Konsumsi Jus Terong Belanda untuk Kesehatan Anda

spirit

Mod
99-jus_terong_belandadoksajiansedap.gif

MajalahKartini.co.id – Mungkin Anda kerap melihat menu jus terong belanda di beberapa restoran khas Indonesia. Jika Anda belum mengetahui apa itu terong belanda, maka penting bagi Anda menyimak penjelasan berikut ini. Terong Belanda dalam bahasa latinnya disebut dengan Solanum Betaceum. Tanaman ini termasuk dalam tanaman jenis terong yang mulai dikembangan di Jawa Barat tepatnya di Bogor.

Terong belanda mempunyai ciri-ciri tangkai daun dengan panjang 6-10 cm. Daunnya mempunyai khas warna hijau layaknya jenis terong lain yang ada di Indonesia. Buahnya memiiki bentuk oval seperti telur ayam, bedanya meruncing di bagian di dua ujungnya. Memiliki dua jenis warna, yaitu merah dan kuning. Yang sering ditanam di Indonesia adalah terong yang berwarna merah.

Tak hanya unik, terong belanda juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

Tingkatkan kekebalan tubuh. Buah terong belanda kaya akan vitamin B kompleks yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh guna mengubah makanan menjadi nutrisi yang penting bagi organ dan sel jaringan. Bagi Anda yang suka pingsan gara-gara kelelahan, buah terong belanda dipercaya bisa mengatasi masalah tersebut karena kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

Nutrisi untuk Kulit. Kandungan vitamin C, A dan E pada daging buah terong belanda, dapat membantu kulit Anda yang sehat dan bercahaya. Selain itu, kehadiran fenol, antosianin dan flavonoid, bisa mencegah stres oksidatif dan polusi dalam tubuh, hal ini juga bermanfaat untuk mengatasi anti-penuaan pada kulit.

Mampu Kendalikan Diabetes. Jika Anda mengidap diabetes tipe 2, asam klorogenik pada terong belanda mampu membantu mengurangi kadar gula darah yang berlebih. Sedangkan kandungan zat antioksidan pada manfaat terong belanda, bisa mengurangi stres oksidatif pada organ hati dan pankreas.

Sehatkan Jantung. Kehadiran potassium dalam kandungan terong belanda, dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium tinggi pada jantung. Lalu, kandungan magnesiumnya, membantu menjaga kesehatan kardiovaskular tubuh. Sedangkan, serat dalam buah terong belanda juga mampu menyeimbangkan dan menyerap kolesterol jahat dalam tubuh.

Baik untuk Kesehatan Mata.
Terong belanda nyatanya juga baik untuk kesehatan mata. Ya, vitamin A dalam kandungan buah terong belanda mampu menjaga dan menghindari mata dari kerusakan mata. Caranya, Anda cukup rutin mengonsumsi 1 buah atau 50 gram terong belanda yang dihaluskan tiap hari tanpa gula, guna menjaga kesehatan penglihatan

Cegah Kanker. Kandungan vitamin E, flavonoid dan antosianin dalam daging buah terong belanda dapat membantu menangkal radikal bebas polusi yang menyebabkan kanker. Hal ini juga dapat mencegah pembentukan kanker dalan jaringan sel tubuh dengan sifat anti-inflamasi dan dan anti-mikroba pada terong belanda.

.
 
Back
Top