Mati Jantung Mendadak pada Usia Produktif Sering Terjadi Saat Olahraga

spirit

Mod
ea799956-b44a-4087-807c-86fa0e29e3cd_169.jpeg

Mati jantung mendadak atau sudden cardiac death adalah suatu kejadian seseorang bisa meninggal tidak sampai 24 jam setelah gejala. Diperkirakan ada 300 ribu kematian mendadak yang terjadi tiap tahunnya.

Spesialis jantung dari RS Harapan Kita, dr Reynold Agustinus Manullang, SpJP, pada usia produktif, mati jantung mendadak ironisnya banyak dialami oleh mereka saat sedang berolahraga misalnya ketika marathon. Beberapa waktu lalu bahkan kasus mengenai kematian mendadak saat lari kerap terjadi.

Mati jantung mendadak pada usia muda ketika berolahraga biasanya disebabkan karena banyak dari mereka tidak mengetahui apakah memiliki riwayat penyakit jantung atau tidak mengecek kondisi kesehatan terlebih dahulu yang pastinya akan menambah risiko.

"Apakah peserta memiliki sakit jantung atau riwayat minum obat jantung, itu yang perlu diperhatikan. Yang sangat jarang dilakukan ketika mereka ikut lomba, mereka tidak pernah memeriksakan diri ke dokter karena selalu menganggap dirinya sehat," ujarnya kepada detikHealth, Rabu (26/6/2019).

Hal yang fatal sebenarnya jika seseorang merasa dirinya 'sehat' tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu. Sebab mereka tidak akan mengetahui apakah ada gangguan organ misal otot jantung mereka lebih tebal, atau tensi yang lebih tinggi sebelum melakukan olahraga dengan intensitas tinggi.

"Tingkat awarness kita untuk cek tensi aja sangat jarang. Ibaratkan diri kita sebagai mesin. Ketika mulai dengan RPM tinggi ketika lari, apa yang terjadi? Jebol nggak mesinnya?" tambahnya.

"Nah itu yang perlu kita ingat. Semakin rusak jantung kita kalau kita tidak rawat dengan baik," tutupnya.


sumber
 
Pada usia muda (di bawah 35 tahun), penyebab kematian mendadak saat olahraga umumnya akibat terjadinya SCA, bukan serangan jantung. Ini disebabkan karena hipertropik kardiomiopati. Kardiomiopati adalah suatu penyakit genetik yang menyebabkan terjadinya penebalan tidak normal di otot-otot jantung
 
super sekali gan,,,coba lihat vidio ini gan,,,[ame="http://https://www.youtube.com/watch?v=sR8sOpOZ2jY"]BEGINI menyembuhkan stroke dan gejala[/ame]
 
Back
Top