Mengenal Karakter Toyota Rush dan Fitur-Fitur Keselamatannya

adajalan

New member
Menjadi salah satu produsen otomotif yang populer di Indonesia, Toyota selalu mengeluarkan beberapa varian baik yang baru maupun pembaharuan dari versi lama. Meskipun saingan kini banyak bermunculan, Toyota optimis dengan pangsa pasar yang ada. Salah satu varian Toyota yang cukup mendapat sambutan adalah Toyota Rush. Toyota Rush merupakan mobil SUV kelas menengah yang juga telah merilis versi 2018 yang diberi nama All New Toyota Rush.
dedirush070218-2.jpeg

All New Toyota Rush memiliki perubahan tampang yang signifikan. Dan selain ituuntuk menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang, Toyota juga menambahkan fitur safety Rush yang ikut ditingkatkan. Hal yang paling menarik, seluruh fitur keselamatan dapat ditemukan di semua tipe Rush, bahkan yang terendah sekalipun. Lantas, inilah fitur keselamatan yang diberikan Toyota kepada Rush?

1. Vehicle Stability Control (VSC)

VSC sebenarnya merupakan teknologi kekinian yang banyak diterapkan pada mobil keluaran terbaru. Dengan adanya fitur ini, Rush akanmenjadi lebih mudah dikendalikan dan tetap stabil, khususnya saat bermanuver di tikungan. VSC bakalan mendeteksi ban selip melalui berbagai sensor tersemat. Saat ban mobil selip, seketika sistem langsung mengurangi keluaran tenaga mesin dan mengaplikasikan pengereman di tiap roda sesuai kebutuhan. Dengan catatan ketika menikung ke arah kanan.
Bila mobil anda mengalami understeer (mobil membelok keluar jalur), fitur otomatis mengurangi putaran roda di sebelah kanan, sehingga arah terkoreksi. Sebaliknya, bila terjadi oversteer (membelok terlalu dalam), system akan mengurangi terjadinya putaran roda di sebelah kiri sambil mengurangi keluaran tenaga mesin. Oleh sebab itu gejala understeer dan oversteer tak dialami ketika mengemudi dengan All New Rush.


2. Secured Hill-Start Assist

All New Rush juga punya fitur hill-start assist. Fungsinya mungkin bisa dibilang sederhana, namun sangat membantu pengemudi yang ingin beranjak bila dari posisi diam di tanjakan. Biasanya dalam kondisi ini mobil langsung mundur, karena adanya jeda, akibat perpindahan kaki pengemudi dari pedal rem ke gas. Untuk mencegahnya, fitur mengaktifkan fungsi rem selama 3 detik. Waktu selama itu, cukup bagi pengemudi untuk memindahkan kaki, tanpa membuat mobil mundur.

3. Indikator sabuk pengaman untuk seluruh penumpang

Penggunaan sabuk pengaman memang sangat penting. Tapi sayangnya, hal ini masih belum disadari masyarakat. Toyota pun berupaya mengedukasinya, melalui penyematan indikator sabuk pengaman ke seluruh penumpang di All New Toyota Rush. Indikator tak hanya menyala untuk kedua baris depan, namun juga penumpang yang ada di baris belakang. Tujuannya, untuk meningkatkan keselamatan si pengemudi dan seluruh penumpang.

4. Kini All New Rush Memiliki 6 Airbags

Jika pada generasi sebelumnya hanya memiliki dua airbag saja, Kali ini All New Rush hadir dengan enam airbag. Pengemudi dan penumpang pada baris pertamaakan terlindungi dengan tambahan side airbag dan curtain airbag. Sedangkan penumpang pada baris kedua dan ketiga, dilindungi oleh curtain airbag.Letak side airbag yang berada di sisi kursi depan, berfungsi melindungi dampak tabrakan dari samping. Sama dengan curtain airbag yang terletak pada pilar A dan C. Kantung udara akan mengembang, sehingga akan menutupi seluruh sisi kaca dari baris depan hingga paling belakang.

test-drive-all-new-rush-tak-sempurna-tapi-layak-diandalkan.jpg

5. Anti-lock Braking System

Pengereman Rush terbaru sudah mengusung teknologi anti-lock braking system (ABS). Teknologi yang bekerja secara elektronik ini, membantu pengemudi saat mengalami pengereman mendadak atau melewati jalan yang cukup licin. Tujuannya untuk membuat mobil agar tak tergelincir. Adanya jeda di sela tiap pengereman, memberikan kesempatan bagi pengemudi untuk mengendalikan mobil sehingga terhindar dari tabrakan.

