Apa yang dimaksud Tumor Kelenjar Ludah ?

alitkurniawan

New member
Penyakit tumor kelenjar ludah ini merupakan salah satu kondisi langka di mana pertumbuhan kelenjar ludah tidaklah normal. Tumor kelenjar ludah ini dapat jinak atau pun ganas. Sekitar 80% tumor yang terletak di jalur utama adalah tumor jinak, akan tetapi jika terletak di area lainnya, 80% merupakan tumor ganas.

Baca Selengkapnya Disini --> Obat Tumor Kelenjar Ludah Di Apotik

Secara umum, penderita dengan kelenjar ludah jinak yang biasa terjadi di setiap jenis kelamin. Baik itu yang masih berusia muda, tua, atau bahkan anak-anak sekalipun.

Penyebab Tumor Kelenjar Lidah

Terdapat berbagai macam penyebab yang menimbulkan penyakit kelenjar ludah ini. Penyakit ini bukanlah suatu penyakit yang menular dan tidak diturun-temurunkan. Berikut ini adalah beberapa penyebab tumor kelenjar ludah, diantaranya :

- Infeksi,

- Sirosis,

- Adanya infeksi pada kelenjar ludah,

- Kanker lainnya,

- Sindrom sjogren,

- Pembedahan pada perut.

Penyebab yang paling umum dari tumor kelenjar ludah ini adalah tumor jinak yang sering berkembang di kelenjar parotid. Penyakit tumor ini secara bertahap akan meningkatkan ukuran dari kelenjar. Bagi sebagian kasus, penyakit ini dapat berkembang menjadi tumor ganas ( kanker ).

Selain penyebab-penyebab di atas, berikut ini ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan terkenanya penyakit tumor kelenjar ludah ini, diantaranya ;

- Bekerja di lingkungan tertentu atau terkena paparan kimia seperti di pabrik yang memproduksi karet, tambang asbes dan juga selokan.

- Adanya paparan virus yang dapat membuat anda berisiko terkena kanker kelenjar ludah termasuk HIV dan juga virus RBV ( Epstein-Barr ).

- Terkena paparan radiasi, seperti terapi radiasi yang digunakan untuk mengobati kanker di kepala dan juga leher.

Gejala Tumor Kelenjar Ludah

Gejala dan tanda yang pertama kali dari tumor kelenjar ludah yaitu munculnya tumor. Tumor ganas ini cenderung dapat menyerang jaringan di sekitarnya. Adanya penyebaran lokal dari tumor kelenjar parotis ini dapat mempengaruhi saraf wajah sehingga terjadi kelumpuhan di sisi yang terkena, otot-otot wajah yang melemah dan ketidakmampuannya menutup mata.

Penyakit tumor kelenjar ludah ini dapat menyebar ke otot-otot di bawah mulut yang merupakan bagian bawah tengkorak, dan kelenjar getah bening di sekitarnya. Oleh sebab itu, kondisi inilah yang menyebabkan wajah menjadi sakit, sakit kepala, sakit telinga, dan juga pembengkakan pada kelenjar getah bening. Selain itu, kanker stadium akhir ini akan bermetastasis ke paru-paru dan juga tulang.
 
Back
Top