Cara Mengobati Tumit Kaki Sakit

alitkurniawan

New member
Rasa nyeri yang terjadi pada tumit merupakan suatu kondisi yang sangat umum terjadi. Hal ini biasanya dapat terjadi secara bertahap dan akan semakin buruk dari waktu ke waktu jika tidak ditangani dan diobati secara cepat dan tepat.

Baca Selengkapnya Disini --> Cara Mengobati Tumit Kaki Sakit

Pada saat anda menempatkan berat badan pada tumit anda, rasa sakit ini akan muncul dan bisa dibilang yang paling parah. Dalam banyak kasus yang terjadi, kemungkinan hanya sedikit bagi mereka yang mengalami rasa sakit pada kedua tumit nya.

Rasa sakit ini akan semakin bertambah parah ketika di pagi hari, atau pada saat anda pertama kali melangkah setelah berdiam diri. Akan tetapi, anda akan merasa lebih baik pada saat anda sudah berjalan, walaupun bila anda berdiri atau berjalan terlalu lama akan membuat sakit menjadi lebih parah.

Apa Saja Penyebab Nyeri Tumit ?

Secara umum, nyeri pada tumit sering disebabkan oleh plantar fasciitis, kondisi medis ini dimana plantar fascia mengalami penebalan dan juga kerusakan. Bagi anda yang belum mengetahui plantar fascia, yaitu merupakan jaringan fleksibel dan juga tebal yang menghubungka tulang tumit dengan tulang-tulang lainnya di telapak kaki.

Selain plantar fasciitis, terdapat juga beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan munculnya nyeri tumit seperti, sering beraktivitas dengan posisi berdiri, mengenakan alas kaki dengan sol yang rata, serta obesitas.

Penyebab dari nyeri tumit ini tidak hanya oleh plantar fasciitis saja, berikut ini adalah penyebab lain dari nyeri tumit, diantaranya :

- Penyakit sever,

- Tarsal tunnel syndrome,

- Tulang tumit retak,

- Bursitis,

- Penipisan bantalan lemak,

- Taji tulang.

Apa Saja Gejala Nyeri Tumit ?

Rasa nyeri yang timbul paling awal adalah ketika bagian tumit akan menapak untuk pertama kali setelah berbaring atau duduk dalam waktu yang cukup lama. Jika anda mengalami gejala-gejala seperti berikut ini, sebaiknya anda segera mengobatinya dengan cepat dan tepat :

- Terasa kaku dan juga bengkak pada tumit, yang kemungkinan menandakan adanya radang sendi.

- Terdapat rasa nyeri pada tumit yang akan berlangsung selama beberapa minggu.

- Kaki kemungkinan akan terasa panas yang disertai demam yang mencapai 38 derajat Celcius. Kondisi ini biasanya menandakan terdapat infeksi pada tulang.

- Adanya sensasi kesemutan yang terjadi pada kaki atau pun mati rasa, yang bisa menjadi tanda adanya kerusakan saraf pada telapak kaki dan juga betis (neuropati perifer).
 
Back
Top