6 Kerajinan Tangan Dengan Kain Flannel yang Cantik

SimplyLand

New member
Kain flannel menjadi pilihan banyak orang dalam membuat kerajinan tangan yang berguna selain mudah di temukan di pasar harganya pun terbilang murah. Kain yang terbuat dari serat wol ini pun menjadi digemari banyak orang dimana kain ini mudah di bentuk karna teksturnya. Warna-warni kain flanel yang mencuri perhatian juga membuat banyak produsen memilih kain yang satu ini sebagai material dasar dalam pembuatan produk-produk unggulannya.

5-1.jpg


Tidak hanya dapat melihat dan membeli berbagai kerajinan tangan dari flanel yang dijual para pengrajin, sebenarnya batiqlovers juga dapat membuat benda yang menggemaskan dari kain berserat ini. Jangan takut akan kesulitan dalam mengolah kain flanel. Banyak kerajinan tangan dari flanel yang sangat mudah dibuat bahkan oleh pemula sekalipun.

Berikut ini adalah beberapa ide kerajinan tangan dari flanel yang dapat batiqlovers kreasikan sendiri di rumah. Sambil mengisi waktu kosong, siapa tahu nantinya karyamu ternyata bagus dan cocok dijadikan hadiah bagi keluarga maupun kerabatmu.

Kalau batiqlovers malas mencari kado, kita juga punya beberapa kado rekomendasi untukmu loh!

1. Pouch Segala Ukuran

Flanel termasuk jenis kain yang cukup kuat dengan tingkat ketebalan yang cukup tinggi. Hal ini membuat banyak pengrajin melirik jenis kain yang satu ini untuk dijadikan berbagai wadah yang ciamik. Wadah dalam bentuk pouch dengan ukuran yang beragam pun sangat mudah dibuat dari kain flanel.

Yang batiqlovers perlukan untuk membuat ini hanyalah keahlian menjahit jelujur. Sesuaikan ukuran pouch yang hendak batiqlovers buat dengan perkiraan barang yang hendak batiqlovers taruh di dalamnya. Cukup lipat kain flanel sesuai ukuran dan jahit dengan telaten, pouch unik dari flanel dapat tercipta dalam hitungan jam saja! batiqlovers pun dapat menggunakannya sesuai kebutuhan.

2. Bantal Unik

Mau mencari kado yang unik untuk orang tersayang? batiqlovers dapat kok membuatnya dari flanel. Salah satu ide kerajinan tangan dari flanel untuk kado yang akan sangat berkesan adalah dengan membuat bantal unik yang berbentuk inisial nama orang yang hendak diberi. Menarik, bukan?

Yang batiqlovers butuhkan untuk membuat ini adalah kain flanel dengan ukuran yang cukup besar serta dracon sebagai pengisinya. Buatlah sketsa huruf dari bantal yang mau batiqlovers buat di atas flanel. Potong flanel sesuai sketsa dan buat duplikatnya sehingga tercipta dua huruf yang sama. Jahit sebagian sisi huruf-huruf tersebut agar tergabung, setelah itu isi dengan dracon yang telah batiqlovers persiapkan sebelumnya. Selanjutnya, sempurnakan jahitan di bantalmu sampai seluruh sisinya tertutup. Selain bentuk huruf tertentu, batiqlovers juga dapat menciptakan bentuk lain sesuai kesukaanmu, loh.

3. Bros Hijab

Buat para hijabers, batiqlovers pasti senang memburu berbagai bros cantik yang dapat menyempurnakan penampilanmu dalam berhijan. Tidak ada salahnya bukan jika sekali-sekali batiqlovers memutuskan untuk membuat sendiri bros yang manis untuk kerudungmu? batiqlovers dapat menggunakan kain flanel sebagai bahan dasarnya.

Tidak sulit membuat bros dari flanel. batiqlovers hanya perlu daya kreativitas yang tinggi dan sedikit usaha untuk mencari berbagai perlengkapan guna membuat kerajinan tangan dari flanel yang satu ini. Sediakan flanel dalam ukuran yang tidak terlalu besar dan warna yang batiqlovers suka. batiqlovers dapat membentuknya menjadi bunga, kupu-kupu, atau desain yang lain. Setelah bentuk yang diinginkan jadi dan sudah dilem dengan kuat, batiqlovers hanya perlu menambahkan peniti di belakangnya guna dapat menggunakannya sebagai bros hijabers yang kece.

