Bagaimana Cara Mengobati Sakit Leher Belakang ?

alitkurniawan

New member
Kebanyakan orang menganggap sakit leher itu tidak terlihat sebuah penyakit yang serius. Akan tetapi bagi penderita itu sendiri, sakit leher akan dapat sangat menyiksa dan juga mengganggu kelancaran rutinitasnya. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya sakit leher ini.

Baca Selengkapnya Disini --> Cara Mengobati Sakit Leher Belakang

Kebanyakan hal terjadi karena, contohnya bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama tanpa mengubah posisi tubuh, postur tubuh yang kurang baik, cedera fisik, atau posisi tidur yang tidak benar. Kondisi sakit pada leher ini sudah menjadi keluhan yang umum terjadinya. Tetapi ada kabar baiknya, rasa sakit pada leher ini jarang menjadi pertanda penyakit yang serius. Terdapat banyak kasus sakit leher yang bisa ditangani di rumah.

Berikut ini adalah beberapa Cara Mengobati Sakit Leher Belakang, diantaranya :

1. Pastikan Mendapatkan Istirahat Malam Yang Cukup

Tidur dengan posisis yang nyaman adalah salah satu cara untuk menghindari sakit leher. Memposisikan menyamping ke kanan pada saat tidur malam merupakan cara terbaik untuk penyembuhan sakit leher. Selain itu, hal ini juga akan mempersingkat waktu penyembuhan anda.

2. Membuat Alirah Darah Lebih Teratur Dengan Es Batu

Mendinginkan area yang sakit dengan sekantong es batu merupakan salah satu cara untuk mengatur aliran darah di dalam tubuh anda. Lakukan hal ini pada saat anda merasakan gejala-gejala awalnya. Hal ini tentu akan meminimalisir dampak inflamasi awal. Es batu sendiri tentu akan bisa berefek bila digunakan pada saat dan tempat yang tempat.

3. Perbaiki Postur Dalam Beraktivitas Sehari-Hari

Bukan mitos bukan omong kosong, menurut nasihat orangtua yang sering kita dengar salah satunya adalah untuk selalu duduk tegak atau menjaga postur dengan benar. Duduk atau pun berdiri secara tegak akan dapat membantu anda dalam pemulihan, karena posisi yang benar ini tentunya akan membuat fungsi tubuh menjadi berjalan secara normal seperti seharusnya.

Selain itu, memiliki postur yang baik tidak hanya sehat secara fisik saja, tetapi dapat membuat anda menjadi lebih sehat juga secara mental, dikarenakan dapat meningkatkan impresi anda dalam pandangan orang di sekitarmu.

4. Menantang Rasa Sakit

Langkah pemulihan selanjutnya adalah dengan menerima kenyataan bahwa penyembuhannya akan terasa sakit. Untuk itu, tantanglah diri anda dengan bergerak lebih banyak dengan gerakan yang biasa saja, tidak berlebihan. Rasa sakit tersebut biasanya akan berangsur berkurang selama 2 hari.

5. Menggunakan Terapi Air Supaya Melegakan Sakit Leher

Apabla anda baru selesai melakukan aktivitas fisik secara berlebih, mandilah dengan menggunakan air dingin. Maka dari itu, penyembuhan sakit leher ini, mandilah dengan menggunakan air dingin dan hangat secara bergantian dalam jarak interval 3 menit. Hal ini tentu saja akan meminimalisir waktu penyembuhan untuk jaringan yang terluka.

6. Meregangkan Jaringan Tubuh Yang Sudah Menegang

Pada saat anda sedang melakukan aktivitas, pastikan anda sempat untuk melakukan peregangan pada bagian tubuh yang sudah tegang. Peregangan ini tentu akan dapat meningkatkan aliran darah dan jangkauan pergerakan anda. Lakukan pemanasan atau pergeraka-pergerakan kecil sebelum melakukan peregangan.

7. Melakukan Terapi Cahaya Infrared

Terapi ini dapat menstimulasi sel-sel yang sudah rusak atau pun terluka untuk memproduksi energi lebih banyak serta meningkatkan fungsinya. Selain itu, lasernya tidak akan menembus tulang, jadi apabila sakit leher anda diakibatkan oleh kondisi tulang belakang, hal ini tentu tidak akan banyak membantu. Dikarenakan cara yang satu ini terbukti dapat menyembuhkan ketegangan pada otot leher dengan sangat cepat.
 
Back
Top