam segel kemasan yang tertutup dan kedap udara. Kemasan ini bermanfaat untuk menjaga komponen sensitif lainnya agar terhindar dari bakteri.

Apabila dalam produk ditemukan serum ringan, lotion atau gel, kemungkinan produk ini memiliki fungsi lain sebagai penghalus kerutan, agar wajah terlihat bersinar dan lebih muda.

Apabila bagian kulit yang kering pada wajah Batiqlovers termasuk sangat kering, Batiqlovers bisa menggunakan serum yang kaya akan antioksidan dan pelembap emolien yang mampu memperbaiki kulit kering lebih cepat.

Dilansir oleh albatique.id

Batik jogja / batik tulis / jual batik jogja
 
Back
Top