Nikahi Gadis 18 Tahun, Kakek 75 Tahun Beri Mahar Kebun Cengkeh

spirit

Mod
9297e519-1a5f-4b9d-8c33-ed3f33e6aa12_169.jpeg

Perkawinan beda usia puluhan tahun terjadi di Sinjai, Sulawesi Selatan. Seorang kakek usia 75 tahun menikahi gadis berusia 18 tahun. Sang kakek melamar gadis ini dengan mahar Rp 25 juta dan sebuah kebun cengkeh.

Pernikahan ini terjadi di Dusun Coddong, Desa Bontokatute, Kabupaten Sidrap. Pasangan ini diketahui bernama Daeng Saing dan perempuan bernama Tika.

"Saya baru saya tahu mau menikah waktu datang pria melamar. Dia kasih naik (mahar) uang Rp 25 juta dan sebuah kebun cengkeh," kata keluarga perempuan, Asih saat berbincang dengan detikcom, Kamis (31/1/2019).

Baca juga: Kakek 75 Tahun di Sulsel Nikahi Gadis 18 Tahun

Asih mengatakan Saing tidak lain adalah tetangga rumah dari Tika. Tika tinggal bersama tantenya di Desa Bontokatute sejak masih kecil. Sementara ibunya, berada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Saya sudah tanya ke tantenya apakah sudah tahu mau lamar. Kata tante nya dia bilang sudah tahu. Yah mungkin dijodohkan karena saya tidak bicara langsung sama Tika," ungkapnya.

Dia mengatakan selama proses pernikahan Rabu (30/1) kemarin, Tika lebih banyak diam. Meski begitu, perempuan yang tidak tamat sekolah menengah ini tetap menyalami satu per satu tamu yang hadir.

"Dia tetap menikah dan tenang tenang saja di atas. Tidak juga menangis," ungkapnya.
Baca juga: Salut! Kepala Daerah Wanita Ini Batalkan 850 Pernikahan Anak Demi Pendidikan

Menurut Humas Kemenag Sinjai, Fatma, pernikahan keduanya ini tidak tercatat di kantor urusan agama (KUA) setempat sehingga dianggap tidak sah oleh negara.

"Sah menurut agama kalo ada saksi, tapi tidak diakui negara karena nikah di bawah tangan dan tidak memiliki buku nikah," terangnya.


sumber
 
sudah hal biasa di daerah sulawesi seorang kakek atau seorang nenek menikahi org yg beda usia hingga 50 tahun
 
Udah mapan banget sih, jadi mas kawinnya kebun deh, coba kalau yang masih anak muda, mungkin cuma bisa beliin cengkehnya aja beberapa bungkus :))
 
Kemarin juga ada orang, neneknya katanya pengen nikah lagi :))

sebenarnya bukan karena keinginan menikah saja, tapi juga untuk mempertegas strata sosial mereka. Ingin diakui jika mereka yang menikah pada usia tua itu punya kehidupan yang mapan
 
Back
Top