Apa Saja Latihan Untuk Mengatasi Plantar Fasciitis ?

alitkurniawan

New member
Pada umumnya, plantar fasciitis ini merupakan salah satu penyebab nyeri tumit. Penyakit sendi dan tulang yang satu ini dapat menjadi penyebab timbulnya peradangan pada jaringan tebal yang membentang di area bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki.

Baca Selengkapnya Disini --> Cara Mengatasi Plantar Fasciitis Dengan Latihan

Biasanya, akan terasa sakit yang menusuk bagi mereka yang mengalaminya, dan secara umum dapat dirasakan ketika pertama kali melangkahkan kaki di pagi hari. Akan tetapi, ketika seseorang sudah banyak melakukan gerakan, rasa sakit akan dapat berkurang. Namun bisa saja akan kambuh lagi jika setelah berdiri dalam waktu yang lama atau pada saat bangun dari duduk.

Berbagai hal dapat menyebabkan timbulnya nyeri pada tumit ini. Salah satunya adalah adanya tekanan yang terjadi terlalu berat atau pun terjadi secara terus-menerus, maka akan menyebabkan robekan-robekan kecil pada bagian ini.

Bagi seorang atlet seperti pelari, mereka akan lebih sering mengalami penyakit yang satu ini. Tidak hanya itu saja, seseorang yang mempunyai berat badan berlebih dan mereka yang seringkali menggunakan sepatu hak tinggi akan meningkatkan faktor risiko terkena plantar fasciitis ini.

Apabila anda membiarkan kondisi tersebut, maka aktivitas rutin sehari-hari anda akan menjadi terganggu. Maka dari itu, anda perlu mengubah cara berjalan supaya dapat meminimalkan rasa nyeri pada plantar fasciitis. Apabila tidak, tentu saja kondisi seperti ini akan menyebabkan masalah pada kaki, pinggul, punggung, atau pun kaki.

Cara Mengatasi Plantar Fasciitis Dengan Latihan

Rasa sakit yang timbul pada tumit akibat plantar fasciitis ini dapat dibantu diredakan dengan melakukan olahraga yang dirancang untuk meregangkan otot betis dan juga plantar fascia. Berikut ini terdapat beberapa*Cara Mengatasi Plantar Fasciitis Dengan Latihan, diantaranya :

1. Bantuan Dinding

Lakukan cara yang satu ini, yakni berdiri di depan dinding dan letakkan kedua telapak tangan ke dinding, posisikan kedua telapak kaki menyentuh lantai sambil meluruskan lutut kanan dan tekuk lutut kiri. Setelah itu, letakkan kaki kanan pada bagian belakang, serta kaki kiri yang lututnya tertekuk di bagian depan.

Kemudian, condongkan tubuh ke depat dengan mendorong pinggul ke arah dinding sampai otot betis kanan menjadi terasa kencang, tahan posisi seperti ini selama 10 detik. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan dan ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali pada setiap kaki.

2. Bantuan Handuk

Untuk melakukan cara yang satu ini cukuplah mudah, yakni dengan melingkarkan handuk pada bantalan telapak kaki, terutama sebelum anda terbangun dari tempat tidur di pagi hari. Setelah hal itu dilakukan, tarik jari-jari ke arah tubuh dengan menggunakan handuk, tetapi pastikan posisi lutut tetap lurus dan juga tahan posisi tersebut selama 30 detik. Lakukan gerakan seperti ini sebanyak tiga kali pada tiap kaki.

3. Bantuan Kaleng Minuman

Agar dapat meredakan rasa nyeri yang terjadi pada tumit, anda juga dapat melakukan dengan bantuan kaleng minuman dingin, plastik dengan air beku es, botol, atau pun penggilas adonan. Pada saat akan melakukan gerakan yang satu ini, anda bisa sambil berdiri atau pun duduk.

Caranya sangatlah mudah, anda cukup meletakkan bagian lengkung telapak kaki di atas kaleng kemudian gulingkan ke belakang dan ke depan. Setidaknya anda harus mengulangi gerakan seperti ini sebanyak dua kali dalam sehari.

4. Bantuan Kursi

Cara yang terakhir untuk membantu mengatasi plantar fasciitis adalah dengan duduk di atas kursi, kemudian angkat dan leatakkan kaki yang terasa nyeri di atas lutut kaki yang satunya. Setelah itu, tarik jari-jari kaki sehingga anda bisa merasakan adanya peregangan yang terjadi pada betis serta kaki. Kemudian anda tahan gerakan seperti ini selama 15-20 detik dan ulangi sebanyak 3 kali untuk masing-masing kaki.

Sumber : http://www.khasiatwalatrasehatsendi.web.id/cara-mengatasi-plantar-fasciitis-dengan-latihan/
 
Back
Top