6. Emergency Brake Signal

Saat mobil berhenti mendadak pada kondisi tertentu, biasanya pengemudi lupa atau tak sempat menekan tombol lampu darurat. Dengan hadirnya fitur pada All New Toyota Rush ini mengaktifkan lampu darurat secara otomatis. Tujuannya untuk menginformasikan pengemudi di belakang, agar dapat mengantisipasi terjadinya tabrakan beruntun.


7. Electronic Brake Force Distribution (EBD)
Fitur ini membagi cengkraman rem di tiap ban sesuai kebutuhan. Bertujuan untuk mengoptimalkan pengereman Toyota Rush. Dikarenakan, berbagai kondisi dapat mempengaruhi jarak berhenti kendaraan, salah satunya ketika jika mengangkut beban penumpang atau barang bawak an. Sistem akan mendeteksi jika adanya perubahan kondisi dan langsung mengaktifkan penambahan daya cengkeram rem di depan, sehingga mobil dapat berhenti dengan lebih optimal.


8. Brake Assist (BA)

BA merupakan solusi jika pengemudi berhenti mendadak, dengan menambahkan fitur daya tekan pengereman pada All New Rush. Meskipun pengendara tak menekan pedal dalam-dalam, fitur secara otomotis akan membantu membuat pengereman semakin optimal.Fitur ini sangat membantu pengemudi untuk menghindari tabrakan. Karena tidak siap, seringkali pengemudi tidak sempat menginjak pedal rem dalam-dalam. Di sinilah BA berperan aktif. Sistem mampu mendeteksi adanya pelepasan pedal gas secara tiba-tiba, kemudian secara otomatis fitur remakan diaktifkan dan membantu memberikan daya pengereman hingga lebih maksimal.

All-New-Rush-1.jpg
Mempunyai desain yang gagah dengan kaki jenjang, cocok bagi konsumen yang gemar berpetualang menjelajah ke alam bebas. Disisi lain, mobil dengan jenis seperti ini paling cocok dengan kondisi di Indonesia yang banyak diisi oleh konstur jalanan rusak atau berbatu. Oleh sebab itu, Rush langsung diidolakan untuk menjadi kendaraan sehari-hari. Lalu, Apakah Toyota Rush layak disebut SUV sejati?

Yuk simak Apa saja karakteristik utama sebuah SUV dalam diri Rush ini!!!

Ground Clearance Tinggi

Ground clearance atau jarak terendah dengan permukaan tanah, untukpengklasifikasian kendaraan SUV sepatutnya wajib tinggi agar mampu melewati berbagai kontur jalan yang tidak rata. Pada hakikatnya SUV memangdirancang sebagai kendaraan off-road dan bukan untuk jalanan mulus belaka.
Hadirnya Toyota Rush generasi terbaru punya ground clearance setinggi 220 mm (22 cm). Sangat jangkung untuk ukuran SUV masa kini, anda tak perlu dikhawatirkan saat harus bertemu berbagai macam ragam permukaan jalan. Jangkungnya Rush bahkan meningkat 2 cm dari generasi pertama, bahkan hampir menyamai ketinggian Toyota Fortuner (225 mm). Alhasil, Rush dengan penuh kepercayaan diri mampu dibawa kemana saja, bahkan ke medanyang cukup berat sekalipun.


Hadir Dengan Penggerak Roda Belakang

Sebuah SUV atau off-roader yang sesungguhnya, memakai penggerak empat roda (4x4). Rush masuk kategori SUV 4x2 karena mengandalkan penggerak dua roda saja. Namun masih termasuk pantas disebut SUV sejati karena menganut gerak roda belakang (RWD). Tipikal SUV dan jip 4x4 lain, bila keempat roda tidak saling terhubung, posisi standar hanya roda belakang yang berputar.Bagi Rush, menggunakan RWD adalah sebuah keunggulan yang membuatnya pantas diakui sebagai SUV sejati,sebuah SUV memang lebih cocok pakai RWD.Mobil dengan penggerak roda belakang memang lebih kuat menanjak. Karena prinsipnya, roda belakang sebagai penggerak bertugas mendorong bodi. Tidak menarik beban seperti dipraktekkan oleh mobil penggerak depan.


Ban Besar

Tingginya ground clearance turut dibantu oleh ban khusus untuk SUV. Ukurannya terbilang lebih besar dibanding ban untuk jenis kendaraan lainnya. Rush tipe TRD Sportivo memakai pelek 17-inci dengan ban 215/60, sedangkan Rush tipe G dengan pelek 16-inci dan ban 215/65.Tidak hanya untuk kebutuhan off-road atau melewati jalanan yang buruk, Rush juga dapat menunjang tinggi ground clearance dan masih menyisakan banyak ruang di area roda. Sehingga, mampu ditingkatkan lagi kemampuan off-road atau penampilannya, dengan cara memperbesar ukuran pelek maupun roda.

