Makanan yang Sehat untuk Penderita Diabetes

koalaku

New member
Tujuan dari mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk diabetes adalah agar tidak terjadi lonjakan kadar gula dalam darah yang bisa membahayakan. Betul?

Nah, makanan sehat yang baik untuk penderita diabetes diantaranya :

  • Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel, memiliki asam omega 3, DHA, dan EPA yang sangat baik untuk jantung.
Jika kadar gula darah stabil, maka risiko penyakit stroke dan jantung akibat diabetes akan menurun.

  • Sayuran hijau dan berwarna terang

Sayuran kaya gizi, rendah kalori, dan rendah karbohidrat yang mudah dicerna oleh tubuh. Bayam, kale, brokoli, kangkung, sawi, wortel, paprika, terong, dan lainnya merupakan sumber mineral dan vitamin termasuk vitamin C. Hasil penelitian mengatakan bahwa vitamin C dapat mencegah peradangan dan dapat menurunkan kadar gula darah juga tekanan darah tinggi. Sayuran juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah komplikasi yang ditimbulkan dari diabetes yaitu degenerasi makula dan katarak.

  • Kayu manis

Kayu manis mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat mengontrol kadar gula darah pada remaja maupun dewasa termasuk Anda. Senduh 1 sendok teh kayu manis perhari, konsumsi secara rutin dan teratur agar kadar gula Anda terkontrol dengan baik. INGAT! Jangan menambah dosis karena kayu manis tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak.

  • Telur

Telur sangat baik untuk jantung. Telur dapat mencegah peradangan, mengurangi penyerapan glukosa dan menggangi lemak menjadi energi, meningkatkan kadar gula darah yang baik dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

  • Kacang - kacangan

Kacang mengandung serat dan rendah karbohidrat yang mudah dicerna. Menurut penelitianm, kacang dapat mencegah peradangan dan membantu menurunkan gula darah. Jenis kacang – kacangan yang baik untuk penderita diabetes adalah kacang kenari, kacang polong, almond, mete, hazelnut, kemiri, dan lainnya.


Itulah beberapa makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes
 
Back
Top