Kalau batiqlovers masih kesulitan untuk membuat bros hijab sendiri, beberapa pengrajin lokal Indonesia dapat membantumu

4. Gantungan Kunci Imut

Supaya kunci kamar ataupun lemarimu tidak mudah tercecer, keberadaan gantungan kunci mutlak diperlukan. Selain dapat membelinya, batiqlovers juga dapat membuatnya dari kain flanel. Cara pembuatannya pun tidak sulit. Sebagian besar caranya sangat mirip ketika batiqlovers hendak membuat bantal dari flanel.

Hanya saja, ada perlengkapan tambahan yang batiqlovers perlukan untuk menciptakan gantungan kunci tersebut. Selain kain flanel dan dracon, batiqlovers juga mesti membeli penggantung kuncinya di toko terdekat. Awali dengan membuat sketsa gantungan yang batiqlovers inginkan dan jahit sebagian sisinya. Isi dengan dracon secukupnya dan sempurnakan jahitan di seluruh sisi sketsa flanel tersebut. Setelah jadi, batiqlovers hanya perlu menempelkan penggantung kunci di bagian yang sesuai. Cukup mudah, bukan?

5. Sarung Handphone

Cara membuat ide kerajinan tangan dari flanel yang berbentuk sarung handphone sebenarnya hampir sama dengan saat batiqlovers hendak membuat pouch berbahan kain yang berasal dari serat wol ini. Hanya saja, batiqlovers memelukan tambahan benang tebal seperti tali kur sebagai penutupnya. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

Pertama-tama, buatlah sketsa di kain flanel berupa bentuk kotak yang ukurannya sedikit lebih besar dari handphone milikmu. Gandakan sketsa tersebut hingga tercipta dua kota berukuran sama. Gunting kain sesuai sketsa dan mulailah menjahit tiap sisinya, kecuali di bagian atas. Setelah terjahit rapi, tempelkan benang elastis di bagian atas dan lekuk kain untuk dijahit kembali. Dengan begitu, batiqlovers akan mendapati sarung handphone dengan model serut yang ciamik dan sangat berguna tentunya. Selain model serut, batiqlovers juga dapat membuat model tutup dengan memberi kancing di bagian atas sarung handphone buatanmu. Semakin variatif, bukan?

6. Buket Bunga

Jangan malas duluan membuat buket bunga manis dari flanel karena anggapan kerajinan tangan yang satu ini sangat sulit dibuat. Nyatanya, kerajinan tangan dari flanel yang satu ini termasuk yang paling mudah diwujudkan dan tentunya hasilnya menggemaskan. Bagaimana tidak, batiqlovers dapat mendapatkan bunga yang antilayu dari kain flanel beraneka warna yang dapat menjadi penghias ruang tamu rumahmu ataupun menjadi hadiah untuk orang kesayanganmu, seperti ibu ataupun kekasih.

Cara membuatnya tidak ribet. Sediakan kain flanel dalam berbagai warna. Di tiap warna kain flanel, buat sketsa persegi-persegi kecil berukuran sekitar 10×10 cm. Potong dengan rapi sampai batiqlovers punya banyak kain flanel berukuran persegi kecil. Untuk tiap satu bunga, ambillah sekitar empat sampai lima persegi kecil tersebut. Tumpuk dan tempelkan dengan lem di bagian tengah. Kuncupkan mulai dari kain yang berada di paling atas, selanjutnya mengikuti di kain bagian bawahnya. Buatlah beberapa bunga seperti cara tersebut, kemudian tinggal batiqlovers rangkai hingga menjadi buket yang menarik. Simpel, bukan?

Membuat kerajinan tangan untuk digunakan sendiri ataupun dijadikan sebagai hadiah tentunya akan memberi kesan yang lebih mendalam bagimu ataupun sang penerima. Ditambah lagi, dengan kemudahan membuatnya, batiqlovers tentu tidak ragu lagi untuk menciptakan berbagai ide unik dari kain flanel, bukan?


Baca kami disini :

Batik Jogja / Jual Batik Jogja / Batik Jogja Eksklusif / Batik Modern
 
Back
Top