Rusia Ungkap Bukti-bukti Misil Penembak Pesawat Malaysia Airlines MH17

Politik

New member
Kementerian Pertahanan Rusia memberikan bukti mesin rudal, yang mengalihkan kesalahan kepada militer Ukraina. Sebelumnya, data yang dikumpulkan oleh Tim Investigasi Gabungan menemukan, misil yang menembak jatuh pesawat ini adalah milik Rusia. Pesawat Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh pada tanggal 17 Juli 2014, menewaskan 283 penumpang, dan 15 awak pesawat.

Oleh: Pepe Escobar (Asia Times)

Kementerian Pertahanan Rusia mungkin akhirnya meluncurkan “bukti-bukti” yang mampu memecahkan misteri seputar Malaysia Airlines Flight MH17, yang ditembak jatuh pada 17 Juli 2014 di atas Donetsk Oblast, sebuah provinsi di timur Ukraina.

Kecelakaan MH17 tersebut menewaskan 283 penumpang dari 10 negara berbeda dan 15 awak pesawat. Tim Investigasi Gabungan (JIT) dari Malaysia, Belanda, Australia, Belgia, dan Ukraina—tetapi tidak Rusia—tampaknya mencapai keputusan yang kontroversial: Moskow yang melakukannya.

Yah, tidak benar-benar seperti itu, menurut presentasi rinci oleh juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov dan Letnan Jenderal Nikolai Parshin, Kepala Direktorat Rudal dan Artileri Utama.

“Terobosan” itu tampaknya datang dari arahan JIT Mei lalu, yang menghasilkan potongan-potongan mesin dan mulut pipa dari rudal 9M38, yang diluncurkan oleh sistem rudal Buk, yang menjatuhkan MH17. Menurut Parshin: “Setelah kami memiliki mulut pipa dan nomor mesin, kami dapat menemukan nomor rudal itu.”

Jadi sekarang kita tahu—melalui berkas yang tidak dirahasiakan—bahwa mesin rudal 9D131 diduga memiliki nomor seri 8869032. Dan “paspor” untuk mulut pipa tersebut adalah 9D13105000 membawa nomor 8-30-113. Nomor rudal sebenarnya adalah 886847349, kata mereka.

Kementerian Pertahanan menetapkan bahwa angka untuk komponen-komponen rudal 9M38 tersebut dan jumlah unit yang dicatat dalam dokumentasi teknis yang tersimpan di Dolgoprudny Research and Production Enterprise—di luar Moskow—adalah sama.

Jadi, mereka dapat menetapkan bahwa rudal itu dibuat di Dolgoprudny pada tahun 1986 dan itu dikirim dengan kereta api pada tanggal 29 Desember 1986 ke unit militer 20152 yang dikerahkan ke Ukraina—dan tidak pernah kembali ke Rusia.

Baca Sumber
 
tapi temuan penyelidik internasional menuding Rusia sebagai pelakunya

di kutip dari CNN:
Namun pada hari Kamis (24/05), pejabat Belanda yang masuk tim penyelidik internasional (JIT), Wilbert Paulissen, mengatakan, "Semua kendaraan yang membawa rudal adalah bagian dari militer Rusia."

Ia menambahkan penelusuran JIT memperlihatkan konvoi ini adalah brigade 53 Rusia.

Insiden terjadi di tengah puncak konflik antara tentara pemerintah Ukraina dan kelompok separatis yang didukung Rusia.

Pada Oktober 2015, Badan Keselamatan Belanda (DSB) mengatakan pesawat MH17 ditembak dengan rudal BUK buatan Rusia.
 
Back
Top