Pakai Sasis Unibody

Umumnya, ada dua jenis sasis yang digunakan pada mobil, monokok dan ladder frame (body-on-frame). Paling banyak digunakan oleh mobil penumpang adalah monokok. Desain bodi dan sasis menyatu mampu memberikan kestabilan dan kenyamanan sangat baik. Makanya umum dipakai oleh sedan, hatchback, MPV dan banyak SUV juga. Sasis yang seperti tangga itulah kenapa disebut ladder frame. Peruntukkannya lebih kepada kendaraan berat, untuk mengangkut barang seperti truk sampai jenis jip untuk off-road, sehingga amatlah tangguh.Toyota Rush menggabungkan dua jenis platform tersebut menjadi satu.Sasis Unibody punya daya tahan lebih baik dengan kemampuan menahan beban berat, tanpa mengorbankan kenyamanan, sehingga benar benar bisa diandalkan sebagai pekerja keras.


Toyota-Rush-detail19-01.jpg

Bagaimana Dengan Peminatnya???

Selama ini Toyota masih terus berupaya meningkatkan penjualan Rush ini. Sementara tahun fiskal 2018 berakhir dua bulan lagi. Mereka tak mau menyiakan waktu tersisa. Guna mendekatkan Rush dengan pelanggan setianya, Toyota menyelenggarakan event serentak lima outlet Transmart & Carrefour di Jakarta dan sekitarnya. Acara berlangsung selama Oktober - Desember 2018.Gelaran ini merupakan kerja sama antara PT Toyota-Astra Motor & dealer resmi Toyota, dengan PT Trans Retail Indonesia (Carrefour) sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan dari rush ini.

Acara customer gathering pertama dilaksanakan pada 27 Oktober 2018 di keempat outlet Transmart & Carrefour itu. Menurut Toyota, Antusiasme masyarakat cukup baik terhadap penyelenggaraan acara ini.Hingga pengujung 2018, customer gathering masih diselenggarakan dua kali lagi, yaitu pada 24 November 2018 dan 15 Desember 2018.
Rush sebetulnya mendapatkan respon yang terbilang baik di pasar. Bisa dilihat dari total penjualan Januari hingga September 2018 yang mencapai 38.568 unit (wholesales). Angkanya terus tumbuh 136,9% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2017. Hanya pada September 2018, penjualan Rush mencapai 5.797 unit dan membukukan market share 44,8%.

Wajar saja, sebagai barang baru. “Tujuan acara ini adalah untuk menghadirkan All New Rush lebih dekat kepada pelanggan. Sehingga para pelanggan bisa melihat dan mengeksplorasi All New Rush langsung tanpa harus datang ke showroom Toyota,” papar Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, dalam keterangan resmi. Acara macam ini tak lepas dari promo-promo untuk menarik konsumen. Tak lupa kesempatan untuk memenangkan doorprize berupa barang elektronik, e-toll dan exclusive merchandise lainnya.


Sumber:https://www.oto.com/berita-mobil/mengenal-8-fitur-keselamatan-all-new-toyota-rush
 
Last edited:
mobil rush ini hadir dengan mesin penggerak roda belakang akan lebih kuat bisa melewati jalan off road maupun jalan nanjak nih yah, apalagi mesinnya menggunakan 4 silinder jadi makin kuat nih
 
sistem keselamatan apa saja yah yang dipakai oleh toyota all new rush ini ?

sistem keselamatan seperti , Vehicle Stability Control (VSC), Secured Hill-Start Assist, Indikator sabuk pengaman untuk seluruh penumpang, Kini All New Rush Memiliki 6 Airbags, Anti-lock Braking System, Emergency Brake Signal, Electronic Brake Force, Distribution (EBD), Brake Assist (BA)
 
sistem keselamatan seperti , Vehicle Stability Control (VSC), Secured Hill-Start Assist, Indikator sabuk pengaman untuk seluruh penumpang, Kini All New Rush Memiliki 6 Airbags, Anti-lock Braking System, Emergency Brake Signal, Electronic Brake Force, Distribution (EBD), Brake Assist (BA)

banyak juga yah fitur keselamatan dari mobil rush terbaru ini yah
 
anti lock braking sistem pada rush ini menurut saya sangat berguna karena selain untuk menghadapi pengereman mendadak juga untuk mengerem dijalan menurun dengan kondisi jalan yang licin agar gak tergelincir
 
rush ini memang layak untuk diajak jalan jalan ke daerah dengan konstur jalan yang berbatu karena memiliki ban yang cukup besar
 
Back
Top